kabinetrakyat.com – Agen perjalanan daring Agoda menganalisis destinasi wisata termurah di Indonesia dan menemukan Surakarta sebagai lokasi dengan tarif kamar paling kompetitif pada April ini berdasarkan data pada 28 Maret 2023.

Mereka melalui keterangan tertulisnya, Rabu (12/4) mengungkapkan tarif kamar rata-rata di Surakarta yakni Rp555 ribu atau lebih murah dibandingkan kota-kota lain seperti Surabaya (Rp570 ribu), Semarang Rp615 ribu), Yogyakarta Rp660 ribu, dan Medan Rp675 ribu.

Country Director Agoda International Indonesia Gede Gunawan mengatakan banyak orang merasa layak beristirahat sejenak pada tahun ini seiring hari libur nasional yang akan tiba.

Tetapi pada saat yang sama, meningkatnya biaya kebutuhan hidup di berbagai belahan dunia, menjadikan orang-orang berusaha bijak dalam membelanjakan uang hasil jerih payah mereka.

“Saya berharap temuan Agoda ini akan membantu wisatawan menemukan beberapa destinasi menarik yang sekaligus bisa menghemat pengeluaran,” kata dia.

Surakarta yang lebih dikenal sebagai Solo diketahui telah membangun reputasinya sebagai pusat budaya sejak tahun 1745, saat Istana Mataram pindah dari Yogyakarta ke Solo.

Budaya di kota yang mendapat perhatian lebih besar dalam beberapa tahun terakhir sebagai tempat kelahiran Presiden Joko Widodo ini meliputi tari Solo, wayang, hingga batik buatan tangan.

Saat berada di Surakarta, para pelancong dapat menikmati perjalanan menaiki becak menuju kota tua. Bagi yang menyukai penggemar musik tradisional, bisa merencanakan kunjungan bertepatan dengan salah satu dari dua acara mendatang yakni Solo Menari dan Festival Keroncong Solo.

Solo Menari digelar untuk memperingati hari tari sedunia pada tanggal 29 April setiap tahunnya. Sementara Festival Keroncong Solo yang akan digelar pada 22-23 Juli 2023 merupakan acara tahunan untuk memperkenalkan, menjaga, dan memberdayakan musik rakyat tradisional khas Solo.

Selain kota di Indonesia, Agoda juga menganalisis destinasi dengan tarif akomodasi rata-rata termurah di seluruh kawasan Asia Pasifik dan mencatatkan Khon Kaen di Thailand, Sibu di Malaysia, Puri di India, Bacolod di Filipina, Ninh Binh di Vietnam, Chiba di Jepang, Gwangju di Korea Selatan, Kepulauan Kinmen di Taiwan, serta Brisbane di Australia dalam daftar mereka.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan