Material Kaca Anti Gores


Perbedaan Antara Anti Gores dan Tempered Glass di Indonesia

Kaca adalah bahan bangunan yang biasa digunakan sebagai jendela, pintu, dinding, dan peralatan masak. Karena fungsinya yang vital, maka diperlukan bahan kaca yang memiliki kualitas baik, seperti kaca anti gores dan tempered glass.

Kaca anti gores memiliki permukaan yang tahan terhadap goresan. Dengan begitu, kaca anti gores tidak mudah tergores dan kotoran seperti noda air atau sidik jari akan mudah dibersihkan. Bahan kaca jenis ini biasanya digunakan pada area publik seperti toko, kantor, rumah sakit, dan gedung-gedung berskala besar. Selain itu, bahan kaca anti gores juga digunakan pada fasad gedung atau sebagai dinding partisi.

Kaca anti gores dibuat dengan menggunakan teknologi khusus, yakni proses elektrokimia. Dalam proses ini, ion ion kaca bakar dengan lempengan logam yang menempel pada permukaan kaca, sehingga kaca anti gores lebih kuat dan tahan terhadap goresan.

Namun, kendati memiliki permukaan yang tahan terhadap goresan, kaca anti gores tetap rentan terhadap benturan atau tekanan. Jika terjadi penyimpangan, maka bahan kaca anti gores dapat pecah atau retak. Maka dari itu, perlu ditambahkan lapisan tempered glass untuk menjaga kekuatan kaca.

Tempered glass adalah jenis bahan kaca yang telah melalui proses perlakuan panas dengan suhu tinggi dan kemudian didinginkan secara cepat. Dalam proses ini, suhu kaca meningkat terlebih dahulu sehingga kaca dapat menahan benturan atau tekanan lebih kuat. Keuntungan dari tempered glass adalah kekuatannya yang tahan terhadap tekanan dan panas. Selain itu, ketika tempered glass pecah, maka akan hancur menjadi pecahan kaca kecil dan tidak tajam, sehingga lebih aman bagi pengguna atau orang di sekitarnya.

Di Indonesia, permintaan bahan kaca anti gores dan tempered glass semakin meningkat seiring dengan perkembangan infrastruktur dan kebutuhan akan bangunan yang berkualitas. Saat ini, banyak produsen bahan kaca yang memproduksi kaca anti gores dan tempered glass yang berkualitas baik dan sesuai dengan standar nasional.

Namun, masih banyak juga masyarakat yang kurang memahami pentingnya memilih bahan kaca yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga mereka cenderung memilih bahan kaca murah yang tidak terjamin kualitasnya. Padahal, memilih bahan kaca yang berkualitas serta sesuai dengan kebutuhan akan memberikan banyak manfaat bagi pengguna, seperti keamanan, kenyamanan, dan efisiensi energi.

Oleh karena itu, bagi para pengguna yang sedang membangun atau merenovasi bangunan, sebaiknya memilih bahan kaca anti gores atau tempered glass yang berkualitas dan memenuhi standar nasional. Selain itu, penting juga untuk memilih produsen bahan kaca yang terpercaya dan memiliki pengalaman di bidang produksi bahan kaca.

Kekurangan Kaca Anti Gores


Kekurangan Kaca Anti Gores

Kaca anti gores atau screen protector seringkali dianggap sebagai pelindung layar ponsel yang efektif. Namun, produk ini juga memiliki kekurangan yang perlu diwaspadai. Berikut adalah beberapa kekurangan kaca anti gores:

  1. Mudah gores

    Kaca anti gores terdiri dari bahan yang lembut sehingga mudah gores dan terkelupas. Pemasangan yang kurang presisi juga dapat menyebabkan terjadinya gelembung pada layar yang mengganggu kenyamanan dalam penggunaan.

  2. Tidak menjamin kualitas

    Kaca anti gores yang dijual di pasaran tidak menjamin kualitasnya. Banyak produk yang mudah rusak, lepas, atau tidak sesuai standar. Oleh karena itu, konsumen harus memilih produk yang terpercaya dan menghindari kaca anti gores palsu dengan harga murah.

  3. Mengurangi sensitivitas layar sentuh

    Beberapa merk kaca anti gores dapat mengurangi sensitivitas layar sentuh sehingga mempengaruhi pengalaman pengguna. Selain itu, banyak kaca anti gores yang tidak dapat difungsikan dengan baik pada layar yang sudah terlalu usang atau kotor.

  4. Menambah ketebalan ponsel

    Meskipun hal ini mungkin tidak terlalu signifikan, namun pemasangan kaca anti gores dapat menambah ketebalan ponsel yang mengakibatkan perubahan tampilan dan bobot.

  5. Mempengaruhi kualitas gambar

    Kaca anti gores dapat mempengaruhi kualitas gambar ponsel, terutama pada tampilan yang berwarna putih atau terang. Selain itu, beberapa produk juga menghasilkan pantulan sinar yang mengganggu penglihatan.

