KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Intel kemungkinan akan mengadopsi salah satu fitur terbaik dari prosesor Mac dan iPhone di CPU mereka yang akan datang. Saluran YouTube Moore’s Law is Dead (MLID) mengunggah video yang berfokus pada Vision Processing Unit (VPU) di prosesor Intel yang akan datang, yang dapat menangani tugas Machine Learning seperti meningkatkan video, memulihkan foto yang terlalu terbuka, dan meningkatkan text-to-speech.

Bagi sebagian orang, kalimat VPU mungkin terdengar baru. Ini adalah teknologi yang berasal dari perusahaan bernama Movidius, yang diakuisisi Intel pada 2016. VPU mirip dengan Neural Engine yang digunakan Apple pada chip desktop dan tablet M1, serta yang ditampilkan dalam chip iPhone dari iPhone 8 hingga iPhone 13 yang baru dirilis.

Ini pada dasarnya adalah A.I. akselerator, tidak berbeda dengan core Tensor yang muncul pada kartu grafis Nvidia RTX. Desas-desus menyiratkan bahwa Intel berencana mengintegrasikan VPU ke dalam prosesor Meteor Lake-nya, yang dikabarkan akan diluncurkan pada 2023. Intel telah mengkonfirmasi bahwa Meteor Lake akan menampilkan desain modular, yang sedang dikembangkan oleh perusahaan.

Menggunakan teknologi pengemasan Foveros, Intel berencana untuk menggabungkan beberapa proses manufaktur ke dalam satu chip. Pada dasarnya, mereka akan sangat mirip dengan Apple M1. Dalam render yang ditunjukkan oleh Intel, prosesor itu akan menggunakan sistem-on-a-chip (SoC) yang mencakup I/O, dan GPU. VPU kemungkinan akan menjadi pijakan saat Intel beralih ke proses manufaktur yang lebih kecil dengan Meteor Lake.

Bukan masalah untuk mengatakan bahwa aplikasi VPU hampir tidak ada habisnya. Saat ini, Apple memanfaatkan Neural Engine-nya dalam aplikasi seperti Translate untuk terjemahan teks-ke-suara secara real-time dan untuk memulihkan detail dalam foto HDR. Aplikasi pihak ketiga seperti Seek juga menggunakannya, membantu mengidentifikasi tumbuhan dan hewan dari foto dalam hitungan detik.

Untuk chip Intel, salah satu sumber MLID memberikan contoh di mana pengguna dapat menyorot teks dan sistem akan membacakannya. A.I. akselerator juga memiliki aplikasi dalam game, seperti yang telah dibuktikan oleh Deep Learning Super Sampling (DLSS) Nvidia. Intel juga menggunakan sesuatu yang serupa untuk kartu grafis Arc Alchemist yang akan datang.

Meskipun gebrakan pemasaran seputar A.I. dan pembelajaran mesin, akselerator khusus memiliki lusinan aplikasi di pusat data dan di perangkat konsumen. Sekarang, perusahaan teknologi besar mengandalkan solusi dari semua masalah sulit ke teknologi Machine Learning, dan A.I. upscaling pada Nvidia Shield adalah buktinya.

Meteor Lake masih jauh, dan penting untuk menegaskan kembali bahwa VPU hanyalah rumor saat ini. Intel masih harus mengambil langkah pertama untuk membuktikan bahwa ia dapat merancang chip dengan arsitektur hybrid, yang akan dilakukan dengan chip Alder Lake yang akan datang. Untuk Meteor Lake, sampai saat ini yang bisa dilakukan hanyalah menunggu dan melihat. A.I. akselerator terbukti kinerjanya.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.