KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Akhir-akhir ini saya merasa ada perubahan pada kulit wajah saya yang tampak lebih gelap dari biasanya. Penggelapan kulit ini terjadi ketika saya mulai rutin untuk berenang di akhir pekan.

Meski awalnya saya begitu kesal mendapati wajah yang menjadi lebih gelap dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, kini saya lebih bisa memakluminya. Terutama setelah mengetahui mengapa saya tetap mengalami penggelapan kulit padahal sudah mengaplikasikan sunscreen sebelum berenang.

Jadi ternyata, skincare yang penting digunakan sebelum dan setelah selesai berenang tak hanya sunscreen saja, tapi juga pelembab. Selama berenang, kandungan klorin dalam kolam renang dapat mengganggu skin barrier dengan menarik minyak alami yang dapat melembabkan sekaligus berfungsi sebagai perlindungan bagi kulit.

Tak heran, setelah berenang cukup lama dan akhirnya keluar dari kolam, saya akan merasa wajah sangat kering. Tapi, dari sinilah peran pelembab muncul. Mengaplikasikan pelembab sebelum dan setelah berenang akan membantu memperlambat gangguan klorin terhadap skin barrier tersebut.

Kebetulan, saya diberi kesempatan untuk mengulas pelembab dari brand PIXY yang memiliki spesifikasi cocok untuk masalah kulit kusam yang saya alami. Produk yang dimaksud adalah PIXY White Aqua Brightening Moisturizer. Sudah tak asing dengan namanya? Yuk, cari tahu apakah produk ini dapat mengatasi permasalahan kulit kusam saya atau tidak.

Tentang Produk

Brightening Moisturizer merupakan salah satu produk dalam White Aqua series dari PIXY. Series ini menawarkan manfaat mengatasi kulit lelah, kering dan kusam. PIXY juga dengan berani mengatakan bahwa series White Aqua akan menjadikan kulit penggunanya tampak sehat berseri meski tanpa menggunakan makeup.

White Aqua sendiri diperkenalkan oleh PIXY pada tahun 2018 dan mengalami rebranding mengikuti arus #PIXYColoReinvention tahun 2020 dengan menghadirkan formulasi dan kemasan terbaru. Tentu saja produk pelembab pada series White Aqua yaitu Gel Cream dan Night Cream juga mengalami pembaharuan.

Benar, White Aqua Brightening Moisturizer merupakan pembaharuan dari White Aqua Gel Cream. Sementara White Aqua Night Cream digantikan oleh White Aqua Brightening Sleeping Mask.

Klaim dan Benefit

Pelembab dengan formula waterbased dari PIXY ini disebut-sebut dapat melembabkan dan menyegarkan kulit yang lelah dengan kandungan Hydra Active di dalamnya. Tak hanya itu, SPF 30 & PA+++ juga ikut melengkapi manfaat yang ditawarkan pelembab ini untuk melindungi kulit baik dari sinar UVB maupun UVA. PIXY juga mengklaim bahwa produk ini memiliki 0% kandungan alkohol.

Natural Whitening Complex yang merupakan perpaduan dari Yam Bean Extract, vitamin C, vitamin E dan peony extract dalam formulasinya dapat membantu mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam, mencegah pembentukan melanin serta sebagai sumber antioksidan. Dan karena waterbased, produk ini dapat memberikan sensasi dingin dan segar, tidak lengket serta tidak berminyak ketika digunakan.

Cara Pemakaian

Produk ini dapat digunakan sebagai pelembab harian dan biasanya diaplikasikan pada pagi hari setelah mencuci wajah dan sebelum menggunakan makeup. Cara pakainya adalah dengan mengambil produk secukupnya menggunakan jari tangan yang bersih, kemudian dioleskan secara merata pada wajah dan leher. Tunggu hingga produk menyerap dan mengering. Selesai, deh!

Bila pada siang hari wajah mulai terasa lelah, kamu dapat mengaplikasikan kembali produk ini untuk menjadikan wajah segar kembali. Tapi PIXY merekomendasikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan produk ini kembali.

