Download dan Install Aplikasi WhatsApp Terbaru


Cara Aktifkan Fitur PIP WhatsApp di Indonesia

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan instan yang paling populer di Indonesia. Aplikasi ini digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja mereka. Namun, jika Anda masih belum mengaktifkan fitur Picture-in-Picture (PIP) di WhatsApp, Anda akan melewatkan satu fitur yang cukup berguna.

PIP WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menonton video tanpa meninggalkan percakapan saat ini. Ini adalah fitur yang berguna bagi pengguna yang sering menerima dan menonton video di WhatsApp. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengaktifkan PIP WhatsApp di Indonesia.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp terbaru di perangkat smartphone Anda. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

  1. Buka Play Store di perangkat Android Anda atau App Store di perangkat iOS Anda.
  2. Cari “WhatsApp” menggunakan kolom pencarian dan tekan tombol “Cari.”
  3. Pilih aplikasi WhatsApp dari daftar hasil pencarian yang muncul.
  4. Untuk menginstal aplikasi, tekan tombol “Pasang” (Android) atau “Dapatkan” (iOS).

Setelah proses pengunduhan dan penginstalan selesai, Anda sekarang siap untuk mengaktifkan PIP WhatsApp. Namun, pastikan Anda telah memperbarui aplikasi ke versi terbaru, karena fitur ini hanya tersedia pada versi terbaru aplikasi WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan PIP WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih pesan teks atau percakapan kelompok yang ingin Anda gunakan untuk mengaktifkan fitur PIP.
  3. Pilih video yang ingin Anda tonton.
  4. Pada saat video dimulai, ketuk ikon aksesori PIP di sudut kanan bawah layar untuk mengaktifkannya.
  5. Sekarang Anda dapat menonton video di dalam mode pemutaran bergulir sambil tetap melihat percakapan Anda di layar penuh.

Mudah sekali, bukan? Anda sekarang dapat menonton video tanpa harus meninggalkan percakapan WhatsApp Anda. Ingatlah bahwa fitur ini hanya tersedia pada aplikasi WhatsApp terbaru, jadi pastikan Anda telah memperbarui aplikasi sebelum mencobanya. Dan itu dia cara mengaktifkan PIP WhatsApp di Indonesia.

Aktifkan Fitur Pip pada WhatsApp


Aktifkan Fitur Pip pada WhatsApp

Siapa yang tidak mengenal WhatsApp? Aplikasi pesan instan yang satu ini memang menjadi pilihan banyak orang di Indonesia untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, maupun rekan kerja. Berbicara tentang WhatsApp, ternyata aplikasi ini juga menyediakan fitur Picture in Picture (PIP) yang memungkinkan penggunanya untuk menonton video YouTube atau video dari platform lain, sembari tetap berada di aplikasi WhatsApp. Fitur yang sangat praktis dan berguna ini benar-benar harus Anda aktifkan jika ingin memaksimalkan pengalaman menggunakan WhatsApp.

Berikut ini adalah panduan cara mengaktifkan PIP di WhatsApp:

1. Pastikan aplikasi WhatsApp berhasil diunduh di ponsel kamu

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan aplikasi WhatsApp sudah berhasil terunduh pada ponsel kamu. Jika belum, kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu melalui Play Store atau App Store.

2. Pastikan aplikasi YouTube juga berhasil diunduh di ponsel kamu

Youtube logo Indonesia

Setelah WhatsApp berhasil terunduh, lakukan langkah yang sama dengan aplikasi YouTube. Unduh aplikasi YouTube terlebih dahulu pada ponsel kamu. Pastikan kamu sudah masuk ke akun YouTube agar dapat mengakses video-video di platform tersebut.

Nah, pada tahapan ini, Anda akan menemui sedikit kesulitan karena pada beberapa model smartphone yang beredar di Indonesia, aplikasi YouTube mungkin sudah dimuat secara default. Dalam kasus seperti ini, Anda mungkin cukup mencoba untuk melewatinya dan melangkah ke tahap berikutnya.

3. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian cari kontak yang ingin Anda ajak berkomunikasi

Setelah kedua aplikasi berhasil diunduh, buka aplikasi WhatsApp, lalu cari kontak yang ingin Anda ajak berkomunikasi. Jika sudah menemukan kontak tersebut, Anda bisa langsung membuka riwayat percakapan dengan kontak tersebut.

4. Buka video YouTube yang ingin ditonton melalui aplikasi YouTube

Setelah itu, buka video YouTube yang ingin ditonton melalui aplikasi YouTube. Setelah video terbuka, ketuk tombol “bagikan” pada video tersebut. Tombol “bagikan” biasanya terletak di bagian bawah kanan video.

5. Pilih opsi “bagikan ke WhatsApp”

WhatsApp share button

Pada opsi “bagikan”, silakan pilih “bagikan ke WhatsApp”. Setelah Anda memilih opsi tersebut, sistem akan secara otomatis memindahkan tautan video YouTube ke dalam chat WhatsApp Anda. Tautan tersebut sudah bisa disentuh, walaupun Anda masih dalam tampilan aplikasi WhatsApp.

6. Putar video dari chat WhatsApp Anda

Nah, tahap terakhir adalah dengan memutar video dari chat WhatsApp Anda. Ketuk tautan YouTube di percakapan WhatsApp Anda, lalu putar videonya. Kemudian, ketika video sedang diputar, geser video tersebut ke bagian bawah layar, kemudian geser ke kiri atau kanan sesuai dengan arah tampilan yang Anda inginkan. Video YouTube tersebut akan menjadi kecil, dan terletak pada pojok kiri atau kanan layar. Anda bisa lanjutkan chatting dengan teman Anda di layar utama, sementara tetap menikmati video YouTube yang diputar pada layar kecil yang berada di sudut layar. Sekarang Anda bisa dengan mudah menonton video sambil chatting dengan teman-teman Anda di WhatsApp, praktis bukan?

Nah, itulah beberapa tahap cara mengaktifkan fitur Picture in Picture (PIP) di aplikasi WhatsApp. Fitur ini sangat praktis untuk Anda yang tidak ingin multi tasking yang terlalu memaksakan diri. Dengan PIP, Anda bisa menonton video sambil tetap melakukan chat dengan teman-teman dalam aplikasi WhatsApp. Selamat mencoba!

Cara Membuka Fitur Pip pada Percakapan WhatsApp


WhatsApp pip feature Indonesia

Fitur Picture-in-Picture (PIP) pada WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan pengguna WhatsApp untuk menonton video YouTube dan video dari sumber lain dalam mode layar kecil di sudut layar saat masih terhubung dengan percakapan WhatsApp.

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang ingin tetap terhubung dengan percakapan mereka di WhatsApp sementara juga ingin menonton video dari sumber lain. Namun, memang sulit untuk menemukan cara mengaktifkan fitur PIP pada WhatsApp di Indonesia. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara mudah untuk mengaktifkan fitur PIP pada WhatsApp di Indonesia.

1. Pastikan Whatsapp Anda Terbaru

WhatsApp update Indonesia

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mengaktifkan fitur PIP pada WhatsApp adalah memastikan aplikasi WhatsApp Anda terbaru. Pastikan Anda mendownload dan menginstal versi terbaru dari WhatsApp di Google Play Store atau App Store.

2. Aktifkan ‘Draw Over Other Apps’

draw over other apps android

Fitur PIP pada WhatsApp memerlukan izin ‘Draw Over Other Apps’. Untuk mengaktifkan fitur ini pada perangkat Android Anda, masuk ke “Menu Pengaturan” dan cari opsi “Aplikasi dan Notifikasi”. Setelah itu klik “Aplikasi” dan cari “izin aplikasi”. Klik opsi “Lainnya izin aplikasi” dan aktifkan opsi “Menulis di atas aplikasi lain”.