Kaca tempered glass atau kaca keamanan adalah alternatif yang efektif untuk mengatasi kekurangan kaca anti gores. Selain lebih tahan gores dan lebih mudah dibersihkan, kaca tempered glass juga lebih tahan terhadap benturan dan dapat meminimalisir kerusakan pada layar ponsel. Namun, harga kaca tempered glass biasanya lebih mahal dibandingkan kaca anti gores yang lebih mudah didapat.

Apa itu Tempered Glass?


Tempered Glass

Tempered glass atau kaca tempered menjadi bentuk kaca yang lebih kuat dari jenis kaca lain. Pertama kali ditemukan di abad ke-17, tempered glass adalah kaca biasa yang diolah menggunakan teknologi khusus yang menjadikannya lima kali lebih kuat dari kaca biasa.

Kaca tempered kemudian berkembang menjadi salah satu jenis kaca paling banyak digunakan dalam industri konstruksi dan otomotif. Di Indonesia, tempered glass digunakan untuk segala macam keperluan, dari jendela rumah hingga enkapsulasi mobil.

Proses pembuatan tempered glass dimulai dengan memanggang kaca biasa pada suhu yang sangat tinggi kemudian mengalirkannya secara tiba-tiba dan mendadak. Teknik ini membuat permukaan kaca mendingin lebih cepat dari inti kaca, mendorong pengembangan tegangan di permukaan kaca. Hal ini memberikan kekuatan yang lebih tinggi pada kaca tempered dari jenis kaca lain.

Bedanya dengan Screen Protector


Screen Protector

Sementara itu, screen protector atau pelindung layar adalah lapisan tipis yang ditempelkan pada layar gadget atau smartphone. Teknologi ini juga disebut anti-gores karena efektif dalam melindungi gadget dari goresan, noda dan bahkan hingga pecah.

Meski sama-sama melindungi benda berharga dari kerusakan, tempered glass dan screen protector memiliki perbedaan penting yang membedakan keduanya. Kaca tempered cocok digunakan untuk perlindungan jangka panjang, meskipun harganya lebih mahal dari pelindung layar.

Sebaliknya, screen protector umumnya cenderung lebih murah dan mudah dipasang. Karena berbahan tipis, screen protector tampaknya lebih sesuai bagi mereka yang tidak suka dengan gangguan ketebalan ketika menggunakan gadget.

Namun, satu hal yang patut diingat adalah perlu dipilih jenis pelindung yang tepat bagi setiap kebutuhan. Ketika memilih antara screen protector atau tempered glass, perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran, ketebalan, harga, serta tingkat perlindungan yang dibutuhkan.

Produk Terpopular di Indonesia


Tempered Glass Brands

Beberapa merek tempered glass di Indonesia sangat populer dan banyak digunakan oleh konsumen. Mereka mencakup merek lokal maupun internasional, dan memperluas pilihan konsumen yang mencari perlindungan untuk gadget mereka. Berikut ini adalah beberapa merek tempered glass populer di Indonesia:

  • Xiaomi
  • Spigen
  • Baseus
  • Tronsmart
  • Nillkin
  • Remax

Banyak pilihan merek tempered glass yang tersedia di pasaran Indonesia, setiap produk memiliki keunggulan dan harga yang berbeda-beda. Maka dari itu, penting untuk memilih produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan, dan juga sesuai dengan kriteria kaca tempered atau screen protector yang diinginkan.

Dalam keseluruhan, kaca tempered dan screen protector adalah cara efektif untuk melindungi gadget atau benda berharga lainnya dari kerusakan. Seperti kebanyakan hal lain dalam kehidupan, memilih perlindungan yang tepat adalah persyaratan untuk hasil yang optimal.

Kelebihan Tempered Glass


Tempered Glass

Tempered glass adalah sebuah jenis kaca yang telah melalui tahap perlakuan untuk memperkuat kemampuan tahan benturan dan suhu panas. Banyak orang saat ini memilih menggunakan tempered glass untuk melindungi layar smartphone mereka. Ada beberapa alasan mengapa tempered glass lebih diutamakan dibandingkan dengan beda anti gores.

Tidak Cepat Pecah

Tempered Glass

Tempered glass memiliki kekuatan hingga 5 kali lebih kuat daripada kaca biasa. Ini membuat tempered glass menjadi pilihan yang sangat baik untuk smartphone. Dengan kekuatan ini, tempered glass mampu menahan benturan yang intens dan tidak cepat pecah. Saat terkena benturan dengan benda keras, tempered glass akan mampu menyebar benturan yang dihasilkan ke seluruh permukaannya sehingga tidak hanya terpusat pada satu titik saja. Hal ini membuat tempered glass dapat menahan benturan yang kemungkinan menyebabkan pecah.

Tahan Baret

Tempered Glass

Tempered glass memiliki permukaan yang lebih keras daripada kaca biasa. Hal ini membuat tempered glass lebih tahan terhadap goresan dan baret. Saat smartphone Anda bersentuhan dengan benda-benda kasar seperti kunci atau sengklek, tempered glass akan mampu menahan goresan dan baret yang mungkin akan merusak layar smartphone Anda.

