kabinetrakyat.comPIKIRAN RAKYAT – Istilah insecure sudah tidak asing lagi di telinga kita, insecure merupakan perasaan cemas , ragu, atau kurang percaya diri sehingga membuat seseorang merasa selalu kurang terhadap dirinya.

Banyak faktor yang menyebabkan insecure , salah satunya soal fisik. Karena masih banyak sekali yang melakukan bullying terhadap fisik.

Akibatnya, orang yang merasa insecure bisa saja merasa rendah diri, sehingga selalu menanyakan pendapat orang lain tentang dirinya, atau bahkan membandingkan diri dengan orang lain.

Memiliki perasaan seperti ini adalah hal yang normal. Tetapi jika sudah tidak merasa aman dan merasa diri selalu kurang secara tidak wajar, hal ini akan berpengaruh pada aspek kehidupan kita.

Baca Juga: 8 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula, Mudah dan Gratis!

Mulai dari kesehatan jasmani, hingga kecemasan dan depresi akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Orang yang terus merasa insecure bisa kehilangan pekerjaannya, atau bahkan peluang-peluang besar yang sedang menanti di depan.

Perasaan insecure juga akan sangat berbahaya bila menyangkut hubungan antarindividu, seperti insecure terhadap pasangan, sahabat, teman kerja, dan lainnya.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Healthline, jika merasa insecure berlebihan, yuk terapkan langkah-langkah berikut untuk mengubah cara pandangmu terhadap diri sendiri:

1. Menyadari nilai yang ada pada diri

Mungkin selama ini kamu memandang orang lain hanya dari sampulnya, hingga lupa bahwa orang lain pun punya kekurangan juga.

Cobalah untuk mulai memahami nilai yang ada pada dirimu, daripada fokus pada kelemahan, mulailah untuk melihat hal-hal baik apa yang pernah dilakukan. Kamu bisa fokus pada kontribusi baikmu daripada kelemahan.

2. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Melawan pikiran negatif dan rasa insecure memang tidak mudah. Namun jika tidak dipaksakan, kamu akan terus dihantui rasa cemas , tidak merasa puas, hingga menyalahkan diri sendiri.

3. Stop membandingkan diri dengan orang lain

Membandingkan diri dengan orang lain bukanlah cara yang tepat untuk introspeksi diri. Hal ini akan membuatmu semakin rendah diri. Terutama di era saat ini, hampir semua orang membagikan aktivitas sehari-harinya ke media sosial.

Sering kali kehidupan orang lain yang silihat di media sosial tampak sangat sempurna. Oleh karena itu, cobalah kurangi penggunaan media sosial agar kamu tidak fokus dengan kehidupan orang lain dan tidak membandingkan diri sendiri.

Percayalah bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, biasakan untuk selalu bersyukur dengan segala yang kamu miliki.

4. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Menghabiskan waktu luang dengan melakukan hal-hal baru seperti mencoba resep masakan baru, mencoba aktivitas yang selalu ingin dilakukan, menguasai keterampilan baru akan meningkatkan nilai diri.

5. Fokus pada langkah kecil

Mengatasi rasa insecure tidak akan berhasil dalam semalam, berusahalah untuk konsisten dan bersikap baik pada diri sendiri selama proses ini berlangsung. Dan jangan putus asa jika keadaan belum membaik.

Jika merasa insecure hari ini, langkah-langkah kecil yang tadinya kamu ambil akan menjadi langkah-langkah yang lebih besar dan membuatmu terus maju. (Faisha Aprilia)***