3. Aktifkan Opsi ‘Play In Picture-in-Picture’

play in picture in picture whatsapp android

Sekarang, untuk mengaktifkan fitur PIP pada WhatsApp, ikuti langkah berikut:

  1. Buka WhatsApp dan buka percakapan dengan teman Anda.
  2. Klik ikon video untuk memutar video di dalam percakapan.
  3. Setelah video dimulai, ketuk tombol berlabel “Pemain Video” di pojok kanan bawah layar.
  4. Ini akan memunculkan ikon PIP di pojok kanan bawah layar. Klik ikon ini untuk menampilkan video dalam mode PIP kecil.
  5. Anda sekarang dapat menjelajahi WhatsApp dan menjawab pesan sambil menonton video PIP di layar Anda. Komunikasi menjadi lebih mudah dan anda bisa menonton video sembari tetap terhubung dengan teman-teman atau kolega Anda di WhatsApp.

Itu saja, langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengaktifkan fitur PIP di WhatsApp Indonesia. Anda bisa menjelajahi fitur-fitur WhatsApp lainnya dan memaksimalkan aplikasi pesan ini untuk membuat hidup Anda menjadi lebih mudah, menyenangkan, dan terhubung dengan percakapan penting di dunia nyata.

Penggunaan Fitur Pip pada WhatsApp


Cara Mengaktifkan Pip WhatsApp Indonesia

WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi chatting terbaik di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. WhatsApp terus memperbarui fitur-fiturnya untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Salah satu fitur terbaru yang telah diperkenalkan oleh WhatsApp adalah Picture-in-Picture (PIP). Fitur ini sangat berguna bagi pengguna WhatsApp yang ingin multitasking saat menjalankan aplikasi. Fitur PIP WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menonton video dari aplikasi lain sementara melakukan chatting di aplikasi WhatsApp.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengaktifkan fitur PIP di WhatsApp di Indonesia. Kami akan membahas langkah-langkah yang perlu diikuti untuk mengaktifkan fitur PIP di aplikasi WhatsApp Anda.

Apa itu Fitur Picture-in-Picture WhatsApp?

WhatsApp PIP

Fitur Picture-in-Picture (PIP) memungkinkan pengguna aplikasi untuk menjalankan video dalam jendela kecil di atas aplikasi lain. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk multitasking dan menonton video tanpa harus keluar dari aplikasi lain yang sedang dijalankan. Sebagai pengguna WhatsApp, fitur PIP memungkinkan Anda untuk menonton video dari platform streaming video, seperti YouTube atau Facebook, sementara melakukan chatting dengan teman dan keluarga Anda di WhatsApp.

Cara Mengaktifkan Fitur Pip pada WhatsApp di Indonesia

Cara Mengaktifkan PIP di WhatsApp

Untuk mengaktifkan fitur PIP pada WhatsApp di Indonesia, langkah-langkah berikut harus diikuti:

1. Update Aplikasi WhatsApp

WhatsApp

Pastikan aplikasi WhatsApp di perangkat Anda diperbarui ke versi terbaru. Fitur PIP WhatsApp hanya tersedia pada versi terbaru aplikasi, jadi pastikan aplikasi WhatsApp di perangkat Anda diperbarui terlebih dahulu.

2. Buka Aplikasi Pengaturan pada Ponsel Anda

Aplikasi Pengaturan Ponsel

Untuk mengaktifkan fitur PIP di WhatsApp, Anda perlu memverifikasi pengaturan di ponsel Android Anda. Cara terbaik untuk mengakses pengaturan ponsel Anda adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan pada ponsel Anda.

3. Masuk ke Opsi Aplikasi WhatsApp

WhatsApp

Di dalam Bagian Pengaturan Ponsel, cari opsi Aplikasi. Setelah Anda masuk ke opsi Aplikasi, cari dan pilih WhatsApp.

4. Aktifkan Izin untuk Whatsapp

WhatsApp

Setelah masuk ke opsi WhatsApp, cari opsi Izin. Pastikan bahwa WhatsApp telah diberi izin untuk menampilkan jendela mengambang di atas aplikasi lain. Jika opsi ini tidak diaktifkan, Anda tidak akan dapat menggunakan fitur PIP di WhatsApp.

