Suara.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kegiatan keliling kota atau city tour di sejumlah titik ibu kota bersama para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Urban 20 (U20). Di akhir acara ini, Anies mengajak para pimpinan kepala daerah negara lain untuk makan malam bersama di kapal phinisi.

Selain makan malam, Anies mengajak para delegasi untuk melihat matahari terbenam atau sunset.

“Dari sini, kami akan menuju ke kawasan pantai Jakarta. Kemudian kami akan melihat sun et. Kami akan naik kapal phinisi, dari kapal phinisi akan melihat sunset di sore hari,” ujar Anies di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Senin (29/8/2022).

Nantinya, Anies bersama para Wali Kota dan delegasi U20 akan menaiki bus listrik menuju kapal phinisi.

Baca Juga:
Ajak Kepala Daerah Negara Lain Naik MRT di Jakarta, Anies Pamer Kawasan TOD di Dukuh Atas

“Iya, ke sana naik bus, bus listrik,” tutur Anies.

Kegiatan city tour ini dimulai dari Hotel Fairmont, Jakarta Pusat lalu ke halte CSW, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Anies dan para delegasi selanjutnya menaiki kereta Mass Rapid Transit (MRT) sampai ke kawasan integrasi transportasi, Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Sepanjang perjalanan, Anies menyampaikan penjelasan soal perkembangan transportasi umum di ibu kota. Begitu juga di Dukuh Atas, Anies menyebut kawasan ini merupakan Transit Oriented Development (TOD) yang dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi para pelanggan angkutan massal.

Anies juga menunjukan perbandingan antara kawasan Dukuh Atas lama dan baru setelah direvitalisasi menjadi TOD. Dari foto lama yang dipamerkan, terlihat lokasi ini begitu padat dengan para pengendara motor.

Setelah direvitalisasi seperti sekarang ini, Dukuh Atas dipenuhi pejalan kaki yang melintas untuk menaiki kendaraan umum seperti KRL, MRT, dan bus Transjakarta.

Baca Juga:
Belum Terima Masukan DPRD, Mendagri Tunggu September untuk Bahas Pj Gubernur Pengganti Anies

Mereka juga diajak berkeliling dan melintasi terowongan Kendal yang letaknya bersebelahan dengan stasiun Dukuh Atas.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.