KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Spotify ingin menjadi platform pertama dan terakhir serta tujuan satu-satunya untuk berbagai hal terkait konten audio kepada pengguna. Berdasarkan jumlah pengguna yang menggunakan Spotify di Android, sepertinya hal itu bakal segera terwujud. Kemarin, aplikasi Spotify telah menembus angka 1 milyar unduhan di Play Store.

Karena Google Play Music sudah ditutup, maka Spotify menjadi aplikasi audio paling banyak diunduh di platform itu. Dengan jumlah ini, Spotify secara cepat mengalami pertumbuhan jumlah unduhan dari 500 juta menjadi 1 milyar dalam kurun waktu dua tahun. Diketahui pertumbuhan pengguna Spotify paling banyak berasal dari Amerika Serikat dan India.

Ambisi Spotify sepertinya tidak terbatas. Selain memperluas basis pengguna baik itu pengguna berbayar dan gratisan, Spotify secara agresif ingin menjadi satu-satunya platform podcast bersaing dengan Youtube, atau secara langsung bersaing dengan Amazon Audiobooks, dan bahkan menghadirkan sebuah produk perangkat keras sendiri.

Namun semuanya tidak semenawan apa yang tampak. Upaya Spotify untuk membuat sebuah lingkungan podcast eksklusif dan terkunci di platform mereka, di sisi lain diiringi dengan harga berlangganan yang terus naik, serta pembayaran royalti yang rendah kepada para artis dan musisi, menjadi kabar buruk tersendiri.

Meski demikian, Spotify tampakan tetap tidak tersentuh dalam pasar musik streaming untuk saat ini, setidaknya untuk platform Android. Di sisi lain ada Pandora yang menawarkan fitur yang lebih sedikit dan memiliki lebih sedikit pengguna, sementara Youtube Music gagal untuk mendapatkan pengguna dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh Google Play Music.

Para kompetitor ini bahkan memiliki jumlah unduhan yang kurang dari setengah dari apa yang berhasil diraih oleh Spotify. Pesaing paling besar bagi Spotify justru dalam pasar yang sedikit berbeda, yakni Youtube dengan aplikasi video standarnya, dan juga Tik Tok platform yang lebih ke media sosial, berbagi vlog dan tarian unik.

Keberhasilan Spotify ini tidak dipungkiri didapat berkat strategi perusahaan yang terus secara konsisten menghadirkan fitur-fitur baru dan integrasi yang lebih luas ke aplikasi dan perangkat yang banyak digunakan pengguna.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.