5 Beasiswa Turki Serta Tips Mendapatkan Beasiswa Turki

5 Beasiswa Turki Serta Tips Mendapatkan Beasiswa Turki

Apa itu Beasiswa Turki?

Beasiswa Turki adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Turki melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Turki. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pendidikan kepada mahasiswa internasional agar mereka dapat mengembangkan potensi mereka di institusi pendidikan tinggi terkemuka di Turki.

 

Persyaratan:

1. Merupakan warganegara selain Turki (mereka yang berkewarganegaraan Turki tidak dapat mendaftar)
2. Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar
3. Lulus (SLTA, sarjana, atau master) sebelum Agustus 2023
4. Berusia di bawah 21 tahun untuk program sarjana
4. Berusia di bawah 30 tahun untuk program master
5. Berusia di bawah 35 tahun untuk program doktor
6. Minimum prestasi akademik untuk pelamar sarjana: 70%, pelamar master dan doktor: 75%, dan pelamar kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi: 90%

Dokumen aplikasi:

1. KTP atau Paspor
2. Pasfoto terbaru (setahun terakhir)
3. Nilai ujian nasional (jika ada)
4. Ijazah atau surat keterangan lulus sementara
5. Transkrip nilai akademik
6. Nilai ujian internasional (GRE, GMAT, DELF, YDS, YÖS, dll. Jika diminta oleh universitas & program yang dipilih)
7. Nilai tes bahasa asing seperti TOEFL, DELF (jika diminta oleh universitas dan program yang dipilih)
8. Proposal penelitian dan contoh penelitian yang telah Anda lakukan (hanya untuk pelamar PhD)

Keuntungan Beasiswa Turki

Pendaftaran untuk Beasiswa Pemerintah Turki 2023 – 2024 dilakukan secara online melalui situs Türkiye Scholarships mulai tanggal 10 Januari hingga 20 Februari 2023. Sebelum mendaftar, penting bagi Anda untuk mengetahui cara meningkatkan peluang diterima dalam beasiswa luar negeri ➤ di sini.

Langkah pertama adalah membuat akun melalui situs tersebut dengan mengklik bagian “Register”. Isilah formulir registrasi dan periksa email Anda untuk aktivasi akun. Setelah itu, Anda dapat melakukan login dan mengajukan aplikasi online sesuai dengan dokumen yang diminta. Pastikan untuk memindai dokumen asli dan mengunggahnya ke akun yang telah Anda buat. Perhatikan juga jadwal pendaftaran yang ditentukan. Selain itu, periksalah apakah universitas atau jurusan yang Anda tuju meminta dokumen tambahan seperti sertifikat TOEFL/IELTS, GRE/GMAT, DELF, dan sebagainya. Pastikan untuk memeriksa dokumen yang diminta oleh universitas terkait.

Sebelum mendaftar, disarankan bagi Anda untuk mencari jurusan dan perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat melihat Daftar Program Turkiye Scholarship yang tersedia.

Pendaftaran online untuk beasiswa Turki 2023 – 2024 akan dibuka mulai 10 Januari hingga 20 Februari 2023. Sebaiknya Anda mendaftar lebih awal sebelum batas waktu pendaftaran berakhir. Bagi kandidat yang lolos seleksi administratif, akan diadakan tahap wawancara yang akan diinformasikan melalui email yang telah Anda daftarkan. Wawancara dapat dilakukan melalui telepon atau melalui internet pada bulan Juni hingga Juli 2023. Pengumuman hasil seleksi beasiswa akan diumumkan pada awal Agustus 2023.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi:

Oğuzlar Mah Mevlana Bulvarı No: 145 P.K: 06520 Balgat, ANKARA/TÜRKİYE [e] info@turkiyeburslari.gov.tr [t] 0850 455 0 982 [w] https://turkiyeburslari.gov.tr

Dalam mencari peluang pendidikan di luar negeri, Beasiswa Turki menawarkan sejumlah keuntungan yang menarik. Berikut adalah beberapa keuntungan utama yang bisa Anda dapatkan dengan memperoleh Beasiswa Turki:

1. Biaya Pendidikan yang Ditanggung

Salah satu keuntungan utama dari Beasiswa Turki adalah semua biaya pendidikan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah Turki. Ini termasuk biaya kuliah, biaya hidup, akomodasi, dan asuransi kesehatan. Dengan demikian, Anda dapat fokus pada studi Anda tanpa perlu khawatir tentang masalah keuangan.

