KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar wayang wisata istimewa susur desa di 12 desa wisata dalam upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo Joko Mursito di Kulon Progo, Selasa, mengatakan wayang wisata istimewa itu adalah gabungan dari ketoprak atau teater, wayang, musik, tari, dan multimedia.

“Kami memproduksi wayang istimewa yang merupakan salah satu cara menciptakan media promosi yang kreatif, edukatif, sekaligus solutif. Kami mengumpulkan pelaku wisata, kami gabungkan dalam satu kelompok dengan berbagai kemampuan mereka,” kata Joko Mursito.

Ia mengatakan wayang istimewasusur desa ini ada pertunjukan bintang tamu yang mencairkan suasana, dan ada narasumber yang dinaikkan ke panggung.

Narasumber ini ada dari dalang, budayawan, politikus, hingga ahli sejarah.

“Sesungguhnya kami ingin ada masukan terhadap apa yang kami ciptakan secara kolektif ini dari pihak yang berbeda latar belakang dan cara berpikir,” katanya.

Joko Mursito berharap wayang istimewa ini mendekati ideal. Wayang istimewa ini diharapkan menjadi corong media propaganda wisata karena pada Februari 2023 akan digelar ASEAN Tourism Forum atau forum pariwisata yang akan dihadiri presiden dan menteri pariwisata se-ASEAN.

Kandidat lokasinya di Borobudur, Prambanan, dan Keraton Yogyakarta. Kulon Progo sebagai alternatif, karena dipandang memenuhi persyaratan dekat dengan bandara dan Borobudur.

“Berdasarkan koordinasi, kami menawarkan pembukaan atau penutupan bisa di Kulon Progo. Kami menyanggupi mengemas dengan standar yang berlaku,” katanya.

Menurut Joko, wayang istimewa ini satu-satunya yang ada di DIY, dan sudah melalui proses konsultasi dengan dalang, tidak ada nada negatif. Seluruh saran mereka diakomodir.

“Wayang istimewa tidak hanya sebagai media promosi, tapi juga hiburan segar bagi masyarakat,” katanya.

Ia mengklaim antusiasme masyarakat atas wayang istimewa ini sangat luar biasa.”Kami senang lagi, penjual mainan anak banyak sekali, dan laku,” katanya.