kabinetrakyat.com – Ukraina mendapatkan pinjaman dari Eropa sebesar 5 miliar euro atau setara Rp 74 triliun (kurs Rp 14.800/US$) untuk berbagai kebutuhan di tengah situasi perang dengan Rusia.

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (9/9/2022), Kementerian Keuangan Ceko menyatakan dana jumbo tersebut akan dipergunakan untuk menjaga sekolah, rumah sakit dan operasional negara lainnya.

Pinjaman tersebut didukung oleh negara-negara anggota Uni Eropa. Ini merupakan bagian dari keseluruhan paket 9 miliar euro yang diumumkan pada bulan Mei. 1 miliar euro pertama telah sepenuhnya dikirim pada awal Agustus.

Sebelumnya Pemerintah Amerika Serikat (AS) kembali memberikan bantuan persenjataan bagi Ukraina yang saat ini diserang oleh Rusia. Kali ini, Washington kembali memberikan bantuan senjata senilai US$ 675 juta atau setara Rp 1 triliun.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan bantuan itu banyak GMLRS, (Sistem Roket Peluncuran Berganda Terpadu), howitzer, amunisi, humvee, ambulans lapis baja, dan juga sistem anti tank.