kabinetrakyat.com – Perangkat tersebut diberikan Obama, Presiden Amerika Serikat ke-44, saat kunjungannya untuk KTT G20 di Inggris pada 2009.

Dilansir dari The Guardian pada Jumat (9/9/2022), ini bukan sembarang pemutar MP3 lama. Hadiah dari presiden AS dan istrinya, Michelle, berisi cuplikan kunjungannya pada 2007 ke Amerika Serikat.

Tak hanya itu, iPod tersebut juga berisi banyak lagu Broadway. Meski tidak diketahui secara pasti jenis iPod tersebut, namun kemungkinan besar itu adalah iPod classic.

iPod classic pertama kali memasuki pasar pada 2007. Variasi penyimpanan 120GB dan 160GB diperkenalkan pertama kali pada 2008 dan 2009.

Namun, itu rupanya bukan iPod pertama milik Ratu Elizabeth II. Dalam laporan lain oleh outlet berita Australia Fairfax Digital, Ratu Elizabeth II telah membeli iPod berwarna silver dengan penyimpanan 6GB seharga 169 pound sterling atau sekitar Rp 2,9 juta.

Pemutar musik digital seukuran saku tersebut dapat menyimpan hingga 10.000 lagu yang diunduh.

Disebutkan bahwa Pangeran Andrew yang mengajarkan Sang Ratu untuk memindahkan lagu, setelah membelikan ibunya sebuah ponsel dan mengajarinya cara menggunakan ponsel pada 2001.

Menurut Vogue, Ratu Elizabeth II adalah penggemar berat musikal, himne tradisional, dan lagu balad Skotlandia. Sang Ratu juga menyukai lagu-lagu Beach Boys, terutama California Girls.

Ratu Elizabeth II pun menyukai Elton John dan semua jenis musik militer. Selain itu, Sang Ratu mampu memainkan piano sendiri dan bernyanyi dengan suara indah.

Kematian Ratu Elizabeth II yang diumumkan pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat membuat banyak pihak di seluruh dunia berkabung.

Dilaporkan bahwa Ratu Elizabeth akan dimakamkan di King George VI Memorial Chapel setelah kebaktian yang diadakan di St. George’s Chapel di Kastil Windsor.