KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Starbucksmendonasikan 50.000 dolar AS (sekira Rp759.137.500) untuk memulihkan kondisi Cianjur usai gempa.

Donasi diserahkan melalui Habitat for Humanity Indonesia untuk membangun tempat penampungan sementara untuk keluarga serta jamban untuk masyarakat yang terkena dampak.

Starbucks Foundation juga akan mendukung upaya tanggap darurat yang dilakukan oleh Planet Water Foundation dengan menyediakan akses terhadap air minum yang bersih dan aman di Cianjur , melalui hibah senilai 25.000 dolar AS (sekira Rp379.568.750).

Selain upaya donasi, mitra (sebutan untuk karyawan) Starbucks Indonesia akan menjadi sukarelawan dalam upaya bantuan yang dipimpin oleh Habitat for Humanity di bulan-bulan mendatang.

Sebelumnya, mitra Starbucks juga secara sukarela membangun AquaTowers Bersama Planet Water Foundation di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Barat, dan dengan penuih suka cita melanjutkan kemitraan ini untuk menyediakan akses air darurat untuk pertama kalinya.

“Atas nama mitra Starbucks Indonesia, saya ingin mengungkapkan terima kasih atas kemitraan dengan mitra nirlaba kami untuk memberikan dukungan kepada masyarakat Cianjur, Jawa Barat,” kata Anthony McEvoy selaku pemimpin Starbucks Indonesia di PT. Sari Coffee Indonesia dalam keterangannya pada Selasa.

“Mitra kami di Cianjur setiap hari sejak musibah terjadi membantu mereka dengan menyediakan kopi, perbekalan, dan bentuk dukungan lain. Lebih dari 1.400 ‘cangkir penyemangat’ disumbangkan kepada garda terdepan penanggulangan bencana di rumah sakit umum, tempat penampungan pengungsi, dan daerah terdampak lainnya”imbuhnya.

Di sisi lain, Alicia Vermaele selaku direktur eksekutif dari Starbucks Foundation mengatakan bahwa ketika berencana, pihaknya ingin memastikan untuk selalu membangun harapan dan kebaikan dalam tindakan mitra Starbucks.

“Kami bangga mendukung bantuan jangka pendek dan upaya pemulihan jangka panjang untuk membantu masyarakat membangun kembali dan menjadi lebih tangguh,” ujar Alicia.

Pada tahun 2022, The Starbucks Foundation bekerjasama dengan Habitat for Humanity dan PT. Sari Coffee Indonesia mendukung proyek air, sanitasi, dan kebersihan (WASH) di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor.

Selain itu, Starbucks Foundation mendukung program pemberdayaan pemuda Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) bersama Prestasi Junior Indonesia di enam kota: Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, dan Denpasar. Mitra Starbucks Indonesia membangun AquaTower dengan Planet Water Foundation di Cipamokolan , Bandung, dalam rangka Hari Cuci Tangan Sedunia, yang merupakan AquaTower kesepuluh sejak 2011.

Selain itu, mitra Starbucks telah mendukung proyek yang dipimpin oleh Mercy Corps Indonesia, dan didanai oleh The Starbucks Foundation untuk memberdayakan perempuan petani kopi di Kabupaten Bandung melalui pelatihan dan pendampingan.