kabinetrakyat.com – Al Jazeera melaporkan bahwa kedua pemimpin negara bertemu di kota Vladivostok di Rusia dalam forum ekonomi Eastern Economic Forum yang diprakarasi pemerintahan Putin.

“Hubungan kami berkembang secara positif,” ungkap kantor berita Rusia RIA yang mengutip pernyataan Putin di sela-sela pertemuannya dengan Aung Hlaing pada hari Rabu (7/9) waktu setempat.

Aung Hlaing sebelumnya sudah dua kali mengunjungi Rusia, namun kunjungan ini merupakan kali pertama ia berkesempatan bertemu langsung dengan Putin.

Sementara itu, surat kabar milik pemerintah, Global New Light of Myanmar , juga memberitakan pertemuan antara Aung Hlaing dan penasihat Putin Anton Kobyakov pada hari Selasa. Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Alexander Fomin, dan beberapa pejabat militer Myanmar turut hadir dalam pertemuan itu.

Peserta pertemuan disebut membahas rencana untuk meneruskan hubungan baik antar Myanmar dan Rusia serta angkatan bersenjata kedua negara.

Para delegasi juga membahas potensi kerja sama di sektor lainnya, termasuk penerbangan langsung menuju kedua negara tersebut guna mendorong parwisata dan perdagangan.