Pernahkah kamu merasakan busi mobil cepat mati padahal baru saja diganti dengan busi yang baru? Hal tersebut bisa jadi tanda bahwa mesin mobil bermasalah. Segera cari tahu apa penyebab busi mobil cepat mati dan bagaimana mengatasinya. 

Busi mobil memiliki peran yang cukup krusial yakni sebagai pemercik api yang dibutuhkan pada proses pembakaran. 

Tak heran bila busi mobil mengalami kerusakan maka berpotensi membuat sistem mesin mobil secara keseluruhan ikut terganggu fungsinya.

Agar fungsi busi mobil bekerja dengan baik, ketahui penyebab busi cepat mati pada mobil dan cara mengatasinya dalam artikel berikut ini. 

Penyebab busi mobil cepat mati

Ada lima faktor penyebab busi mobil cepat mati sehingga sulit melakukan tugasnya dalam memberikan percikan api untuk proses pembakaran.

1. Busi mobil terhalang oleh oli mobil

Penyebab busi cepat mati yang pertama adalah karena oli mobil masuk ke ruang mesin mobil dan menutupi busi mobil untuk memercikkan api dengan sempurna. Dampaknya adalah aliran listrik jadi terganggu dan berpotensi merusak komponen mobil lain seperti power transistor atau koil.

Pemicu terjadinya ruang mesin bahas terendam oli mobil adalah dinding silinder mesin yang sudah keausan yang membuat ring oli sulit mencegah oli masuk ke dalam ruang mesin. 

Gejala ruang mesin yang basah terkena oli mobil ini ditandai dengan keluarnya asap pada knalpot mobil berwarna putih kebiru-biruan dan tercium aroma oli mesin yang terbakar.

2. Konsleting di jalur pengapian

Penyebab busi sering mati selanjutnya adalah karena telah terjadi konsleting pada jalur pengapian busi mobil. Sumber terjadinya konsleting ini ada pada kabel busi yang memiliki karet pelindung luar. 

Bila karet tersebut sobek atau bocor maka arus listrik akan turut bocor dari sistem jalur pengapian tersebut.

Selain menjadi pemicu dan penyebab busi mobil cepat mati, kebocoran arus listrik ini juga bisa menyambar komponen lain seperti koil, CDI dan komponen lain yang ada pada body mesin. 

Sebelum mengganti busi mobil, kamu perlu memeriksa sistem jalur pengapian busi mobil untuk meminimalisir terjadinya kebocoran arus listrik.

3. Kelebihan bahan bakar di ruang mesin

Selain oli yang memenuhi ruang mesin, penyebab busi mobil cepat mati lainnya adalah karena banyaknya bahan bakar yang masuk ke dalam ruang mesin yang membuat permukaan busi sering basah dan karburator terendam bahan bakar. 

Ruang mesin yang penuh bahan bakar ini akan sulit menciptakan percikan api saat mesin mobil dihidupkan. 

Umumnya, hal ini terjadi pada mobil yang dibekali mesin karburator. Bahan bakar berlebih yang masuk ke ruang mesin bila didiamkan begitu lama maka akan menjadi lembap dan kotor.

Daya isapan mesin jadi kurang terkontrol karena piston yang bergerak dari TMA menuju TMB akan menghisap bahan bakar dan udara.

Kendati demikian, mobil yang dibekali sistem mesin EFI atau injektor juga bisa berpotensi terjadi hal demikian namun tidak semua mesin EFI. Biasanya, hal ini terjadi lantaran sistem injektor mobil telah kotor dan bensin yang disemprotkan bukan berupa kabut spray.

4. Kerak menempel pada busi sehingga terjadi ketidaklancaran proses pembakaran

Pentingnya menggunakan bahan bakar berkualitas terbaik atau bahan bakar yang telah direkomendasikan oleh pabrik mobil melalui manual book-nya tak terelakkan lagi. 

Pasalnya, saat kamu menggunakan bahan bakar yang tak sesuai aturan tersebut, maka bisa mempengaruhi kelancaran kerja busi mobil. 

Terlebih bila ada ketidakseimbangan perbandingan antara bensin dan udara. Yang terjadi justru mesin mobil hanya memproduksi karbon yang banyak

Nantinya, sisa karbon tersebut justru akan menumpuk, mengendap dan menempel di busi. Lama-kelamaan sisa karbon akan menjadi kotoran yang berkerak dan mengganggu proses pengapian yang dibutuhkan ruang pembakaran mesin. 

Bukan hanya sisa karbon saja melainkan ada banyak kotoran lain yang menempel dan berubah jadi kerak pada busi mobil yang akan mengganggu sistem operasional busi mobil di dalam ruang pembakaran.

5. Bagaimana kualitas busi mobil?

Untuk mengetahui penyebab busi mobil cepat mati yang terakhir adalah dengan menjawab pertanyaan di atas. Bagaimana kualitas busi mobil kamu? 

Apakah kualitas busi mobil terjamin bagus atau kamu dan bengkel mobil pinggir jalan yang mengklaim bahwa kualitas busi mobil tersebut bagus?

Apabila tidak ada oli mobil dan bensin pada ruang mesin atau tidak terjadi konsleting pada jalur pengapian, maka satu-satunya yang menjadi penyebab busi mobil cepat mati adalah kualitas busi mobil yang kamu gunakan. 

Busi berkualitas rendah berpotensi menciptakan kerusakan pada komponen mobil lainnya. Sementara itu, bila kamu membeli atau mengganti busi mobil di bengkel resmi maka sudah terjamin busi mobil yang kamu gunakan original dan berkualitas terbaik.

Cara mengatasi busi mobil cepat mati

Untuk memperbaiki busi mobil yang cepat mati, kamu perlu mengetahui terlebih dulu penyebab busi mobil cepat mati. 

Masing-masing penyebab busi cepat mati tersebut ditangani dengan pendekatan yang berbeda-beda sehingga kamu perlu mendeteksi terlebih dulu dari mana penyebab busi sering mati.

Bila penyebab busi mobil cepat mati adalah karena terjadi kebocoran pada busi mobil sehingga banyak bahan bakar mengendap di ruang mesin maka kamu perlu membersihkannya menggunakan teknik tune up.

Sedangkan bila sumber pemicu busi mobil cepat mati adalah banyaknya oli yang tergenang di ruang mesin maka kamu perlu melakukan turun mesin karena ring mesin sudah haus sehingga sulit mengontrol oli mobil untuk tidak masuk ke ruang mesin pembakaran.

Sama halnya dengan membersihkan busi mobil akibat adanya kebocoran bahan bakar, untuk memperbaiki permasalahan busi mobil karena proses pembakaran yang tidak sempurna yang diakibatkan kerak pada busi mobil menggunakan teknik servis tune up.

Kerak ini merupakan akumulasi dari banyaknya kotoran yang masuk dan mengendap di busi mobil dalam waktu yang cukup lama sehingga berubah menjadi kerak dan berpotensi menghalangi kerja busi mobil. 

Lalu, lakukan penyetelan ulang sistem pembakaran menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dan mengikis karbon dalam busi.

Tips merawat busi mobil agar awet 

Walaupun terlihat mudah menangani busi mobil yang cepat mati setelah mengetahui penyebab busi sering mati dan cara memperbaikinya, kamu tetap perlu melakukan tindak pencegahan agar hal yang sama tidak terjadi lagi.

Kamu bisa menghindari kerusakan pada busi dan merawat busi agar busi awet dan tak mudah rusak. Berikut ini tips merawat busi mobil biar awet, di antaranya sebagai berikut:

  • Rutin melakukan pemeriksaan pada kondisi fisik mobil untuk mengetahui kondisi terbaru busi mobil. Caranya dengan amplas busi mobil secara perlahan. Bila secara fisik busi terlihat seperti gosong setelah diamplas, maka segera ganti dengan yang baru.
  • Rutin membersihkan busi mobil yang kotor.
  • Setel jarak elektroda dengan ukuran yang ideal, biasanya 0,6 sampai 0,8 mm. Penyetelan jarak elektroda menggunakan obeng minus atau besih pipih. Tujuannya agar pada saat mesin mobil dihidupkan, maka percikan api yang dibutuhkan berada di angkat yang sesuai.
  • Perhatikan cara memasang busi. Sebaiknya memasang busi menggunakan tangan lebih dulu lalu baru mengencangkan busi menggunakan kunci khusus busi. Disarankan untuk tidak memasang busi mobil menggunakan tang karena akan merusak busi.
  • Sebelum menggunakan mobil, sebaiknya panaskan mesin mobil di pagi hari atau pada saat mesin mobil bersuhu dingin.
  • Lakukan pemeriksaan busi mobil saat mobil baru saja melintasi wilayah yang sedang turun hujan. Meskipun busi mobil didesain agar tersimpan dengan baik dan terlindungi, tetapi busi mobil masih berpotensi basah atau lembab. Bila terjadi segera bersihkan atau keringkan menggunakan air bersih atau kain yang halus agar tidak menetes ke bagian busi.
  • Bila sudah memasuki waktu mengganti busi mobil yang lama dengan yang baru, sebaiknya pilih busi mobil berkualitas terbaik dan terjamin originalitasnya. Kamu akan mudah mendapatkan busi baru berkualitas terbaik di bengkel mobil resmi.
  • Rutin melakukan servis mobil, khususnya servis mesin mobil untuk memeriksa kondisi busi terkini. Jadi, bila ada masalah pada busi akan segera terdeteksi penyebabnya sejak dini.

Tips dari Lifepal! Untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya kerusakan pada busi mobil, sebaiknya ganti dan gunakan busi mobil original yang memiliki kualitas terbaik. Kamu bisa mendapatkan busi mobil original hanya di bengkel mobil resmi.

Walaupun begitu, tak dipungkiri bahwa ada banyak bengkel mobil di pinggir jalan yang mengklaim bahwa mereka menjual busi mobil berkualitas terbaik dan original. 

Akan tetapi, untuk memberikan proteksi terhadap mobil alangkah baiknya untuk melakukan servis mobil dan mengganti komponen mobil di bengkel mobil resmi yang telah terjamin pengalaman teknisinya dan spare part yang digunakan original.

Manfaatkan asuransi mobil untuk meng-cover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa meng-cover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar penyebab busi mobil cepat mati 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.