Terlihat Jernih

Tempered Glass

Salah satu kelebihan dari tempered glass yang sering dilupakan adalah kemampuan untuk mempertahankan kejernihan layar smartphone Anda. Tempered glass yang berkualitas memiliki ketebalan yang ideal agar tidak mempengaruhi kualitas tampilan layar. Dengan menggunakan tempered glass, warna dari layar smartphone Anda tetap terlihat jernih dan tidak terganggu oleh adanya proteksi.

Mudah Dipasang

Tempered Glass Installation

Pemasangan tempered glass pada smartphone Anda sangat mudah. Kebanyakan tempered glass dilengkapi dengan lapisan perekat yang kuat sehingga tidak mudah terlepas dari layar smartphone Anda. Ada juga tempered glass yang sudah dikemas bersama dengan alat-alat pemasangan seperti kain lap dan perekat sehingga memudahkan Anda dalam memasang tempered glass tersebut.

Ringan dan Tidak Memengaruhi Kinerja

Tempered Glass

Tempered glass yang dipasang pada layar smartphone tidak akan membuat smartphone terasa lebih berat atau memengaruhi kinerjanya. Hal ini sangat penting bagi Anda yang ingin melindungi layar smartphone namun tidak ingin mengorbankan kenyamanan saat menggunakan smartphone. Tempered glass yang tipis dan ringan sangat ideal untuk digunakan pada smartphone Anda.

Kesimpulannya, tempered glass lebih unggul dibandingkan beda anti gores karena memiliki kekuatan dan tahan baret yang lebih baik. Selain itu, tempered glass juga mampu mempertahankan kejernihan layar smartphone dan tidak memengaruhi kinerjanya. Pemasangan tempered glass pada smartphone juga sangat mudah sehingga tidak memakan waktu yang banyak. Oleh karena itu, jika Anda ingin melindungi layar smartphone Anda dari goresan dan baret, pilihlah tempered glass yang berkualitas untuk digunakan pada smartphone Anda.

Bandingkan Kaca Anti Gores dan Tempered Glass


Kaca Anti Gores dan Tempered Glass

Dalam dunia konstruksi dan bangunan, banyak jenis kaca yang digunakan sebagai bahan untuk jendela dan perangkat lainnya. Dua jenis kaca yang paling umum digunakan adalah kaca anti gores dan tempered glass. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan antara keduanya.

1. Proses Pembuatan
Kaca anti gores dibuat melalui proses penghapus kaca biasa dengan perlakuan khusus yang membuatnya lebih tahan terhadap goresan dan tanda-tanda lainnya yang mungkin merusak kaca. Sementara itu, tempered glass dibuat melalui serangkaian proses termal dan kimiawi yang melibatkan pemanasan dan pendinginan cepat untuk menghasilkan kaca yang lebih kuat dan tahan terhadap benturan.

2. Kekuatan dan Ketahanan
Tempered glass lebih kuat dan tahan terhadap benturan dan tekanan dibandingkan kaca anti gores. Ini karena proses yang terlibat dalam pembuatan tempered glass membuatnya lebih padat dan lebih tahan terhadap deformasi. Namun, jika tempered glass pecah, ia akan berantakan menjadi potongan-potongan kecil yang aman untuk dipegang. Di sisi lain, kaca anti gores lebih rentan pecah dan jika pecah akan membentuk retakan yang lebih besar dan berbahaya.

3. Kegunaan
Kaca anti gores cocok digunakan di area yang sering terkena goresan dan tanda-tanda lainnya seperti kaca mobil atau meja kaca. Sementara itu, tempered glass lebih berguna untuk aplikasi yang lebih berat seperti jendela lantai ke langit-langit atau balustrade dan tangga.

4. Estetika
Kaca anti gores dan tempered glass keduanya memiliki penampilan yang menarik dan bisa dipilih dalam berbagai warna dan desain. Namun, kaca tempered cenderung memiliki tampilan yang lebih modern dan bersih karena dapat ditekuk dan dipotong untuk mencapai bentuk yang diinginkan. Sementara kaca anti gores biasanya lebih kasar dan dapat mempunyai goresan-goresan kecil yang terlihat.

5. Biaya
Kaca anti gores terbuat dari kaca biasa dengan perlakuan khusus, sehingga harganya bisa lebih terjangkau dibandingkan dengan tempered glass. Tempered glass, di sisi lain, memerlukan proses pembuatan yang lebih rumit dan teknologi tempering sehingga harganya cenderung lebih mahal. Namun, mungkin akan lebih ekonomis untuk memilih tempered glass jika dipakai dalam jangka waktu yang panjang karena kekuatannya yang lebih tahan lama.

Setelah mengetahui perbedaan antara kaca anti gores dan tempered glass, tidak ada salah atau benar dalam memilih salah satunya, tergantung pada kebutuhan dan anggaran kita. Yang penting, pastikan kita memilih kaca yang tepat dan berkualitas untuk memastikan keselamatan dan keamanan jangka panjang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan