Pendahuluan

Pembaca Sekalian, bangunan modern saat ini semakin kompleks dan memerlukan teknologi modern yang canggih. Salah satu teknologi yang muncul dalam dunia konstruksi adalah teknik constructing. Teknik ini hadir dengan membawa banyak kelebihan dalam membangun bangunan modern yang efisien, cepat, dan ramah lingkungan. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu teknik constructing, bagaimana cara kerjanya, serta kelebihan dan kekurangannya.

Teknik constructing digunakan sebagai alternatif untuk menggantikan teknik konvensional dalam membangun bangunan modern. Dalam membangun bangunan modern, alat dan teknik konvensional seperti batu bata atau beton tidak cukup effisien lagi. Teknik constructing dirancang guna meningkatkan effisiensi dan kecepatan dalam membangun, sambil menghasilkan bangunan yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.

Teknik ini bertujuan untuk mempercepat waktu konstruksi tanpa meninggalkan aspek keramahan lingkungan, kualitas bahan-bahan, dan penghematan biaya bahan material.

Apa itu Teknik Constructing?

Teknik Constructing adalah teknologi konstruksi yang menggunakan metode pembangunan dengan modular, yaitu pembangunan bangunan dengan menggunakan unit-unit atau bagian yang telah diproduksi sebelumnya dalam skala besar, dan dipasang di tempat pembangunan. Teknik ini meminimalkan penggunaan bahan-bahan konstruksi konvensional seperti batu bata atau kayu, dan digantikan oleh bagian-bagian yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Cara Kerja Teknik Constructing

Di dalam teknik constructing, proses pembuatan struktur bangunan dilakukan dengan menggabungkan unit-unit modular yang telah diproduksi sebelumnya. Unit-unit ini bisa berupa panel dinding, lantai, plafon, dan bagian penutup lainnya. Petugas konstruksi hanya perlu menyambungkan unit-unit ini menjadi kesatuan bangunan.

Sebelum unit-unit modular dipasang, dapat menjadi proses persiapan terlebih dahulu mulai dari desain bangunan hingga siap pakai hingga mendapatkan beberapa keuntungan :

  1. Waktu yang dibutuhkan untuk tahap pembangunan sangat singkat karena beberapa elemen bangunan telah diproduksi di pabrik dan hanya perlu dipasang di lapangan.
  2. Tipe unit yang digunakan mudah diduplikasi dan memudahkan proses manufaktur.
  3. Penghematan biaya karena dibutuhkan sedikit tenaga kerja dan waktu kerja yang lebih singkat.
  4. Memudahkan transportasi dan logistik karena semua elemen bangunan dapat dikirimkan dalam bentuk yang dirakit.

Kelebihan Teknik Constructing

Teknik constructing mempunyai banyak kelebihan antara lain:

  1. Waktu Konstruksi yang lebih singkat
  2. Teknik ini memungkinkan konstruksi bangunan menjadi lebih cepat. Anda hanya perlu menyambungkan sejumlah elemen yang lebih kecil, tanpa mengubah struktur bangunan.

  3. Meningkatkan efisiensi
  4. Dalam teknik ini, konstruksi dilakukan menggunakan simbol-simbol dasar yang mudah dikombinasikan. Yaitu dengan menggunakan modul, perakitan, dan pengukuran yang lebih mudah. Hal ini mengurangi kesalahan dalam konstruksi, meningkatkan efisiensi dengan mengurangi kegiatan pembongkaran dan pengupasan sekaligus mengurangi waktu pembangunan.

  5. Biaya yang lebih hemat
  6. Teknik ini memungkinkan anda untuk menghemat lebih banyak biaya yang biasanya ditemukan dalam konstruksi bangunan tradisional. Karena kemajuan teknologi, konstruksi dapat disederhanakan, dan biaya dapat dikurangi melalui peningkatan produktivitas.

  7. Mengurangi dampak lingkungan
  8. Teknik constructing sangat ramah lingkungan. Alat dan teknik konvensional dalam pembangunan bangunan biasanya melibatkan banyak jumlah limbah, penggalian dan deforestasi alam yang signifikan. Dalam teknik constructing, minimasi kegiatan pembongkaran dan pengupasan, penggunaan bahan-bahan daur ulang, serta penggunaan teknologi hemat energi membuat teknik ini sangat diperlukan untuk meminimalkan dampak lingkungan dibandingkan dengan konvensional.

