Halo Pembaca Sekalian, kali ini kami akan membahas tentang ruralisasi. Istilah ini mungkin baru terdengar bagi sebagian orang, namun ruralisasi sebenarnya telah berlangsung cukup lama dan sangat mempengaruhi kondisi sosial dan ekonomi di berbagai negara.

Pengertian Ruralisasi

Ruralisasi adalah proses perpindahan penduduk dari perkotaan ke daerah pedesaan. Proses ini merupakan kebalikan dari urbanisasi, dimana penduduk berpindah ke kota untuk mencari pekerjaan dan meningkatkan kualitas hidup.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi ruralisasi, di antaranya adalah kondisi ekonomi, tingkat kemiskinan, dan kualitas lingkungan yang buruk. Seiring dengan peningkatan urbanisasi, terdapat kecenderungan bahwa penduduk pekerja yang berada di kota mulai merasa terjebak dalam gaya hidup yang sangat terkait dengan kesibukan urban. Oleh karena itu, penduduk mulai tertarik dengan gaya hidup yang lebih sederhana dan tenang di pedesaan, termasuk kemungkinan mencari pekerjaan di sana.

Kelebihan Ruralisasi

Salah satu kelebihan ruralisasi adalah kualitas lingkungan yang lebih baik. Kebisingan dan polusi udara di kota sangat merugikan kesehatan manusia. Meskipun masih ada di beberapa daerah pedesaan, rasio kepadatan penduduk di pedesaan lebih rendah dan lingkungan lebih bersih.

Kondisi ekonomi di pedesaan lebih terkait dengan sektor pertanian, namun selain itu juga terdapat peluang lain seperti penanaman sayuran organik atau peternakan yang lebih bersih. Lebih dari itu, biaya hidup di pedesaan cenderung lebih murah karena tanah lebih murah dan kebiasaan belanja makanan kebutuhan sehari-hari biasanya dilakukan di pasar tradisional.

Berdasarkan data yang dirilis oleh World Bank, di beberapa negara seperti India, arus ruralisasi terbukti memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Pada tahun 2015, sekitar 30.000 kelompok rumah tangga dari berbagai wilayah India berhasil meningkatkan pendapatan mereka melalui pengembangan pertanian, peternakan dan usaha kecil menengah di pedesaan.

Di Brasil, urbanisasi yang terjadi secara cepat dan masif justru menimbulkan kerugian pada kelompok masyarakat marginal, yang kehilangan tempat tinggal dan sumber penghidupan mereka akibat perubahan dalam penggunaan lahan. Dalam hal ini, maka ruralisasi menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan pada kelompok masyarakat tersebut.

Dalam hal ini, ruralisasi mampu menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kemajuan di sektor pertanian dan usaha kecil menengah di pedesaan.

Kekurangan Ruralisasi

Selain kelebihan, ruralisasi juga memiliki kekurangan. Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh penduduk di pedesaan adalah kurangnya infrastruktur dan fasilitas publik.

Secara umum, ketersediaan fasilitas pelayanan umum seperti transportasi, air bersih, listrik, kesehatan bahkan jaringan telepon memiliki kualitas yang jauh lebih rendah di pedesaan dibandingkan di kota.

Dalam beberapa kasus, masalah ini menjadi hambatan bagi penduduk untuk beradaptasi dengan kondisi baru di pedesaan. Khususnya bagi mereka yang telah terbiasa hidup di perkotaan dan memiliki harapan untuk kemudahan akses terhadap layanan publik yang memadai.

Selain itu, sulitnya mendapatkan pekerjaan yang memiliki nilai tambah di pedesaan menjadi salah satu hambatan utama. Di pedesaan, lapangan pekerjaan yang tersedia terbatas pada sektor pertanian, peternakan, dan beberapa usaha kecil lainnya. Sebaliknya di kota, jumlah lapangan kerja yang tersedia jauh lebih banyak. Akan tetapi dengan berkembangnya digitalisasi saat ini, pekerja juga bisa bekerja secara online dari pedesaan sehingga mengurangi masalah kurangnya lapangan pekerjaan dengan tinggi teknologi.*/

Negara dengan Tingkat Ruralisasi Tertinggi

NegaraTingkat Ruralisasi
India67%
Indonesia44%
Cina43%

FAQ

1. Apa Yang Dimaksud Dengan Urbanisasi?

Urbanisasi adalah proses perpindahan penduduk dari pedesaan ke kota untuk mencari pekerjaan dan meningkatkan kualitas hidup.

2. Apa Alasan Utama Seseorang Melakukan Ruralisasi?

Alasan utama ruralisasi mungkin berkaitan dengan kualitas lingkungan yang lebih baik atau mencari peluang baru di sektor pertanian dan usaha kecil di pedesaan.

3. Apa Yang Harus Dilakukan Jika Ingin Pindah Ke Pedesaan?

Jika ingin pindah ke pedesaan, maka perlu membuat perencanaan yang matang terkait batas waktu, rencana penghasilan dan rencana hidup di pedesaan.

4. Apa Yang Menjadi Kendala Utama Ruralisasi?

Kendala utama ruralisasi adalah kurangnya infrastruktur dan fasilitas publik di pedesaan, serta kurangnya lapangan pekerjaan yang memiliki nilai tambah.

5. Apakah Ruralisasi Bisa Meningkatkan Kesejahteraan Kelompok Masyarakat Marginal?

Ya, terbukti di beberapa negara seperti India dan Brasil, ruralisasi bisa meningkatkan kesejahteraan pada kelompok masyarakat marginal.

6. Bagaimana Dampak Urbanisasi Pada Pedesaan?

Dampak urbanisasi terhadap pedesaan bisa berupa perubahan penggunaan lahan yang mempengaruhi sumber penghidupan dan tempat tinggal penduduk pedesaan.

7. Apa Saja Peluang Usaha Di Pedesaan Yang Bisa Dijadikan Pilihan?

Peluang usaha di pedesaan antara lain di sektor pertanian, peternakan, dan usaha kecil menengah yang lebih bersih.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ruralisasi adalah proses perpindahan penduduk dari perkotaan ke pedesaan. Urbanisasi dan ruralisasi adalah dua fenomena yang saling terkait dalam rangka mencari kehidupan yang lebih baik. Dalam kehidupan di pedesaan, terdapat kelebihan dan kekurangan yang bisa dipertimbangkan secara seksama, sehingga dapat menentukan pilihan yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Dengan melihat potensi yang ada di pedesaan, maka ruralisasi dapat menjadi sebuah alternatif untuk bisa meningkatkan kualitas hidup di pedesaan dan melengkapi gagasan tentang urbanisasi.

Disclaimer

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tentang apa yang dimaksud Ruralisasi dan kelebihan serta kekurangan yang terkait. Artikl ini ditulis sebagai panduan umum dan tidak dapat digunakan sebagai referensi utama untuk setiap keputusan yang akan diambil. Pembaca harus mengambil langkah-langkah tambahan sebelum membuat keputusan apa pun. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan