Sebagai penyedia solusi perangkat lunak perusahaan, Epicor terus mendorong upaya percepatan transformasi digital Indonesia dengan mengajak pelaku industri untuk mengimplementasi sistem enterprise resource planning (ERP) di berbagai sektor usaha dari skala menengah hingga korporasi.

Hal ini sejalan dengan perkembangan era revolusi industri 4.0 yang menuntut kita agar kian adaptif dan eksploratif terhadap berbagai perubahan yang begitu pesat serta cepat dalam pengambilan keputusan strategis. Apalagi kondisi pandemi selama dua tahun terakhir semakin mengakselerasi penerapan transformasi digital di berbagai industri supaya tetap bertahan dan tumbuh.

Di saat industri berjuang menghadapi beragam tantangan termasuk efisiensi operasional, gangguan rantai pasokan, kompleksitas tenaga kerja, dan perubahan ekspektasi pelanggan, maka kebutuhan terhadap solusi produktivitas yang fleksibel dan insights-driven dinilai semakin diperlukan.

Dengan memanfaatkan solusi ERP baik berbasis cloud-first maupun on premise, perusahaan dapat mengintegrasi dan mengotomasi proses-proses bisnis yang ada di dalam operasional usaha. Memiliki pengalaman selama 50 tahun, Epicor telah menciptakan berbagai solusi dan layanan perangkat lunak terkustomisasi yang spesifik bagi ragam industri khususnya segmen middle-market manufacturing.

Solusi ERP Epicor Dukung Industri Berakselerasi Dalam Transformasi Digital
Caption : Vincent Tang, Regional Vice President, Asia, EPICOR

“Epicor ingin menjadi strategic business partner yang memberikan customized solution sesuai dengan kebutuhan spesifik pelanggan, terutama selama fase implementasi, go-live hingga maintenance support dari berbagai solusi yang kami tawarkan. Puluhan ribu perusahaan di dunia telah mengandalkan solusi Epicor dalam menjalankan bisnisnya dan melayani pelanggan mereka,” ujar Vincent Tang, Regional Vice President, Asia, Epicor.

 Ilustrasi integrasi Epicor Kinetic ERP
Caption : Ilustrasi integrasi Epicor Kinetic ERP dengan Advanced MES (manufacturing execution systems) untuk menghasilkan data analytics yang dapat mendukung pengambilan keputusan secara tepat.

Selain beragam modul ERP, Epicor juga menawarkan rangkaian total solution untuk meningkatkan proses bisnis melalui fungsionalitas teknologi seperti manufacturing execution system (MES), big data, business intelligence hingga IoT. Epicor terus memastikan produk dan solusinya memberikan fitur, keandalan, skalabilitas dan keamanan yang dibutuhkan pelanggan untuk berkembang dalam keadaan apa pun.

“Di Epicor kami benar-benar memahami industri manufaktur yang kami layani. Didukung oleh wawasan mendalam dan dibentuk oleh inovasi, solusi produktivitas industri kami dikurasi dengan cermat untuk menunjang pertumbuhan bisnis pelanggan,” tambah Vincent Tang.

Sejumlah sektor manufaktur dengan keahlian mendalam bagi Epicor di antaranya logam, mesin industri, plastik & karet, suku cadang otomotif, bahan konstruksi, kertas kemasan, elektronik, makanan olahan hingga consumer goods.

Untuk diketahui, Epicor tidak menawarkan solusi ERP one-size-fits all, melainkan end-to-end solution platform yang disesuaikan dan dapat dikonfigurasi sebagai pendukung proses sinergi semua fungsi yang ada dalam perusahaan sehingga menjadi lebih efisien dan terintegrasi. “Kami percaya bahwa tidak ada ERP terbaik di dunia ini, tetapi yang ada ERP paling cocok atau sesuai. Semua tergantung pada kebutuhan pelanggan,” Vincent menegaskan.

Pada kesempatan yang sama, Adhi Firmansyah, Country Manager Indonesia Epicor mengatakan pihaknya tidak hanya sebatas menjual produk melainkan juga berkolaborasi dengan teliti sepanjang perjalanan transformasi perusahaan serta memastikan tim pendukung yang berdedikasi untuk membantu mewujudkan nilai bisnis yang bermakna. “Dengan pemahaman yang mendalam tentang masing-masing industri, solusi Epicor mampu meningkatkan kinerja dan profitabilitas sekaligus mengatasi kompleksitas yang ada sehingga pelanggan dapat fokus pada aspek pertumbuhan,” ungkap Adhi.

Business Solutions Group - SEA
Caption: Dari kiri ke kanan : Adhi Firmasyah (Country Manager Indonesia), Vincent Tang (Regional Vice President, Asia), Jalal Setiawan (Business Solutions Group – SEA)

Sementara menurut Jalal Setiawan, Business Solution Group (SEA) Epicor menjelaskan bahwa karakteristik mid-market manufacturing biasanya memiliki IT resources dan talent terbatas namun dengan potensi tumbuh lebih pesat. “Oleh karena itu, untuk dapat menunjang growth dan kebutuhan ekspansi dibutuhkan sistem yang fleksibel serta siap untuk menangkap peluang pertumbuhan baru dengan cara mengintegrasikan sistem-sistem lain dan mampu menjawab tantangan bisnis mereka,” kata Jalal.

Hingga saat ini Epicor telah digunakan oleh 30 ribu pelanggan secara global di 150 negara. Dengan value proposition yang dapat memenuhi kebutuhan unik tiap perusahaan, Epicor dengan bangga mencapai hasil 95% customer satisfaction rate.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Epicor, silakan kunjungi situs web Epicor.


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.