KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – >

KOMPAS.com – Pernikahan sahabat merupakan salah satu acara yang tidak akan dilupakan, baik oleh Anda maupun sahabat. Maka dari itu, tak ada salahnya Anda berdandan dan tampil cantik agar dapat dikenang dalam bentuk foto atau video.

Nah, agar selalu tampak stunning dalam acara pernikahan bestie, Anda harus memilih pakaian yang tepat untuk dikenakan. Umumnya, generasi muda sekarang memilih menggunakan gaun modern sebagai pakaian pesta.

Supaya terlihat berbeda dan unik, Anda bisa mengenakan pakaian tradisional . Dengan berkebaya, misalnya.

Anda pun bisa mengenakan kebaya dengan kain batik sebagai bawahan agar tampil lebih feminin di pesta resepsi pernikahan sahabat.

Sebagai informasi, kebaya merupakan salah satu busana tradisional yang lekat dengan penampilan perempuan Indonesia. Dilansir Kompas.com, Senin (19/4/2022), pakaian ini awalnya merupakan pakaian yang dikenakan oleh para permaisuri dan selir raja pada masa Kerajaan Majapahit .

Kemudian, kebaya berkembang menjadi bagian dari busana keseharian perempuan Indonesia. Bahkan, salah satu tokoh pahlawan wanita Indonesia, Raden Ajeng (RA) Kartini, identik dengan kebaya. Seiring perkembangan zaman, desain kebaya juga berkembang di daerah-daerah lain di Indonesia.

Namun, sebelum memutuskan mengenakan kebaya atau pakaian tradisional lain, simak tiga tips berikut agar tidak salah kostum saat menghadiri resepsi pernikahan sahabat.

1. Sesuaikan dengan waktu dan tempat acara

Langkah pertama yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih baju tradisional adalah menyesuaikan dengan waktu dan tempat acara pernikahan.

Bila Anda akan menghadiri acara pernikahan dengan konsep pesta kebun, misalnya, pilihlah pakaian berwarna yang cerah dengan bahan yang menyerap keringat.

Untuk itu, kebaya ‘kutubaru’ yang terbuat dari bahan kain jumputan bisa jadi pilihan. Kebaya jenis ini menciptakan siluet tubuh yang lebih ramping dan terlihat lebih elegan bagi penggunanya. Bahan kain jenis ini juga umumnya yang halus dan adem sehingga membuat Anda bebas bergerak selama acara.

Namun, jika menghadiri acara resepsi pernikahan malam hari di ballroom sebuah hotel, Anda dapat mengenakan pakaian yang memberi kesan mewah. Sebagai contoh, mengenakan kebaya brokat atau beludru. Padukan juga dengan kain batik berwarna gelap dan selendang sutra untuk penampilan lebih maksimal.

2. Pilih pakaian yang tepat

Seperti diketahui, Indonesia memiliki beragam pakaian tradisional dari berbagai daerah di Tanah Air. Namun, tidak semua cocok dikenakan untuk menghadiri acara resmi.

Maka dari itu, Anda harus cerdas memilih pakaian yang tepat untuk menghadiri acara resepsi pernikahan. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan baju dengan tema acara yang diusung pengantin.

Misalnya, Anda bisa mengenakan baju kurung yang dipadukan dengan kain songket bila sahabat memilih tema adat Minang pada acara resepsi pernikahannya.

Begitu pula ketika pengantin mengusung adat Betawi, Anda bisa mengenakan kebaya ‘encim’ yang dipadukan dengan kain batik dan kerudung ala None Jakarta.

Namun, ketika sahabat Anda tidak mengusung adat tradisional pada acara pernikahannya, Anda tak perlu bingung. Anda bisa menggunakan pakaian atau kebaya berdesain modern dengan unsur wastra. Contohnya, gaun batik motif pesisir atau kebaya organdi dengan warna pastel.

3. Tambahkan fashion item pendukung

Terakhir, Anda dapat menambahkan beberapa fashion item pendukung untuk mendapatkan penampilan yang maksimal. Sebagai contoh, Anda dapat memilih kipas atau bros cantik untuk melengkapi penampilan berkebaya.

