Belgia Pukul Azerbaijan 5-0 | Belgia menyelesaikan perjalanan mereka di kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan kemenangan gemilang 5-0 atas Azerbaijan. Pertandingan yang berlangsung di King Baudouin Stadium pada Senin dini hari (20/11/2023) waktu Indonesia tersebut menjadi panggung kegemilangan bagi striker Belgia, Romelu Lukaku, yang mencetak empat gol.

Pada menit ke-17, Lukaku membuka keunggulan Belgia dengan sundulan tajam setelah menerima umpan silang brilian dari Jeremy Doku. Keadaan semakin sulit bagi Azerbaijan setelah Eddy Israfilov mendapat dua kartu kuning dalam waktu singkat, memaksa wasit mengusirnya pada menit ke-24.

Dengan keunggulan jumlah pemain, Belgia semakin mendominasi permainan. Pada menit ke-26, Lukaku mencetak gol keduanya setelah memanfaatkan kerjasama apik antara Doku dan Timothy Castagne. Lukaku melanjutkan kegemilangannya dengan mencetak hat-trick pada menit ke-30 melalui sundulan akurat dari umpan lambung Wout Faes.

Tak berhenti di situ, Lukaku kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-37. Kali ini, striker asal Roma itu berhasil menuntaskan umpan terobosan Orel Mangala dengan tembakan klinis yang memperdaya kiper Azerbaijan, Shakhrudin Magomedaliyev. Skor 4-0 untuk keunggulan Belgia menutup babak pertama.

Meskipun babak kedua berlangsung, Belgia hanya menambah satu gol lagi melalui aksi Leandro Trossard pada menit ke-90. Trossard berhasil menuntaskan umpan silang dari Doku, mengunci kemenangan 5-0 untuk Belgia.

Dengan tambahan tiga poin ini, Belgia mengakhiri kualifikasi sebagai pemuncak klasemen Grup F dengan total 20 poin, mengungguli Austria yang berada di peringkat kedua dengan 19 poin. Kedua tim ini telah memastikan diri lolos ke Piala Eropa 2024 di Jerman.

Susunan pemain Belgia yang tampil gemilang meliputi Koen Casteels, Wout Faes, Jan Vertonghen, Arthur Theate, Timothy Castagne, Orel Mangala, Aster Vranckx, Jeremy Doku, Johan Bakayoko, Leandro Trossard, dan tentu saja, bintang utama Romelu Lukaku.

Di sisi lain, Azerbaijan yang berjuang keras di lapangan memiliki susunan pemain, antara lain Shakhrudin Magomedaliyev, Elvin Jafarguliyev, Anton Krivotsyuk, Rahil Mammadov, Hojjat Haghverdi, Eddy Israfilov, Tural Bayramov, Aleksey Isayev, Emin Makhmudov, Mahir Emreli, dan Renat Dadashov.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan