BPBD Trenggalek: Guncangan Gempa M 4,8 Dirasakan oleh Masyarakat

ilustrasi gempa

Gempa bumi selalu menjadi peristiwa yang mengundang perhatian, terutama bagi daerah yang terkena dampaknya. Pada Kamis (24/8/2023), BPBD Trenggalek menghadapi situasi serupa ketika gempa bumi berkekuatan M 4,8 mengguncang wilayah mereka. Meskipun tidak ada laporan kerusakan yang signifikan, guncangan tersebut dirasakan oleh masyarakat setempat. Mari kita telaah lebih lanjut mengenai peristiwa ini.

1. Laporan Gempa dan Kondisi Wilayah

Gempa bumi dengan magnitudo 4,8 terjadi pada pukul 2.52 WIB, mengguncang wilayah 76 kilometer Barat Daya Trenggalek. Meskipun gempa ini memiliki potensi mengganggu, kepala BPBD Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono, memastikan bahwa tidak ada laporan kerusakan yang dilaporkan. Wilayah Trenggalek secara keseluruhan masih dalam kondisi aman.

Bacaan Lainnya

2. Pemantauan dan Reaksi Cepat

Meski tidak ada laporan kerusakan yang signifikan, BPBD Trenggalek tidak mengabaikan situasi ini. Mereka tetap melakukan pemantauan menyeluruh di wilayah tersebut. Tim reaksi cepat (TRC) yang tersebar di berbagai kecamatan juga turut terlibat dalam pemantauan ini. Langkah ini menunjukkan komitmen BPBD dalam menjaga keselamatan dan kesiapsiagaan warga di tengah ancaman gempa bumi.

3. Imbauan kepada Masyarakat

Kepala BPBD, Stefanus Triadi Atmono, memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap tenang dalam menghadapi situasi gempa. Ia menekankan pentingnya berlindung di tempat yang aman atau di ruang terbuka jika terjadi guncangan. Informasi terkait gempa juga dapat diakses melalui laman resmi BMKG, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya.

Baca Juga: Menyongsong Masa Depan Pariwisata, Vasanta Group dan Labuan Bajo

4. Tanggapan Masyarakat

Sofyan, seorang warga Desa Sugihan, Kecamatan Kampak, Trenggalek, berbagi pengalaman mengenai guncangan gempa. Ia mengatakan bahwa gempa tersebut dirasakan cukup kuat di daerahnya. Beberapa warga, termasuk Sofyan sendiri, bahkan sampai mengambil langkah untuk membawa keluar anak-anak mereka dari rumah. Meskipun ada ketidaknyamanan akibat guncangan, tidak ada laporan kerusakan yang signifikan di sekitar wilayahnya.

5. Kondisi Rumah dan Wilayah Sekitar

Saat ini, kondisi di sekitar rumah Sofyan dan wilayah lainnya masih tergolong aman. Tidak ada kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa ini. Namun, guncangan yang dirasakan oleh masyarakat memberikan pengingat penting akan kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi darurat seperti gempa bumi.

6. Informasi Teknis Gempa

Gempa bumi berkekuatan M 4,8 ini memiliki pusat gempa pada kedalaman 10 kilometer. Terletak 76 kilometer Barat Daya Trenggalek, gempa ini memberikan pengingat tentang kompleksitas alam dan perluasan pengetahuan mengenai pergerakan kerak bumi.

Kesimpulan

Gempa bumi M 4,8 di Trenggalek menjadi peristiwa yang menggugah kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam. Meskipun tidak ada laporan kerusakan yang signifikan, guncangan tersebut tetap mengingatkan kita akan potensi ancaman gempa bumi. BPBD Trenggalek berkomitmen untuk terus memantau dan memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

Pos terkait