Anda juga bisa mengenakan clutch sebagai tas pesta dan sandal dengan warna bold untuk menghadiri acara resepsi pernikahan malam hari.

Selain itu, menggunakan perhiasan sebagai fashion item pendukung pun dapat dilakukan. Perhiasan berlian berupa , gelang berlian unik , kalung berlian cantik, atau cincin berlian wanita bisa dijadikan opsinya.

Sebagai inspirasi, Anda dapat mengenakan koleksi Nusantara dari The Palace Jeweler untuk menghadiri acara resepsi pernikahan bestie.

hasil kolaborasi The Palace dan Samuel Wattimena tersebut memiliki desain yang terinspirasi dari keberagaman budaya Indonesia dari Sabang hingga Merauke.
Rangkaian koleksi Nusantara itu terdiri dalam tiga seri, yaitu Nusa, Anta, dan Tara. Seri Nusa merepresentasikan perhiasan dari daerah barat Indonesia yang terinspirasi dari Pending.

Pending merupakan perhiasan yang identik sebagai bagian kepala dari ikat pinggang tradisional. Perhiasan ini berbentuk oval hasil pembauran budaya antara pedagang Tionghoa dan masyarakat di Sumatera. Samuel pun menyulap siluet Pending menjadi kalung dan anting-anting unik dan mewah.

Kemudian, seri Anta yang mewakili perhiasan Indonesia bagian tengah. Pada seri ini, Samuel meminjam siluet tiga perhiasan antik khas Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu Mamuli, Taka, dan Marangga, menjadi motif dan desain perhiasan berbeda tanpa menghilangkan esensinya.

Terakhir, pada seri Tara yang mewakili Indonesia bagian timur, Samuel terinspirasi dari Mas Bulan Base, Belak, dan Pepek Sortil, yang berasal dari daerah Maluku Tenggara dan Timor. Memiliki arti perempuan dengan kebebasan jiwa dan menyatakan keberhasilan prestasi, Samuel menciptakan perhiasan dengan motif matahari yang cantik.

Tak hanya mereplika perhiasan yang sudah ada, Samuel juga merekonstruksi siluet perhiasan tersebut menjadi perhiasan modern dengan desain serta motif baru.

Perhiasan koleksi Nusantara juga dilengkapi dengan tambahan emas, berlian, dan mutiara, untuk menghasilkan perhiasan yang masterpiece sekaligus ready to wear yang cocok digunakan untuk menghadiri acara-acara besar, termasuk resepsi pernikahan.

Itulah tiga tips memilih dan mengenakan pakaian tradisional untuk menghadiri acara resepsi pernikahan sahabat. Dengan mengikuti tips tersebut, Anda dapat tampil lebih elegan dan menjadi pusat perhatian dalam acara.

Anda pun tak perlu khawatir dalam memilih perhiasan koleksi The Palace Jeweler sebagai fashion item yang sesuai dengan kepribadian untuk menunjang penampilan. Pasalnya, sebagai #NationalJeweler, The Palace Jeweler memiliki koleksi perhiasan terlengkap dalam setiap gerai. Anda dapat memilih berbagai perhiasan mulai dari perhiasan emas, zircon, hingga perhiasan berlian.

Hal tersebut sesuai dengan tagline 3T yang diusung The Palace Jeweler, yaitu #Therlengkap, #Therjangkau, dan #Therjamin.

The Palace Jeweler juga memiliki koleksi , seperti koleksi Moela. Rangkaian perhiasan berlian ini dibanderol mulai dari harga Rp 888.000.

Meski memiliki koleksi yang beragam dan harga terjangkau, seluruh koleksi #ThePalaceJeweler memiliki kualitas terjamin, baik untuk kualitas berlian, maupun kadar emas pada tiap perhiasannya.

Selain itu, masih banyak atau perhiasan berlian wanita lain dari The Palace Jeweler yang dapat dipilih, baik untuk dikenakan sendiri maupun dijadikan .

Untuk informasi lebih lanjut mengenai koleksi Nusantara dan exclusive diamond jewellery lain dari The Palace Jeweler, silakan kunjungi website resminya atau ikuti akun Instagram dan akun TikTok .