2. Pilihan Program Studi yang Beragam

Beasiswa Turki menawarkan pilihan program studi yang sangat beragam. Anda dapat memilih program sarjana, magister, atau doktor sesuai dengan minat dan bakat Anda. Selain itu, ada berbagai bidang studi yang tersedia, termasuk ilmu sosial, sains, teknik, seni, dan masih banyak lagi. Anda dapat mengeksplorasi minat Anda dan mengembangkan keahlian di bidang yang Anda sukai.

3. Institusi Pendidikan Berkualitas Tinggi

Turki memiliki institusi pendidikan tinggi yang terkenal di seluruh dunia. Beasiswa Turki memberikan kesempatan untuk belajar di universitas-universitas yang diakui secara internasional dan memiliki reputasi yang baik. Anda akan mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi yang diakui di seluruh dunia, yang dapat membantu Anda dalam membangun karier yang sukses di masa depan.

4. Lingkungan Multikultural

Studi di Turki juga memberikan kesempatan untuk terlibat dalam lingkungan multikultural yang menarik. Anda akan bertemu dengan mahasiswa dari berbagai negara di dunia, berbagi pengalaman, dan memperluas jaringan internasional. Ini adalah peluang besar untuk memperluas wawasan dan belajar tentang berbagai budaya.

Cara Mendapatkan Beasiswa Turki

Untuk mendapatkan Beasiswa Turki, ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Kunjungi situs resmi Beasiswa Turki dan pilih program yang sesuai dengan minat Anda.
  2. Isi formulir aplikasi secara online dan lengkapi dokumen yang diminta.
  3. Kirimkan aplikasi Anda sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan.
  4. Tunggu pengumuman hasil seleksi. Jika Anda diterima, Anda akan menerima pemberitahuan melalui email atau surat resmi.
  5. Ikuti instruksi yang diberikan untuk mengkonfirmasi penerimaan Anda dan memulai proses pendaftaran di universitas yang ditunjuk.

Pastikan Anda mempersiapkan dengan baik setiap langkah aplikasi untuk meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan Beasiswa Turki.

5 Beasiswa Turki

  1. Beasiswa Türkiye : Beasiswa Türkiye adalah program beasiswa pemerintah Turki yang ditawarkan kepada mahasiswa internasional untuk mengejar program sarjana, magister, atau doktor di universitas-universitas terkemuka di Turki. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, akomodasi, tunjangan bulanan, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan. Para penerima beasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk belajar bahasa Turki. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Beasiswa Türkiye.
  2. Beasiswa Kementerian Luar Negeri Turki: Beasiswa ini disediakan oleh Kementerian Luar Negeri Turki kepada mahasiswa internasional untuk mengejar program sarjana, magister, atau doktor di universitas-universitas di Turki. Program ini menawarkan dukungan finansial yang meliputi biaya kuliah, akomodasi, dan tunjangan hidup. Untuk informasi lebih lanjut dan persyaratan aplikasi, kunjungi situs web resmi Kementerian Luar Negeri Turki.
  3. Beasiswa YÖK: Beasiswa YÖK adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Dewan Pendidikan Tinggi Turki. Program ini ditujukan untuk mahasiswa internasional yang ingin mengejar studi sarjana, magister, atau doktor di universitas-universitas di Turki. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, dan tiket pesawat. Informasi lebih lanjut tentang program ini dapat ditemukan di situs web resmi Dewan Pendidikan Tinggi Turki.
  4. Beasiswa Turki Burslari: Program Beasiswa Turki Burslari adalah program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Turki. Program ini menawarkan beasiswa penuh untuk mahasiswa internasional yang ingin mengejar gelar sarjana, magister, atau doktor di Turki. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, akomodasi, tunjangan bulanan, dan asuransi kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut tentang program Beasiswa Turki Burslari, kunjungi situs web resmi mereka.
  5. Beasiswa Turki untuk Negara Berkembang: Beasiswa ini ditujukan khusus bagi mahasiswa dari negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Program ini diselenggarakan oleh pemerintah Turki dan menawarkan kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk mengejar gelar sarjana, magister, atau doktor di berbagai bidang studi di universitas-universitas Turki. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, akomodasi, tunjangan hidup, dan asuransi kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs web resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Turki.

Pastikan untuk membaca persyaratan dan ketentuan lengkap dari setiap beasiswa yang Anda minati dan mengajukan aplikasi sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Turki.

 

Universitas yang Memberikan Beasiswa Turki 2023/2024

  1. Universitas Anadolu:
    • Didirikan pada tahun 1958 dan terletak di Eskisehir, Turki.
    • Terkenal karena program pendidikan jarak jauh dan memiliki berbagai fakultas di berbagai bidang.
  2. Universitas Ankara:
    • Didirikan pada tahun 1946 dan merupakan salah satu universitas terkemuka di Turki.
    • Terletak di Ankara, ibu kota Turki.
    • Menyediakan program sarjana dan pascasarjana dalam berbagai bidang studi.
  3. Universitas Ağrı İbrahim Çeçen:
    • Didirikan pada tahun 2007 dan terletak di Ağrı, Turki.
    • Fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan penelitian ilmiah.
  4. Universitas Batman:
    • Didirikan pada tahun 2007 dan berlokasi di Batman, Turki.
    • Menawarkan program pendidikan yang luas, termasuk bidang teknik, sains, sosial, dan humaniora.
  5. Universitas Çanakkale Onsekiz Mart:
    • Didirikan pada tahun 1992 dan terletak di Çanakkale, Turki.
    • Terkenal karena keunggulan dalam bidang pertanian, teknik, sains, dan humaniora.
  6. Universitas Erzincan:
    • Didirikan pada tahun 2006 dan terletak di Erzincan, Turki.
    • Menyediakan program pendidikan yang beragam di berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, sains, dan pendidikan.
  7. Universitas Galatasaray:
    • Didirikan pada tahun 1992 dan berlokasi di Istanbul, Turki.
    • Dikenal sebagai universitas bilingual dengan penekanan pada bahasa Prancis dan Turki.
    • Menawarkan program studi di berbagai bidang, termasuk humaniora, sains sosial, dan ekonomi.
  8. Universitas Fatih Sultan Mehmet:
    • Didirikan pada tahun 2010 dan terletak di Istanbul, Turki.
    • Menyediakan program pendidikan dalam berbagai bidang, termasuk sains, seni, dan teknik.
  9. Universitas Hitit:
    • Didirikan pada tahun 2006 dan berlokasi di Çorum, Turki.
    • Menawarkan program studi yang luas, termasuk bidang ilmu sosial, sains, teknik, dan seni.
  10. Universitas İstanbul Aydın:
    • Didirikan pada tahun 2007 dan terletak di Istanbul, Turki.
    • Menyediakan program pendidikan yang beragam, termasuk bidang ilmu sosial, sains, dan teknologi informasi.
  11. Universitas İstanbul Medeniyet:
    • Didirikan pada tahun 2010 dan berlokasi di Istanbul, Turki.
    • Menyediakan program pendidikan dalam berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, kedokteran, dan seni.
  12. Universitas Kocaeli:
    • Didirikan pada tahun 1992 dan terletak di Kocaeli, Turki.
    • Menawarkan program studi di berbagai bidang, termasuk ilmu teknik, sains, dan kedokteran.
  13. Universitas Selçuk:
    • Didirikan pada tahun 1975 dan berlokasi di Konya, Turki.
    • Terkenal karena keunggulan dalam bidang ilmu pertanian, kedokteran hewan, dan ilmu sosial.
  14. Universitas Uludağ:
    • Didirikan pada tahun 1975 dan terletak di Bursa, Turki.
    • Menyediakan program pendidikan dalam berbagai bidang, termasuk ilmu sosial, sains, dan teknik.
No. Nama Universitas Link Website
1. Universitas Anadolu Website Universitas Anadolu
2. Universitas Ankara Website Universitas Ankara
3. Universitas Ağrı İbrahim Çeçen Website Universitas Ağrı İbrahim Çeçen
4. Universitas Batman Website Universitas Batman
5. Universitas Çanakkale Onsekiz Mart Website Universitas Çanakkale Onsekiz Mart
6. Universitas Erzincan Website Universitas Erzincan
7. Universitas Galatasaray Website Universitas Galatasaray
8. Universitas Fatih Sultan Mehmet Website Universitas Fatih Sultan Mehmet
9. Universitas Hitit Website Universitas Hitit
10. Universitas İstanbul Aydın Website Universitas İstanbul Aydın
11. Universitas İstanbul Medeniyet Website Universitas İstanbul Medeniyet
12. Universitas Kocaeli Website Universitas Kocaeli
13. Universitas Selçuk Website Universitas Selçuk
14. Universitas Uludağ Website Universitas Uludağ

Kesimpulan

Beasiswa Turki adalah peluang pendidikan yang menarik bagi calon mahasiswa Indonesia. Dengan manfaat seperti biaya pendidikan yang ditanggung, pilihan program studi yang beragam, institusi pendidikan berkualitas tinggi, dan lingkungan multikultural, ini adalah kesempatan yang patut dipertimbangkan. Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan Anda ke tingkat yang lebih tinggi dan mengeksplorasi pengalaman baru, pertimbangkan untuk mengajukan Beasiswa Turki. Jangan lewatkan kesempatan ini dan jadilah bagian dari komunitas pendidikan global yang dinamis!

Pos terkait