kabinetrakyat.comAplikasi tersebut bernama “TeDi” yang memiliki arti Teman Disabilitas. TeDi sendiri merupakan sebuah startup sosial yang memiliki tujuan dalam memudahkan aktivitas para penyandang disabilitas .

Aplikasi berbasis machine learning yang dibentuk pada Maret 2022 lalu oleh para mahasiswa lulusan Bangikit Academy.

Mahasiswa tersebut adalah Najma dan Julio Fachrel dari Universitas Padjadjaran, Hazlan Muhammad Qadri dari UPN Veteran Yogyakarta, Pratama Azmi Atmajaya dari Universitas Telkom, Sang Bintang Putera Alam dari Politeknik Negeri Jember, serta Gilang Martadinata dari President University.

Dalam pembuatannya, para mahasiswa tersebut juga mendapatkan arahan serta bimbingan dari para dosen di Universitas Padjadjaran yaitu Dr. Anindya Apriliyanti Pravitasari, S.Si., M.Si yang merupakan ketua inkubasi, Rivani S.IP., MM., DBA dan Dr. Yusep Suparman M.Sc sebagai anggota inkubasi.

Serta terdapat 3 volunteers yang secara sukarela membantu proses perkembangan aplikasi TeDi ini yaitu Eko Prasetyo, Syarifah Lail Baity, dan Adri Sabik Maulana.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari unpad.ac.id, terdapat 4 fitur yang nantinya akan disediakan oleh aplikasi TeDi. Fitur tersebut adalah:

Untuk saat ini fitur tersebut bisa digunakan untuk tiga penyandang disabilitas seperti tunanetra, tunarungu, dan tunawicara.

Saat ditanya alasan apa yang mendasari pembuatan aplikasi ini, Najma menjawab bahwa kebanyakan aplikasi yang ada hanya menyediakan fitur bagi salah satu penyandang disabilitas saja, sedangkan penyandang disabilitas sendiri memiliki lebih dari satu disabilitas.

Oleh karena itu muncullah sebuah ide untuk membuat aplikasi dengan berbagai fitur yang tersedia hanya dengan satu aplikasi saja bagi penyandang disabilitas .

TeDi tentunya masih akan terus dikembangkan supaya memiliki kinerja yang optimal. Kedepannya akan muncul beberapa fitur baru seperti deteksi huruf braille, pertolongan keluarga, belajar Bahasa isyarat, dan masih banyak lainnya.

Anda dapat mengikuti perkembangan dari aplikasi karya anak bangsa ini di sosial media TeDi. Ikuti TeDi di akun Instagram @tedi.temandisabilitas serta Linkedin TeDi (Teman Disabilitas). (Raida Shafa)***