Kebakaran Gunungan Sampah di TPA Sarimukti

Kebakaran Gunungan Sampah di TPA Sarimukti
Kebakaran Gunungan Sampah di TPA Sarimukti

Kebakaran Gunungan Sampah di TPA Sarimukti: Dampak dan Penyebab

Kebakaran Gunungan Sampah di TPA Sarimukti,Dalam sebuah peristiwa yang menghebohkan, gunungan sampah seluas satu hektare di zona IV pembuangan TPA Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, terbakar baru-baru ini. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi satu unit alat berat ekskavator habis terbakar. Dampaknya, operasional pembuangan sampah ke TPA Sarimukti mengalami gangguan serius. Koordinator Pengelolaan Lapangan TPA Sarimukti, Riswanto, menjelaskan bahwa sebelumnya operasional TPA Sarimukti didukung oleh dua ekskavator dan satu unit buldoser, tetapi saat ini hanya satu ekskavator atau beko dan buldoser yang tersisa. Hal ini tentu mengganggu kelancaran operasional.

Kronologi Kebakaran

Peristiwa kebakaran gunungan sampah yang menghanguskan ekskavator di area TPA Sarimukti bermula saat ada titik api yang menyala di zona IV pada Sabtu, 19 Agustus 2023, malam hari. Petugas TPA dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) segera bergerak cepat untuk memadamkan api, dan akhirnya berhasil menjinakkan kobaran api sekitar pukul 01:00 WIB dini hari. Menariknya, lokasi kebakaran terjadi di zona TPA yang tidak sedang digunakan. Petugas berhasil menangani kejadian ini dengan cepat, sehingga api bisa dipadamkan.

Bacaan Lainnya

Namun, kebakaran ini tidak sepenuhnya padam. Pada Minggu pagi, 20 Agustus 2023, gunungan sampah di titik api tersebut tiba-tiba menyala kembali. Petugas lapangan TPA Sarimukti kemudian berupaya memadamkan api dengan cara menerjunkan alat berat untuk membuat parit. Parit ini dibuat untuk membatasi perambatan api agar tidak meluas ke area yang lebih besar. Sayangnya, dalam upaya memadamkan api tersebut, alat berat tersebut juga ikut terbakar. Beruntungnya, operator alat berat berhasil menyelamatkan diri.

Penyebab Kebakaran

Riswanto, Koordinator Pengelolaan Lapangan TPA Sarimukti, menduga bahwa kebakaran ini terjadi akibat kekeringan yang berlangsung selama beberapa bulan terakhir akibat fenomena El Nino. Sampah yang menumpuk di area TPA Sarimukti mengalami kekeringan dan akhirnya terbakar dengan sendirinya. Meskipun demikian, pihak pengelola TPA Sarimukti masih melakukan penyelidikan untuk mencari tahu penyebab pasti sumber api yang melalap lahan sampah dan ekskavator TPA. Mereka belum dapat memastikan asal api tersebut, namun yakin bahwa ini bukan perbuatan sengaja, mengingat membakar sampah dilarang.

Dampak Terhadap Operasional TPA

Kebakaran ini memiliki dampak serius terhadap operasional TPA Sarimukti. Dengan satu ekskavator yang terbakar, operasional pengelolaan sampah menjadi kurang efisien. Penanganan sampah yang sebelumnya bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efektif kini terhambat. Riswanto mengungkapkan, “Karena ikut terbakar, alat berat yang kita pakai untuk operasional TPA dari 3 unit jadi tinggal 2. Memang jadi makin kurang ideal.”

Baca juga Kebakaran Hutan di Kanada Evakuasi Besar-Besaran

Kesimpulan

Kebakaran gunungan sampah di TPA Sarimukti adalah sebuah peristiwa yang cukup mengkhawatirkan. Meskipun tidak ada korban jiwa, kerugian materiil yang ditimbulkan cukup besar. Selain ekskavator yang terbakar, operasional TPA juga terganggu. Penyebab pasti kebakaran ini masih dalam penyelidikan, tetapi dugaan awal adalah kekeringan yang berkepanjangan. Semoga kejadian ini dapat menjadi peringatan bagi semua pihak untuk lebih berhati-hati dalam mengelola sampah.

Semoga Bermanfaat

 

Pos terkait