kabinetrakyat.com – TNI Angkatan Laut menyatakan Pesawat Bonanza T-2503 yang jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) pada Rabu, 7 September 2022 layak untuk terbang.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono menyatakan pesawat latih buatan AS tersebut baru saja melakukan pemeliharaan.

“Pesawat ini masuk jajaran AL tahun 2013, relatif masih sangat layak karena baru saja melaksanakan pemeliharaan pada 22 Agustus 2022,” kata Julius kepada wartawan di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta Timur.

Julius menyatakan hingga saat ini pihaknya masih fokus dalam upaya pencarian dan belum bisa mengetahui apa penyebab pesawat tersebut jatuh.

“Saat ini masih proses untuk melaksanakan penyelaman,” tuturnya.

Pesawat itu lepas landas dari Bandara Juanda, Sidoarjo sekira pukul 08.45 WIB. Lalu 10 menit setelahnya pesawat hilang kontak.

Pesawat itu berisi dua awak yakni Pilot Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan Co Pilot Letnan 2 Laut Dendi Kresna Bhakti.Adapun pesawat itu terbang dalam rangka latihan ADEX Siaga Armada II dengan unsur KRI-KRI dijajaran Koarmada IL 4.***