kabinetrakyat.com – Hasil survei yang diselenggarakan Poltracking pada 1-7 Agustus 2022 menunjukkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi sosok dengan elektabilitas tertinggi bila pemilihan presiden digelar saat survei berlangsung.

Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yudha menyebutkan, dalam simulasi 10 nama, Ganjar memperoleh elektabilitas 26,6 persen, atau unggul dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang masuk tiga besar.

“Dari 10 nama teratas, ada tiga kandidat terkuat dengan elektabilitas dua digit, Ganjar Pranowo (26,6 persen), Prabowo Subianto (19,7 persen), dan Anies Baswedan (17,7 persen),” kata Hanta dalam keterangannya, Rabu (31/8/2022).

Berdasarkan hasil survei Poltracking, tiga nama di atas memang unggul jauh dibandingkan nama-nama lainnya.

Dalam simulasi 10 nama, posisi keempat diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimuti Yudhoyono dengan elektabilitas sebesar 4,7 persen, disusul oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 3,9 persen.

Sementara itu, lima nama lainnya memiliki elektabilitas di bawah 3 persen, yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Adapun dalam survei ini masih terdapat 16,1 persen undecided voters, yakni responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab (8,9 persen), dan tidak mau menjawab atau merahasiakan (7,2 persen).

Survei ini dilaksanakan dengan wawancara tatap muka terhadap 1.220 orang responden yang dipilih melalui metode multistage random sampling.

Survei ini memiliki margin of error +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.