kabinetrakyat.com – Samsung diam-diam meluncurkan smartphone menengah baru, Galaxy M54 5G . Ponsel ini di situs resmi Samsung di Levant, wilayah geografis di Timur Tengah yang meliputi Lebanon, Suriah, Yordania, Israel, dan Palestina.

Ponsel ini menjadi ponsel pertama Samsung dengan dukungan eSIM , di luar ponsel flagship-nya. Meski demikian, pilihan kartu SIM fisik juga tetap disediakan.

Sebelumnya, fitur eSIM mulai disediakan Samsung pada HP flagship Galaxy S20 series yang dirilis 2020 lalu. eSIM memungkinkan pengguna terhubung ke operator seluler lain selain dari SIMcard fisik.

Dari segi desain dan spesifikasi, ponsel ini mirip dengan Galaxy A54 5G yang juga baru diluncurkan Samsung beberapa waktu lalu. Namun, ada sejumlah peningkatan yang membuat Samsung Galaxy M54 5G lebih unggul dibanding Galaxy A54 5G.

Pada aspek tampilan misalnya, Samsung Galaxy M54 5G mengadopsi layar Super AMOLED Plus yang lebih luas dengan ukuran 6,7 inci, dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz.

Di bagian tengah atas layar, terdapat lubang punch hole yang memuat kamera selfie dengan resolusi 32 MP (f/2.2).

Beralih ke bagian belakang Galaxy M54 5G, terdapat tiga buah kamera yang disematkan langsung di bagian punggung perangkat.

Ketiga kamera yang disusun secara vertikal ini terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera macro 2 MP (f/2.4).

Sama seperti Galaxy A54 5G, Samsung Galaxy M54 5G juga hadir dengan fitur penunjang fotografi dan videografi.

Di antaranya adalah fitur penstabil gambar optis (OIS) untuk meredam guncangan ketika mengambil foto atau video, dan Object Eraser untuk menghilangkan obyek mengganggu di dalam foto.

Untuk aspek performa, Samsung Galaxy M54 5G ditenagai dengan chipset Exynos 1380 yang memiliki prosesor (CPU) dengan kecepatan clock maksimal hingga 2,4 GHz, sama dengan Galaxy A54 5G.

Komponen chipset ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 256 GB. Jika kapasitas storage kurang, pengguna bisa menggunakan kartu memori microSD hingga 1 TB.

Pada sektor daya, Samsung Galaxy M54 5G ditopang dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat berdaya 25 watt via konektor USB-C.

Secara software, ponsel ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) OneUI 5.1, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Kamis (23/3/2023).

Samsung belum mengumumkan berapa harga Galaxy M54 5G. Kemungkinan akan diungkap dalam waktu dekat. Belum diketahui juga apakah Galaxy M54 5G juga akan dipasarkan di negara lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan