Beasiswa Teladan 2024 Kesempatan Emas untuk Mahasiswa S1

Beasiswa bisa menjadi salah satu solusi bagi para mahasiswa yang memiliki potensi tinggi namun terbatas secara finansial. Program Beasiswa Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan atau Beasiswa Teladan 2024 dari Tanoto Foundation kini bisa didaftarkan oleh mahasiswa S1. Ingin tahu lebih lanjut? Mari kita eksplorasi lebih dalam.

Mengenal Beasiswa Teladan 2024

Beasiswa Teladan merupakan program unggulan yang ditawarkan oleh Tanoto Foundation. Program ini tidak hanya memberikan bantuan biaya kuliah, tetapi juga memberikan berbagai dukungan lainnya yang sangat berharga bagi para mahasiswa yang beruntung mendapatkannya.

Bacaan Lainnya

1. Dukungan Pengembangan Kepemimpinan

Salah satu hal yang membuat Beasiswa Teladan begitu istimewa adalah dukungan pengembangan kepemimpinan yang ditawarkan. Mahasiswa terpilih akan dibekali dengan pengetahuan kepemimpinan yang didesain secara terstruktur dan berkelanjutan dalam 3 tahapan. Tahapan ini mencakup pembelajaran berbasis proyek, persiapan pengembangan karier, dan kesempatan untuk berkontribusi kembali untuk masyarakat.

2. Lingkaran Pengembangan Teladan

Para penerima Beasiswa Tanoto juga akan memperoleh bantuan untuk berpartisipasi dalam program pengayaan yang dikenal sebagai Lingkaran Pengembangan TELADAN. Program ini mencakup beberapa inisiatif seperti Tanoto Scholars Association (TSA), Pay It Forward Initiative, Tanoto Scholars Gathering (TSG), Tanoto Student Research Award (TSRA), Internship, Sponsorship, dan Global Experiences Program.

3. Dukungan Biaya Kuliah dan Tunjangan Hidup

Selama menjadi penerima Beasiswa Teladan, biaya kuliah penuh akan diurus langsung oleh Tanoto Foundation ke perguruan tinggi mitra. Selanjutnya, tunjangan bulanan untuk biaya hidup juga akan diberikan dan ditransfer langsung kepada para penerima Beasiswa Tanoto.

4. Jaringan Alumni yang Luas

Setelah menyelesaikan pendidikan, para penerima Beasiswa Tanoto Foundation akan bergabung dengan komunitas alumni yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan dunia. Dalam jaringan ini, selain berinteraksi untuk saling memberikan inspirasi, juga ada rangkaian kegiatan yang berfokus pada pengembangan profesional serta peningkatan kapasitas sesuai dengan tuntutan perkembangan global.

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Teladan

Sekarang, mari kita lihat apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penerima Beasiswa Teladan:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

Calon penerima harus merupakan Warga Negara Indonesia.

2. Terdaftar sebagai Mahasiswa Reguler (S1) Semester Pertama

Calon penerima harus terdaftar sebagai mahasiswa reguler (S1) semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program TELADAN. Perguruan tinggi mitra program ini meliputi beberapa nama besar seperti IPB University, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan lainnya.

3. Berkomitmen untuk Mengikuti Program Pengembangan Kepemimpinan

Calon penerima harus berkomitmen untuk mengikuti Program Pengembangan Kepemimpinan selama masa program Teladan, yang berlangsung dari semester 2 hingga semester 8.

4. Memiliki Potensi Kepemimpinan yang Kuat

Calon penerima harus menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat serta berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan pembangunan bangsa.

5. Kemampuan Berbahasa Indonesia yang Baik

Calon penerima harus mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, sementara kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa internasional lainnya akan menjadi nilai tambah.

6. Prestasi Akademik dan Non-Akademik

Calon penerima harus memiliki prestasi akademik yang solid (minimum nilai rata-rata rapor Kelas XII SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10) dan juga prestasi non-akademik seperti pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya.

7. Tidak Menerima Beasiswa Lain

Calon penerima tidak boleh sedang menerima beasiswa atau mengikuti program dukungan finansial lainnya, dan harus bersedia untuk tidak menerima beasiswa atau program finansial lainnya ataupun program pengembangan kepemimpinan sejenis apabila terpilih dalam program TELADAN.

Baca juga  Peran Fisika dalam Bidang Industri

Tahapan Seleksi dan Tanggal Penting

Jika Anda memenuhi persyaratan di atas, Anda bisa mengikuti tahapan seleksi Beasiswa Teladan 2024. Berikut adalah beberapa tanggal penting yang perlu Anda catat:

  • Pendaftaran: 17 Agustus – 01 Oktober 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 06 – 10 Oktober 2023
  • Seleksi Tahap 1: 12 – 18 Oktober 2023
  • Pengumuman Hasil Tahap 1: 01 – 07 November 2023
  • Seleksi Tahap 2: 13 – 15 November 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 2: 21 – 26 November 2023
  • Seleksi Tahap 3: 04 – 22 Desember 2023
  • Pengumuman Mahasiswa Terpilih: 25 – 31 Januari 2024

Cara Daftar Beasiswa Teladan 2024

Jika Anda ingin mendaftar atau memperoleh informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa Teladan 2024, Anda dapat mengunjungi laman resmi Tanoto Foundation di https://www.tanotofoundation.org/id/teladan-2024/.

Pos terkait