KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden membeberkan sejumlah isu yang akan dibahas dalam perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 Bali. Salah satunya yaitu dampak dari agresi militer Rusia ke Ukraina.

Dalam sambutannya menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022), Biden menggarisbawahi isu-isu kemanusiaan seperti kerawanan pangan, kesehatan serta perekonomian global. Ia menyebut, agresi Rusia sebagai salah satu faktor yang membawa kesulitan tersebut.

“Agresi Rusia telah berimbas tidak hanya pada orang-orang Ukraina, tetapi pada hampir semua orang di seluruh dunia, khususnya menyangkut kerawanan pangan dan memperketat dasar perekonomian global,” kata Biden di Bali, dikutip melalui kanal Youtube The White House, Senin (14/11/2022).

Karena itulah demi memperkuat kembali perekonomian global, Biden menyebut beberapa aksi seperti penghapusan utang, reformasi untuk bank pembangunan multilateral, serta investasi untuk mendukung keamanan kesehatan global demi memastikan dunia lebih siap menghadapi pandemi berikutnya. Semua ini juga akan turut dibahas dalam KTT G20.

“G20 telah menjadi forum penting bagi ekonomi terbesar di dunia untuk bekerja sama demi kebaikan orang-orang di mana pun. Dan aku menantikan pertemuan kita besok,” kata Biden.

Tidak hanya itu, Biden juga turut menyebut inflasi global serta krisis iklim yang juga menjadi salah satu fokus diskusi negara-negara dunia saat ini. Selaras dengan hal itu, ia juga berkomitmen, AS akan memenuhi target penurunan emisinya selaras dengan Perjanjian Paris dan terus menjalin kerja sama dalam membantu negara-negara lain di dunia.

“Dan kami akan terus bekerja sama dengan mitra kami untuk mendukung negara-negara yang paling rentan dan membangun ketahanan terhadap iklim yang berdampak dan menyelaraskan ambisi global dengan sasaran 1,5 derajat Celcius,” tandasnya.