  9. Dapat Digunakan untuk Pembangunan Tanah Tinggi
  10. Teknik ini sangat cocok untuk pembangunan di daerah yang tidak mudah dijangkau oleh alat berat dan daerah yang terletak di atas permukaan tanah tinggi.

  11. Kualitas bangunan lebih baik dan tahan lama
  12. Modul ini diproduksi dalam kondisi yang ideal dan dilakukan di mana kualitas kontrol pada bagian produksi sangat kuat.

Kekurangan Teknik Constructing

Teknik Constructing memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Tidak cocok untuk area dengan pencahayaan natural yang sedikit
  2. Jika lokasi pembangunan membutuhkan banyak cahaya alami, teknik constructing bisa menjadi kurang cocok atau memerlukan penyesuaian lebih lanjut seperti menggunakan fasad berbahan kaca untuk mengoptimalkan sinar matahari.

  3. Memerlukan teknologi modern
  4. Dalam teknik constructing, penggunaan teknologi canggih untuk menghasilkan dan memproduksi modul bangunan sangat penting. Karena teknologi yang maju, teknik ini lebih terampil dengan pemakaian teknologi informasi, dan perangkat lunak yang memadai. Hal ini memerlukan investasi awal yang besar.

  5. Tidak cocok di area dengan cuaca ekstrim
  6. Jika lokasi pembangunan tergolong cuaca ekstrim seperti yang sering terjadi di daerah tropis dan sub-tropis maka teknik constructing bukanlah pilihan yang baik.

  7. Tidak cocok untuk bangunan yang berukuran kecil
  8. Meskipun teknik constructing membantu dalam menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam konstruksi bangunan, teknik ini kurang optimal jika digunakan untuk membangun bangunan dengan ukuran kecil atau rumah individu. Hal ini karena konsep modular mengharuskan pembangunan dalam skala besar agar lebih effisien.

  9. Tidak cocok untuk bangunan dengan desain kompleks
  10. Dalam teknik ini, desain modular harus sederhana dan baik. Bangunan dengan desain yang terlalu kompleks dapat membuat proses produksi menjadi lebih mudah rusak dan susah disesuaikan.

Informasi Lengkap tentang Teknik Constructing

NamaTeknik Constructing
KategoriKonstruksi
TujuanMempercepat waktu konstruksi, meningkatkan efisiensi, menghemat biaya, dan ramah lingkungan
Cara KerjaMenggunakan unit-unit modular yang diproduksi sebelumnya, disambungkan menjadi bangunan di lapangan.
Jenis Bangunan yang cocokPabrik, gedung komersial, rumah susun, dan apartemen
KelebihanWaktu Konstruksi yang lebih singkat, meningkatkan effisiensi, menghemat biaya, meminimalkan dampak lingkungan, bahan yang baik dan tahan lama.
KekuranganTidak cocok untuk area dengan pencahayaan natural yang sedikit, memerlukan teknologi modern, tidak cocok di area dengan cuaca ekstrim serta tidak cocok untuk bangunan yang berukuran kecil.
Negara yang sudah menggunakanTiongkok, Jepang, dan Korea Selatan

Terobosan Teknik Constructing yang Terbaru

Teknik Constructing masih terus mengalami perkembangan, dan beberapa terobosan terbaru sudah berhasil diciptakan di dalam dunia konstruksi, diantaranya adalah:

  1. Modul Khusus untuk Bangunan Skala Besar
  2. Dalam teknik constructing, produksi modul bangunan umumnya hanya mencapai 3 meter, karena terbatas oleh batas pengiriman. Terobosan baru memungkinkan produksi modul bangunan yang lebih besar, sehingga dapat digunakan untuk pembangunan bangunan skala besar.

  3. Lebih ramah lingkungan
  4. Terobosan baru menciptakan teknologi panel yang sudah dikembangkan dengan menggunakan bahan konstruksi ramah lingkungan, menggunakan bahan daur ulang seperti bahan karbon-kalsium dan baja.

