Pendahuluan

Halo Pembaca Sekalian,

Siapa yang tidak suka dengan masakan oriental? Masakan ini memang terkenal dengan rasa yang kaya akan rempah dan cita rasa yang khas. Oriental sendiri merujuk pada Asia Timur seperti China, Korea, dan Jepang. Karena wilayahnya yang luas, maka variasi masakan juga sangat banyak. Dalam artikel ini, kita akan membahas ciri-ciri masakan oriental yang membuatnya begitu istimewa di lidah kita.

Sebagai salah satu budaya kuliner terkemuka di dunia, masakan oriental memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum mencobanya. Berikut akan dijelaskan dengan jelas apa saja kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu temukan dalam masakan oriental.

Kelebihan Masakan Oriental

1. Kaya akan Rempah

Remah menjadi salah satu kunci utama dari masakan oriental. Mereka kaya akan bumbu-bumbu seperti lada, jinten, dan jahe. Rempah-rempah ini memberikan rasa yang menggugah selera mereka yang mencobanya.

2. Keberagaman Rasa

Masakan oriental memiliki berbagai macam cita rasa. Ada yang manis, pedas, asam dan luar biasa renyah. Kamu akan menemukan keanekaragaman rasa dalam masakan oriental.

3. Berbagai Pilihan Makanan

Masakan oriental tidak hanya terbatas pada mi, nasi atau dim sum. Ada banyak jenis makanan oriental lainnya yang mencakup berbagai jenis sayuran, daging, seafood, dan makanan ringan.

4. Pergaulan

Jika kamu suka berteman, kamu akan sangat menikmati masakan oriental. Budaya kuliner ini sangat mendorong seseorang untuk datang bersama-sama dan berbagi sajian.

5. Memiliki Nilai Gizi yang Tinggi

Terlepas dari tingginya jumlah kalori pada beberapa jenis makanan oriental. Makanan ini secara umum kaya akan nutrisi seperti minyak ikan yang sehat. Berbagai jenis sayuran dan daging di masakan oriental juga kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

6. Pemikat Wisatawan

Wisatawan pasti tidak akan melepaskan kesempatan untuk mencoba masakan oriental. Makanan ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang begitu populer. Bahkan makanan ringan seperti apel panggang dan bakpao tikus, yang sangat populer di Cina, bisa membuat lidah terlena akan rasanya.

7. Pengalaman Makan Mewah

Beberapa jenis masakan oriental seperti sashimi dan dim sum disajikan dengan cara yang elegan dan cantik di meja. Kamu akan merasakan pengalaman makan yang istimewa saat kamu mencoba masakan oriental.

Kekurangan Masakan Oriental

1. Terlalu Pedas

Seluruh masakan oriental memiliki citarasa unik yang khas, namun beberapa dari mereka terlalu pedas. Orang yang tidak terbiasa dengan makanan pedas tentu kesulitan untuk menghadapinya.

2. Kandungan MSGnya Tinggi

Monosodium Glutamat (MSG) hanya berfungsi untuk meningkatkan rasanya. Namun, bahan pengawet dan penguat rasa ini memiliki efek samping yang dapat memicu kenaikan berat badan atau bahkan merusak ginjal dan jantung jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Gula yang Terlalu Tinggi

Beberapa hidangan oriental terlalu manis karena terlalu banyak mengandung gula sehingga tidak baik bagi yang memiliki diabetes dan obesitas.

4. Tidak Ramah Lingkungan

Produksi bahan masakan oriental seperti kedelai, nasi, dan minyak nabati, sering dikenai dampak lingkungan yang signifikan. Perkebunan kedelai di Brasil atau makanan laut dari Jepang, dapat menimbulkan masalah lingkungan yang serius.

5. Kadar Kalori Tinggi

Berbagai jenis makanan oriental, seperti sushi dan mi goreng, memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Makanan ini harus dihindari oleh orang yang sedang berdiet ketat.

6. Harganya Mahal

Beberapa jenis makanan oriental seperti sushi dan dim sum, memiliki harga yang cukup mahal jika dibeli langsung dari restoran atau toko. Ini adalah kekurangan bagi mereka yang ingin menikmati makanan oriental namun memiliki anggaran yang terbatas.

7. Tidak Cocok Bagi Penderita Alergi

Beberapa bahan dalam masakan oriental dapat memicu reaksi alergi pada individu tertentu. Berbagai jenis makanan oriental seperti kacang-kacangan, ikan, dan telur, bisa menjadi pemicu alergi bagi beberapa orang.

Ciri-ciri Masakan Oriental

Ciri-ciri masakan oriental adalah karakteristik khas dari setiap jenis masakan oriental. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum yang ada pada masakan oriental:

Nama MasakanDeskripsi
Menggunakan BumbuMasakan oriental menggunakan bumbu-bumbu rempah yang unik dalam setiap masakannya untuk menciptakan cita rasa yang khas.
PelengkapMasakan oriental selalu dilengkapi dengan pelengkap yaitu nasi, mie, sayuran atau hidangan pembuka.
Porsi KecilCiri khas masakan oriental yang sangat khas adalah porsinya yang kecil-kecil, untuk menikmati setiap rasa dan mencicipi berbagai hidangan.
Estetika SahurMasakan oriental tidak hanya enak, tetapi juga cantik dan estetis. Penataan yang menarik dalam penyajiannya juga menjadi kelebihan masakan oriental.
Memiliki TeksturMasakan oriental mempunyai tekstur yang unik dan berbeda, rumit atau renyah.
Menggunakan Alat KhususMasakan Oriental sering menggunakan alat masak khusus seperti wajan, wok, dan penggorengan yang mendukung penggorengan dan pengolahan bahan.
Timun SihirTimun atau Terasi menjadi bahan dasar dari banyak makanan oriental memiliki peran penting pada rasa gurih dari masakan oriental.

FAQ

1. Apa itu masakan oriental?

Masakan oriental merujuk pada masakan dari Asia Timur seperti Cina, Korea, dan Jepang.

2. Apa saja bahan yang biasa digunakan dalam masakan oriental?

Bahan yang biasa digunakan dalam masakan oriental meliputi bumbu rempah, sayuran, daging, telur, ikan dan makanan laut.

3. Mengapa masakan oriental sangat populer?

Masakan oriental populer karena keberagaman rasanya, keunikan cita rasanya serta keindahan penyajiannya.

4. Apakah masakan oriental sehat?

Masakan oriental kaya akan nutrisi dan sedikitnya mengandung bahan pengawet buatan. Namun, beberapa jenis makanan memiliki kadar gula dan MSG yang tinggi.

5. Berapa harga untuk menikmati makanan Oriental di restoran?

Harga bervariasi, tergantung restoran dan jenis menu yang dipesan. Ada beberapa jenis makanan seperti sushi dan dim sum, yang memiliki harga yang cukup mahal jika dibeli langsung dari restoran atau toko.

6. Apa saja jenis-jenis masakan oriental yang terkenal?

Jenis-jenis masakan oriental yang terkenal yaitu antara lain; sushi, mi goreng, nasi goreng, dim sum, dan lain sebagainya.

7. Apakah masakan oriental mudah dibuat di rumah?

Tergantung pada masakannya, beberapa jenis masakan oriental relatif mudah dibuat di rumah, sementara yang lain membutuhkan waktu dan keterampilan khusus.

8. Apakah ada bahan-bahan yang tidak boleh dicampur dalam masakan oriental?

Tidak ada bahan-bahan tertentu yang tidak diperbolehkan dicampur dalam masakan oriental. Namun, dalam pengolahan masakan oriental, biasanya melakukan perpaduan yang baik khusus untuk mempertegas rasa dan menyempurnakan menu.

9. Apakah dim sum termasuk masakan oriental?

Ya, dim sum adalah hidangan makanan Kanton dari Cina yang juga termasuk masakan oriental.

10. Bagaimana cara membuat masakan oriental yang enak?

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat masakan oriental yang enak:

  • Gunakan bahan segar dan berkualitas tinggi.
  • Cukup gunakan rempah-rempah tanpa berlebihan
  • Teknik pengolahannya harus tepat, setiap jenis masakan oriental biasanya memerlukan teknik pengolahan yang berbeda
  • Perlu digarisbawahi garam dan gula harus sesuai dengan kadar resep.
  • Jangan menggunakan bahan-bahan yang telah melebihi tanggal kadaluarsa atau sudah membusuk.

11. Bagaimana cara membuat masakan oriental yang ramah lingkungan?

Berikut adalah beberapa cara membuat masakan oriental yang ramah lingkungan:

  • Gunakan bahan makanan organik.
  • Tarik bahan makanan dari petani lokal
  • Rutin mengambil tindakan biasa untuk merawat lingkungan
  • Daur ulang bahan makanan sisa yang dapat diolah kembali

12. Apa bedanya masakan oriental dan barat?

Perbedaan utama antara masakan oriental dan barat adalah jenis bahan, pengolahan dan teknik serta cara penyajiannya.

13. Apa arti dari dim sum?

Dim sum secara harfiah berarti “sedikit hati” dan mengacu pada hidangan kecil yang dibuat dengan daging, produk nabati, atau seafood dan disajikan di piring kecil atau keranjang bambu.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa masakan oriental memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Dari sisi kelebihan, masakan ini kaya akan rempah, berbagai pilihan makanan, memiliki nilai gizi yang tinggi, mendorong pergaulan dan memiliki pengalaman makan yang istimewa.

Dari sisi kekurangan, masakan oriental dianggap terlalu pedas, mengandung kadar MSG yang tinggi, gula yang terlalu tinggi, dan memiliki kandungan kalori yang tinggi. Tapi semua kekurangan tersebut masih bisa diatasi dengan mengkonsumsinya secukupnya.

Yang terpenting dari masakan oriental adalah ciri-cirinya yang unik dan membuat banyak orang ketagihan akan rasa khasnya. Proses pengolahan bahan yang khas dan penggunaan rempahnya yang kaya membuat seruan bagi siapa saja yang senang mencoba makanan baru.

Bagi yang tertarik untuk mencicipi sensasi makanan oriental ini, maka jangan lewatkan kesempatanmu untuk mencoba masakan oriental yang luas tersebut. Kamu bisa menemukan berbagai jenis makanan oriental di restoran atau membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba, Pembaca Sekalian.

Kata Penutup

Demikianlah artikel mengenai “Ciri-ciri Masakan Oriental yang Membuat Lidah Merindu”. Semua informasi mengenai ciri-ciri, kelebihan, kekurangan, dan FAQ masakan oriental dapat kita pelajari dari artikel ini. Selain itu, kita juga mengetahui bahwa masakan oriental sangat terkenal dan merupakan kuliner yang populer di berbagai negara.

Namun, apapun jenis masakannya, tetap hindari penggunaan bahan yang terlalu berlebihan. Masakan oriental tetap harus dirancang dan dimasak dengan hati-hati agar tetap sehat dan enak. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Pembaca Sekalian. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan