KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Apple baru saja meluncurkan iPhone 14 series di pasar yang hadir dalam empat varian dan berbagai macam fitur terbarunya.

Sayangnya, pasokan iPhone 14 series bakal makin langka di pasar dan berdampak kepada harga jualnya.

CEO Apple Tim Cook mengungkapkan pasokan iPhone 14 series tidak akan bisa memenuhi permintaan konsumen khususnya di musim belanja liburan pada akhir tahun karena kondisi ekonomi yang semakin sulit.

“Banyak orang saat ini sedang berjuang untuk bisa bertahan hidup. Kita sekarang masih hidup dengan melewati masa-masa yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Cook saat laporan pendapatan perusahaan, dikutip dari CNET.

Apple mengatakan penjualan lini iPhone 14 naik menjadi 42,6 miliar Dolar AS atau Rp 662 triliun, naik 10 persen dari 38,9 miliar Dolar AS (Rp 605 triliun) di waktu yang sama pada tahun lalu.

Pengakuan Apple itu mengakui kondisi dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja karena krisis inflasi ekonomi, masalah pandemi Covid-19 dan kondisi geopolitik dunia seperti perang Rusia vs Ukraina.

Tak hanya Apple, perusahaan teknologi lain yang turut berdampak masalah ekonomi global yakni Google Alphabet, Meta, hingga Amazon. Di sisi lain, analis mengatakan kalau saat ini konsumen lebih banyak tertarik pada model iPhone 14 Pro yang nyatanya terkendala pasokan.

Berbeda dari model iPhone 14 yang justru memiliki permintaan rendah.

“Kami khawatir tentang pertumbuhan unit iPhone di tengah siklus penggantian yang memanjang setelah dua tahun penjualan yang kuat, khususnya di China,” ucap Analis dari Bernstein Research, Toni Sacconaghi.

Tidak semua varian iPhone 14 laku terjual di pasar. Baru-baru ini Apple mengurangi produksi iPhone 14 Plus karena kurang laku di pasaran.

Bahkan, ada informasi beredar Apple telah menghentikan varian itu dan mengkaji ulang proyeksi permintaannya.

Apple sudah sampai menghubungi satu mitra perakitan iPhone dan meminta segera menghentikan produksi iPhone 14 Plus. Apple juga mengontak dua pemasok komponen untuk mengurangi hingga 90 persen produksi.

Sebaliknya, satu pemasok iPhone sudah diminta untuk mempercepat produksi komponen iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max seperti dikutip GSM Arena.

Tidak ada komentar resmi dari Apple tentang isi laporan suram dari penjualan perangkat iphone terbaru non pro yang seharga $899 atau sekitar Rp 14 juta itu.

Model ini sejatinya diharapkan mampu lebih baik daripada model iPhone mini yang digantikannya.

Kapan Hadir di Indonesia?

Akhirnya, Apple iPhone 14 series sudah tayang di situs resmi Apple Indonesia lengkap dengan spesifikasi dan fitur-fitur utama. Hal itu menandakan iPhone 14 Series segera meluncur di Indonesia.

Nantinya, ada empat varian iPhone 14 series yang akan meluncur yaitu iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Ketika Anda membuka situs Apple Indonesia, maka Anda akan melihat iPhone 14 Pro dengan ciri khas Dynamic Island-nya, lengkap dengan tulisan “iPhone 14 Pro.

Semakin Pro”. Di bawahnya, Anda bisa melihat gambar perangkat iPhone 14 reguler dan iPhone 14 Plus dengan keterangan “Besar dan lebih besar”.

Apple Indonesia sendiri masih merahasiakan harga dan juga tanggal peluncuran lini iPhone 14 Series di Indonesia. Di halaman itu hanya tertulis “cek kembali untuk informasi ketersediaan”.

Lolos TKDN

Akhirnya, yang ditunggu-tunggu datang juga. iPhone 14 series tampaknya akan segera meluncur di Indonesia, mengingat HP flagship itu telah lolos situs setifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Sertifikasi TKDN adalah syarat wajib setiap perangkat elektronik masuk ke Indonesia. Apabila sudah terdaftar di TKDN Kemenperin, artinya peluncuran perangkat tidak akan lama lagi.

PT. Apple Indonesia mendaftarkan empat perangkat iPhone terbaru di laman tersebut dan semua perangkat itu telah lulus uji TKDN dengan nilai 35 persen, dan terdaftar dalam satu sertifikat dengan nomor 4615/SJ-IND.8/TKDN/9/2022.

