KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Tahun Baru Imlek 2023 tengah dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di dunia. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakannya mulai dari barongsai hingga menghias rumah.

Namun ternyata dalam merayakan Imlek , ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan.Pantangan tersebut umumnya merupakan suatu kebiasaan atau rutinitas yang dilakukan sehari-hari.Berikut 18 pantangan yang dilarang dilakukan saat pada Imlek :

Tentunya tidak ada seseorang yang ingin memulai tahun barunya dengan ‘kemiskinan’ karena itu dianggap sebagai pertanda buruk.Daging juga tidak boleh dimakan untuk sarapan sebagai penghormatan kepada para dewa (Buddha) yang diyakini menentang pembunuhan hewan.4. Dilarang mengucapkan kata-kata negatifSaat Imlek , dilarang mengucapkan kata-kata bermakna negatif seperti hal yang berhubungan dengan mahluk halus, kematian, kemiskinan, penyakit, dan sebagainya.Apabila perlu berbicara tentang topik tersebut, maka kata-kata sensitif tersebut bisa diucapkan dengan eufemisme (penghalusan makna kata). Sebagai contoh, kalimat “ada yang meninggal” bisa diganti dengan “ada yang pergi”.5. Jangan mencuci pakaianDilarang mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua Imlek karena 2 hari tersebut diperingati sebagai hari lahirnya dewa air. Mencuci pakaian dianggap sebagai perbuatan tidak menghormati dewa air.Orang-orang terdahulu percaya bahwa air sebagai simbol kekayaan sehingga membuang air saat mencuci pakaian dianggap membuang kekayaan.

Seseorang yang melakukan itu diyakini akan sulit untuk menjadi kaya. Adapun memotong rambut saat Imlek juga dilarang karena diyakini bisa membawa malapetaka.8. Jangan memberi angpao berjumlah ganjilJangan memberikan uang angpao dalam jumlah ganjil karena orang China menyukai angka genap dengan kepercayaan tradisional bahwa hal baik selalu berlipat ganda.Meski begitu, hindari juga angka sial seperti 4 dan 40 karena 4 terdengar seperti ucapan kematian dalam bahasa China.9. Dilarang memberikan hadiah tertentuJangan memberikan hadiah tertentu, seperti buah pir, jam, dan gunting. Hal itu karena memiliki arti yang buruk dalam budaya China.10. Jangan gunakan gunting atau pisauBilah gunting dianggap bagai bibir tajam saat orang sedang bertengkar. Menggunakan gunting pada hari pertama Imlek diyakini sebagai ajakan untuk bertengkar dengan orang lain pada tahun yang akan datang.Sementara itu, penggunaan pisau harus dihindari karena diyakini bisa mendatangkan celaka. Pisau dianggap mengarah pada hal-hal yang tidak menguntungkan serta menipisnya kekayaan.11. Wanita yang sudah menikah dilarang mudik ke rumah orang tuanyaSaat Hari Raya Imlek , seorang wanita yang sudah menikah tidak diperbolehkan untuk mengunjungi rumah orang tuanya karena dipercaya akan membawa kesialan untuk orang tuanya, seperti kesulitan ekonomi. Mereka baru boleh mengunjungi rumah orang tuanya pada hari kedua Tahun Baru Imlek .