kabinetrakyat.com – Untuk menjadi miliarder tentunya dibutuhkan ketekunan dan kerja keras yang konsisten. Namun, jika Anda merasa sudah bekerja keras bagai kuda, tapi tetap sulit kaya, bisa jadi karena Anda masih melakukan kesalahan finansial mendasar.

Faktanya, ada banyak penyebab seseorang sulit kaya meski sudah kerja keras dengan maksimal. Berikut 5 hal yang menjadi penghambatnya:

Biasanya orang-orang yang mempunyai penghasilan besar cenderung menghabiskan uang lebih banyak. Salah satunya karena alasan biaya gaya hidup yang ikut naik seiring dengan kenaikan penghasilan. Efek buruknya, penghasilan yang diterima akan selalu habis untuk kegiatan belanja dan hiburan. Terlebih lagi, apabila sudah tidak terkontrol, Anda bisa terjerumus pada masalah finansial yang serius: lebih besar pengeluaran daripada penghasilan.

Para orang kaya dunia melakukan segala sesuatu dengan penuh pertimbangan. Selain itu, mereka juga selalu memanfaatkan peluang yang ada.

Penyebab seseorang tidak kaya walau sudah bekerja keras adalah karena mereka tidak mampu memanfaatkan peluang yang ada. Mereka hanya menunggu peluang itu datang sendiri menghampirinya. Padahal itu tak mungkin terjadi.

Banyak orang yang begitu menerima uang langsung dihabiskan untuk belanja, kalau masih ada sisa baru ditabung. Jika Anda punya kebiasaan tersebut, segera tinggalkan. Sisihkan dulu untuk ditabung baru sisanya dibelanjakan. Setidaknya sisihkan 30 persen dari penghasilan Anda untuk ditabung.

Kesalahan umum yang sering dilakukan orang berpenghasilan besar adalah tidak berani untuk berinvestasi. Investasi memang memiliki risiko, namun jika dicermati dan dipelajari dengan benar, maka dapat memberikan keuntungan berlipat ganda.

Mulailah untuk berinvestasi daripada menggunakan uang untuk hal-hal bersifat hiburan semata. Anda dapat melakukan riset mendalam sebelumnya, atau meminta bantuan pada kerabat yang sudah berpengalaman dalam investasi. Dengan pilihan dan pemikiran yang tepat, Anda akan mempunyai modal yang menguntungkan di masa depan.

Sifat pesimistis merupakan penghambat bagi seseorang untuk mencapai kekayaan. Jangan heran jika Anda tidak kunjung kaya, jika Anda tidak yakin pada diri untuk mencapai kesuksesan finansial.

Rasa pesimistis akan menghambat Anda untuk berusaha lebih keras dan bangkit dari kegagalan yang dialami. Selain itu, Anda tidak memiliki inisiatif untuk mencoba hal baru yang dapat membuka peluang lebih baik.