Keempat perangkat iPhone tersebut masing-masing memiliki nomor model “A2882” yang merupakan iPhone 14, “A2886” yang merupakan iPhone 14 Plus, “A2890” yang merupakan iPhone 14 Pro, dan “A2894” yang merupakan iPhone 14 Pro Max.

Apabila mengacu peluncuran iPhone 13 Series di Indonesia tahun lalu, jeda antara peluncuran global dengan Indonesia adalah sekitar dua bulan.

Kemungkinan besar iPhone 14 Series bakal diluncurkan di Indonesia pada November 2022 mendatang. Apple sendiri resmi meluncurkan iPhone 14 series di dunia pada September 2022.

Bocoran Spesifikasi

Uniknya, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max tidak lagi menggunakan poni atau notch di layar depan tetapi ada sebuah punch hole mirip kapsul.

Bukan sembarang punch hole, punch hole itu memiliki fungsi interaktif yang diberi nama Dynamic Island. Fungsinya, notifikasi atau kontrol interaktif akan tayang di sekitar punch hole layar iPhone 14 Pro.

iPhone 14 Pro mengusung layar OLED LTPO 6,1 inci. Sedangkan, iPhone 14 Pro Max memiliki layar 6,7 inci. Kedua layarnya memiliki tingkat kecerahan 2000 nits yang diklaim dua kali lebih terang dibandingkan iPhone 13 Pro. Apple juga menggunakan Ceramic Shield pada layar depan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Sebagaimana bocoran yang beredar, Apple menyemat pertama kali fitur Always-On Display pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Fitur itu akan menampilkan notifikasi aplikasi secara sekilas.

Apple menyemat chipset terbarunya A16 Bionic ke dalam iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Untuk kali pertama, iPhone 14 Pro series menggunakan kamera utama 48MP dengan sensor quad-pixel. Berbekal kemampuan ini, hasil foto yang dihasilkan dalam kondisi low-light tetap mampu tampil prima.

Melengkapi kamera utama, ada kamera ultra wide 12MP dengan ukuran 1.4 µm dan lensa telephoto yang mendukung 3x optical zoom. iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max tersedia dalam empat pilihan warna, yakni deep black, silver, gold, dan deep purple.

Harga iPhone 14 Pro dibanderol mulai dari USD 999 atau sekitar Rp 14,8 juta. Sementara harga iPhone 14 Pro Max adalah USD 1.099 atau sekitar Rp 16,4 juta.

Spesifikasi iPhone 14 Series

Apple resmi meluncurkan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus yang menawarkan spesifikasi menggoda. iPhone 14 hadir mengusung layar OLED 6,1 inch dan iPhone 14 Plus mengusung layar OLED 6,7 inch.

Keduanya menggunakan lapisan pelindung ceramic shield dan mendukung Dolby Vision. Sesuai bocoran yang beredar sebelumnya, iPhone 14 dan 14 Plus mengusung chipset Apple A15 Bionic yang telah mendapatkan peningkatan dibanding chipset sebelumnya berupa enam inti CPU yang terdiri dua inti untuk performa tinggi dan empat inti efisiensi dan neural engine.

Apple mengklaim kehadiran A15 Bionic terbaru itu membuat iPhone 14 dan 14 Plus lebih kencang dari HP yang ada di pasaran saat ini. Untuk fotografi, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus memiliki kamera 12 MP dengan sensor 1.9 mikron dan 1,5 aperture, lengkap dengan fitur pencegah goncangan OIS. Hasilnya iPhone 14 punya peningkatan 49 persen di kondisi low light dari pendahulunya.

Di bagian depan, Apple menyematkan kamera 12 MP dengan sensor TrueDepth baru dengan aperture f/1.9 dan autofokus. Apple mulai membuka preorder pada 9 September. iPhone 14 mulai dijual 16 September, sedangkan iPhone 14 Plus baru tersedia 7 Oktober.

Kedua HP itu hadir dalam lima varian warna midnight, starlight, blue, purple, and PRODUCT RED. Soal tampilannya masih sama dengan iPhone 13. Harga iPhone 14 masih USD 799 atau Rp 11,9 juta. Sedangkan iPhone 14 Plus harganya USD 899 atau Rp 13,4 juta.