Kesimpulan

Cara Mengaktifkan PIP di WhatsApp

PIP WhatsApp adalah fitur baru yang sangat berguna bagi pengguna di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Fitur PIP memungkinkan Anda untuk menonton video di jendela yang lebih kecil pada bagian atas aplikasi WhatsApp Anda, sementara Anda melakukan chatting dan berbicara dengan teman dan keluarga Anda. Jika Anda ingin menggunakan fitur PIP di WhatsApp, pastikan aplikasi Anda diperbarui ke versi terbaru dan Anda telah mengaktifkan semua izin yang diperlukan. Jangan ragu untuk mencoba fitur PIP WhatsApp dan rasakan manfaatnya di ponsel Anda.

Solusi Jika Fitur Pip pada WhatsApp Tidak Bekerja


Whatsapp pip

Fitur picture-in-picture (PIP) di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menonton video tanpa harus keluar dari percakapan atau aplikasi. Dengan fitur ini, pengguna dapat menjawab pesan dan membalas chat dengan tetap menonton video tanpa harus menutup tampilan video. Namun, pada beberapa perangkat, pengguna mungkin mengalami masalah saat menggunakan fitur ini. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat diikuti jika fitur PIP pada WhatsApp tidak berfungsi.

1. Periksa pembaruan WhatsApp terbaru

Update Whatsapp

Jika fitur PIP pada WhatsApp tidak berfungsi, pastikan bahwa aplikasi terbaru telah diinstal pada perangkat. Periksa pembaruan aplikasi di toko aplikasi ponsel dan unduh pembaruan terbaru jika tersedia. Aplikasi yang ditingkatkan kemungkinan besar akan mempengaruhi fitur yang tidak berfungsi. Setelah melakukan pembaruan anda bisa mencoba fitur PIP kembali.

2. Pastikan Tidak Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Whatsapp

Jika fitur PIP di WhatsApp tidak berfungsi, pastikan bahwa aplikasi tidak digunakan dengan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin menyebabkan masalah dengan fitur PIP pada WhatsApp. Jangan menggunakan aplikasi pihak ketiga saat memutar video atau saat menggunakan fitur PIP pada WhatsApp. Pastikan aplikasi adalah applikasi asli WhatsApp yang didownload melalui toko aplikasi resmi.

3. Periksa Izin Aplikasi

Izin Aplikasi

Pastikan cara mengaktifkan pip WhatsApp di Indonesia dengan memeriksa apakah izin aplikasi yang diberikan pada pengguna untuk mengakses Mikrofon, Kamera, dan Penyimpanan perangkat sudah benar. Izin tersebut dibutuhkan untuk aplikasi membaca data pada ponsel. Jangan takut memberikan izin tersebut, karena data anda pada ponsel selalu aman.

4. Restart Aplikasi WhatsApp

Restart Aplikasi Whatsapp

Jika fitur PIP pada WhatsApp tidak berfungsi, maka Anda dapat mencoba untuk memulai ulang aplikasi dan cek kembali fungsi pip Whatsapp. Matikan aplikasi kemudian mulai ulang kembali setelah beberapa saat. Cara ini dapat menghapus masalah sementara yang membuat fitur PIP gagal berfungsi.

5. Reset Pengaturan

Reset Pengaturan

Jika semua solusi diatas belum membuat fitur pip Whatsapp berfungsi, terakhir anda bisa melakukan reset pengaturan. Langkah mengatifkannya cukup mudah, masuk ke pengaturan aplikasi lalu pilih reset pengaturan. Setelah itu, aktifkan ulang fitur PIP pada WhatsApp. Tetapi, sebelum melakukan reset pengaturan, lakukan backup data aplikasi WhatsApp karena fitur reset akan menghapus semua pengaturan anda pada aplikasi WhatsApp

Demikian beberapa solusi jika fitur PIP pada WhatsApp tidak berfungsi. Perlu diingat bahwa setiap perangkat dan versi aplikasi dapat memiliki masalah yang berbeda, jadi cobalah solusi yang berbeda juga jika satu solusi tidak berfungsi. Dengan mengikuti solusi di atas, kamu diharapkan bisa mendapatkan pengalaman yang lebih baik dalam menggunakan fitur pip Whatsapp.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan