Jakarta: Kompetisi sepak bola dunia pada 2022 hingga 2023 dipastikan bakal menarik. Selain bergulirnya liga-liga top Eropa, perhelatan sepak bola tahun ini semakin semarak dengan digelarnya Piala Dunia 2022 di Qatar, 20 November – 18 Desember 2022.
 
Bagi para pencinta sepak bola, menerka atau memprediksi siapa yang akan jadi juara dalam sebuah kompetisi adalah hal yang lumrah. Bahkan, tak jarang tebak-tebakan juara ini dijadikan bahan taruhan.
 
Negara manakah yang jadi juara Piala Dunia 2022? Klub mana yang jadi juara Liga Champions, Liga Europa, Liga Primer, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Jerman hingga Liga Prancis? Hal inilah yang biasanya jadi pertanyaan setiap kali bergulirnya musim kompetisi.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tentunya, setiap orang memiliki jawaban dan juga argumennya masing-masing. Dan di dalam artikel kali ini, kita akan membahas prediksi juara-juara di atas, dan argumen-argumen pendukungnya.
 
Pada artikel bagian 1 ini, kita akan membahas negara atau tim yang berpotensi menjadi juara di kompetisi Piala Dunia 2022, Liga Champions dan Liga Europa 2022 — 2023:

Prediksi Juara Piala Dunia 2022: Argentina

Kita mulai dari Piala Dunia 2022 di Qatar. Sejauh ini, Brasil dan Prancis menjadi negara yang digadang-gadang sebagai kandidat terkuat juara Piala Dunia 2022. Prancis adalah juara bertahan Piala Dunia 2018 yang memiliki materi pemain yang tidak jauh berbeda dari 2018.
 
Sementara Brasil juga memiliki materi-materi pemain yang tak kalah hebat. Selain Neymar, beberapa pemain yang menghuni skuat timnas Brasil juga sudah menunjukkan performa yang brilian bersama klubnya masing-masing. Satu fakta yang tidak bisa dikesampingkan adalah; Brasil merupakan negara yang paling sering jadi juara Piala Dunia, yakni 5 trofi.
 
Di luar dua negara di atas, Argentina juga memiliki peluang cukup besar untuk bersinar di Piala Dunia 2022. Apalagi, La Albiceleste datang ke Piala Dunia dengan catatan statistik yang sensasional, yakni belum terkalahkan dalam 33 pertandingan terakhirnya.
 
Jimat sekaligus pemain terbaik Argentina, Lionel Messi jadi inspirator di balik terciptanya rekor ciamik di atas. Dan jika cara mereka bermain ketika mengalahkan Italia 3-0 (laga uji coba) yang kemudian disebut ‘Finalissima’ bisa terus dipertahankan saat Piala Dunia, La Albiceleste memiliki peluang terbaik untuk mengangkat trofi sejak zaman Diego Maradona.

Prediksi Juara Liga Champions: Manchester City

Seperti kebanyakan kompetisi sepak bola, Liga Champions adalah salah satu yang sangat sulit untuk diprediksi. Real Madrid sebagai juara bertahan, tentu tak bisa dikesampingkan sebagai kandidat juara.
 
Lalu, Liverpool yang mencapai tiga final yang luar biasa dalam lima tahun terakhir juga pantas dijagokan juara Liga Champions musim ini. Pun demikian dengan Bayern Munich, Barcelona dan Paris Saint Germain dengan deretan pemain bintangnya.
 
Namun di atas semua itu, Manchester City bepotensi besar membuat kejutan dan keluar sebagai juara Liga Champions musim ini.
 
Perekrutan Erling Haaland bisa menjadi faktor besar dalam membantu mereka melewati rangkaian kekecewaan di Liga Champions dalam beberapa musim terakhir. Selain Haaland, faktor Pep Guardiola di sisi lapangan juga bisa jadi penentu.
 
Soal pengalaman, pelatih asal Spanyol ini juga sudah sangat mengenal kompetisi Liga Champions di mana ia pernah dua kali mengangkat trofi “Si Kuping Besar” bersama Barcelona.

Prediksi Juara Liga Europa: AS Roma

Juara Liga Europa musim ini adalah sebuah teka-teki besar. Terutama setelah kesuksesan Eintracht Frankfurt jadi juara musim lalu. Untuk musim ini, prediksi yang paling mudah adalah menempatkan Arsenal dan Manchester United sebagai kandidat kuat juara Liga Europa, selain tim-tim besar yang mungkin tersingkir dari Liga Champions.
 
Satu klub lain yang mungkin bisa dijadikan “jagoan” untuk juara Liga Europa musim ini adalah AS Roma. Hal ini tidak lepas pergerakan lincah tim Serigala Ibukota di bursa transfer musim panas ini. Selain Paulo Dybala, Roma juga merekrut sejumlah pemain berpengalaman seperti Gerginio Wijnaldum, Nemanja Matic dan yang terbaru Andrea Belotti.
 
Dengan materi pemain di atas, plus kehadiran pelatih top sekelas Jose Mourinho di sisi lapangan, tidak berlebihan rasanya apabila pendukung Roma berharap banyak pada timnya musim ini. Terlebih, pada musim lalu mereka juga sukses merebut trofi Confrence League, meski tidak dijagokan juara.
 

(ASM)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.