Kemasan

Ciri khas yang tak pernah luntur dari PIXY White Aqua Series baik pada versi lama maupun versi baru adalah nuansa air yang kuat dan menyegarkan. Series ini sangat menegaskan kemampuan hidrasi yang ditawarkan oleh tiap produknya bahkan hanya dengan melihat kemasan luarnya saja.

PIXY White Aqua Brightening Moisturizer sendiri hadir dalam desain box luar berwarna biru muda dan abu yang minimalis dengan gambaran gelembung-gelembung kecil air pada salah satu bagian sisi box.

Tak jauh berbeda dengan bagian luar, jar plastik tempat pelembab ditampung juga mempertahankan warna abu-abu yang cenderung silver serta warna biru muda. Bedanya, bagian jar ini tidak diberi tambahan gambar gelembung air apapun. PIXY membiarkan desain jar ini sangat simple, namun tetap menarik perhatian.

PIXY White Aqua Brightening Moisturizer yang saya ulas kali ini hanya berukuran 18 g. Cukup travel-friendly karena tidak terlalu besar. Meski begitu, PIXY tetap memperlakukan pelembab ini dengan sangat baik karena terdapat sekat pemisah antara pelembab dengan bagian cap ulir. Sekat ini menjadikan produk menjadi lebih higienis.

Ingredients

Full Ingredients

Water, Ethylhexyl methoxycinnamate, Butylene Glycol, Propanediol, Pachyrhizus Erosus Seed Extract, Acrylates/C-10-30 Alkyl Acrylates Crosspolymer, Diphenylsiloxy Phenyl Trimethicone, Pentaerythrityl tetraethylhexanoate, Tetraethylhexylglycerin, Propylene Glycol, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Potassium Hydroxide, Disodium EDTA, Polyglyceryl-10 laurate, Tocopheryl Acetate, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Fragrance, Menthol, Magnesium Ascorbyl Phosphate, Paeonia Suffruticosa Root Extract, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Citric Acid.

Key Ingredients

    Ethylhexyl Methoxycinnamate

Karena diklaim memiliki kandungan SPF 32 dan PA+++, PIXY tentu sudah memformulasikan pelembab ini dengan bahan UV filter. Ethylhexyl methoxycinnamate adalah bahan yang dimaksud. Agen tabir surya ini sangat baik dalam melindungi kulit dari UVB. Sayangnya, bahan ini tidak begitu baik dalam melindungi kulit dari UVA.

    Pachyrhizus Erosus Seed Extract

Kalau bicara soal khasiat bengkoang, orang Indonesia sepertinya sudah tau banyak. Ekstrak bengkuang memang sudah lama hadir dan memberikan manfaat terutama dalam mencerahkan kulit. Tapi selain itu, ekstrak bengkuang juga merupakan sumber antioksidan, lho.

    Tocopheryl Acetate

Kandungan vitamin E dalam produk perawatan kulit biasanya menawarkan manfaat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari bahaya lingkungan.

    Aloe Barbadensis Leaf Juice

Selain memiliki kemampuan menyejukkan kulit, ekstrak lidah buaya juga dapat berperan sebagai antioksidan dan memberikan hidrasi bagi kulit.

    Magnesium Ascorbyl Phosphate

Sama seperti vitamin E, vitamin C juga merupakan sumber antioksidan. Bahkan vitamin C dalam bentuk magnesium ascorbyl phosphate juga dapat meningkatkan level hidrasi serta menenangkan kulit. Selain itu, perpaduan antara vitamin C dipadukan vitamin E disebut-sebut dapat memperbaiki tampilan kulit yang tidak merata, lho.

    Paeonia Suffruticosa Root Extract

Kalau ekstrak bahan alami dari akar peony ini mungkin dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Pasalnya, sebuah penelitian tahun 2016 pernah mengungkapkan bahwa ekstrak akar peony dapat mereduksi produksi melanin. Melanin sendiri merupakan pigmen kulit yang menjadi asal mula terjadinya hiperpigmentasi.

Impresi

Sebelum menguji performa produk ini, sebaiknya kita berkenalan dahulu dengan kesan pertama yang ditawarkan PIXY White Aqua Brightening Moisturizer ini. Yuk, cari tahu!

Tekstur