  5. Perangkat lunak perencanaan bangunan 
  6. Dalam teknik Constructing, pembuatan bangunan terjadi di dalam pabrik dan seterusnya dipasang ke lokasi pembangunan. Terobosan baru menciptakan perangkat lunak yang memudahkan dalam pengelolaan dan pengerjaan produksi di pabrik.

FAQ Tentang Teknik Constructing

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun bangunan menggunakan teknik constructing? 

A: Waktu yang dibutuhkan untuk membangun bangunan dengan teknik constructing biasanya lebih cepat dari teknik bangunan konvensional. Durasi konstruksi tergantung pada skala dan kompleksitas bangunan itu sendiri, tetapi bisa disingkat hingga 30-50% dari waktu yang diperlukan saat bangunan dibangun menggunakan teknik konvensional.

Q: Bisakah saya menggunakan teknik constructing untuk membangun rumah individu? 

A: Teknik constructing tidak terlalu optimal digunakan untuk membangun rumah individu. Kurang mendukung penghematan biaya dan biasanya bisa lebih mahal daripada menggunakan teknik bangunan konvensional.

Q: Berapa biaya konstruksi dengan teknik constructing? 

A: Biaya konstruksi dengan teknik constructing umumnya lebih murah daripada penggunaan teknik bangunan konvensional. Teknik ini memungkinkan Anda menghemat waktu dan mengoptimalkan pemanfaatan bahan-bahan konstruksi.

Q: Adakah jenis bangunan tertentu yang lebih cocok menggunakan teknik constructing? 

A: Teknik Constructing terutama cocok untuk bangunan skala besar seperti gedung kantor, hotel, atau apartemen. Hal ini disebabkan oleh skala dan konstruksi modular yang optimal, yang memungkinkan produksi massal unit bangunan.

Q: Bagaimana cara mempertahankan kualitas bangunan jika menggunakan teknik constructing? 

A: Kualitas bangunan tergantung pada bahan dan desain yang digunakan. Ada beberapa material berkualitas yang digunakan dalam konstruksi modular seperti beton, panel prefabrikasi, kaleng, atau baja. Pastikan bahwa bahan bangunan yang digunakan cukup kuat, bertahan lama, dan ramah lingkungan.

Q: Dapatkah teknik constructing mengurangi dampak lingkungan dari konstruksi bangunan? 

A: Teknik Constructing dirancang untuk mengurangi dampak lingkungan dari konstruksi bangunan. Teknik ini memungkinkan kerusakan alam yang minimal, karena konstruksi dilakukan di dalam pabrik, dan mengurangi pembakaran kayu atau gas alam.

Q: Apa yang membedakan teknik constructing dengan teknik konstruksi lainnya? 

A: Teknik Constructing dirancang untuk menghadirkan kualitas, ketahanan, dan kemudahan pemeliharaan bangunan yang optimal, dengan waktu konstruksi yang lebih pendek dan biaya produksi lebih murah. Teknik ini memberdayakan produksi modular dengan unit-unit yang sudah diproduksi sebelumnya, yang kemudian dipasang dalam bangunan utuh. Teknik ini sangat meningkatkan effisiensi dan signifikan mengurangi dampak lingkungan dari konstruksi bangunan.

Q: Dapatkah teknik constructing mengurangi dampak lingkungan dari konstruksi bangunan? 

A: Teknik Constructing dirancang untuk mengurangi dampak lingkungan dari konstruksi bangunan. Teknik ini memungkinkan kerusakan alam yang minimal, karena konstruksi dilakukan di dalam pabrik, dan mengurangi pembakaran kayu atau gas alam.

Q: Apa saja yang harus dipertimbangkan saat memilih teknik constructing? 

A: Hal yang harus dipertimbangkan saat memilih teknik constructing adalah: bagaimana ukuran atau skala bangunan, jenis bangunan yang akan dibangun, cuaca di daerah pembangunan, dan mana yang lebih murah atau mudah dibuat antara teknik constructing atau teknik bangunan tradisional.

Q: Bagaimana teknik constructing mengurangi waktu dan biaya produksi? 

A: Teknik Constructing mengurangi waktu dan biaya produksi bangunan dengan menggunakan modul yang diproduksi sebelumnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghemat waktu dan biaya produksi elemen, karena memungkinkan ada lebih banyak penggunaan unit standar dalam produksi, yang menc

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan