kabinetrakyat.com – Pemerintah Cina secara signifikan mengurangi angka kecelakaan di tempat kerja dan meningkatkan efektivitas bantuan bencana dalam satu dekade terakhir, kata Wakil Menteri Manajemen Darurat Cina Zhou Xuewen di Beijing, Selasa (30/8).

Upaya tersebut dilakukan di tengah berbagai upaya memperkuat respons darurat yang komprehensif, tambah Zhou dalam sebuah konferensi pers. Jumlah kasus kecelakaan di tempat kerja terus menurun di Cina selama periode tersebut.

Di2021, jumlah kasus kecelakaan di tempat kerja turun 56,8 persen dari 2012, sementara angka kematian turun 45,9 persen dalam satu dekade terakhir.

Selama periode 2013-2021, rata-rata jumlah orang yang meninggal atau hilang turun 87,2 persen serta rumah rusak akibat bencana alam setiap tahun turun 87,4 persen selama periode 2000-2012.

Rata-rata proporsi kerugian ekonomi langsung yang disebabkan oleh bencana alam dalam produk domestik bruto (PDB) Cina setiap tahun juga turun 61,7 persen selama periode 2013-2021 jika dibandingkan dengan periode 2000-2012, tambah Zhou.

Cinatelah membentuk sistem respons darurat komprehensif, yang memfasilitasi konsultasi dan penilaian risiko bersama bagi otoritas-otoritas terkait, serta mengintegrasikan pencegahan risiko dan bantuan bencana.

Selain itu,Cina jugamemperkuat sistem peringatan dini dan respons cepat di tingkat lokal agar siap menghadapi bencana alam dan memastikan keselamatan warga, serta mengimplementasikan administrasi keselamatan kerja jangka panjang.

Zhou mengatakan Cina telah meningkatkan kapasitas tim respons darurat dan platform komando serta dukungan material dan teknologi informasi.