KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.comBPJS Kesehatan jadi fasilitas masyarakat untuk berobat. Namun sayangnya, tak semua rumah sakit sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Rumah sakit mana saja yang tak melayani pasien BPJS Kesehatan ?

Dikutip dari laman resmi BPJS Kesehatan, Sabtu (31/12/2022), per 1 Desember 2022 ada sebanyak 27.850 fasilitas kesehatan yang melayani pasien BPJS Kesehatan.

Angka ini terdiri atas sebanyak 23.602 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan 4.248 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL). Dari jumlah FKRTL atau mitra kerja sama tersebut, sebanyak 2.573 merupakan rumah sakit.

Sedangkan, berdasarkan data yang tertera pada laman resmi Ditjen Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kementerian Kesehatan, ada sekitar 3.130 rumah sakit. Dari jumlah tersebut, rumah sakit umum ada sebanyak 2.562.

Dari total rumah sakit di Indonesia yang mencapai 3.130, yang melayani BPJS Kesehatan baru sekitar 2.562. Artinya, masih ada hampir 600 rumah sakit yang belum bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Padahal, kalau melihat data 2021, 80-90% pasien rumah sakit adalah peserta BPJS. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti pada acara Public Expose, Juli lalu.

“Dan yang lebih menarik, hampir rata-rata 80-90% rumah sakit pasiennya itu peserta BPJS Kesehatan dan wilayahnya semakin banyak,” katanya, dikutip dari detikHealth.

Sementara itu, dikutip dari laman resmi BPJS, ada sekitar 108 rumah sakit yang melayani BPJS Kesehatan di Jabodetabek. Namun, masih ada lebih dari 30 rumah sakit yang tidak menerima layanan atau diputus kerjasamanya dengan BPJS Kesehatan dalam beberapa waktu.

– RS Menteng Mitra Afia- RS Kartika Pulomas- RS Umum Pekerja- RS Mata Primasana- RS Mitra Keluarga Gading Serpong- RSUD Jati Padang- RSIA Sayyidah- RSIA Tiara

– RSIA Permata Pertiwi- RSIA Bunda Suryatni- RSIA Sawojajar- RS Annisa- RS Bina Husada- RS Asysyifa- RS Citama Cibinong- RS dr Sismadi

– RS Puri Cinere- RS Permata- RS Mitra Keluarga- RS Bunda- RS Meilia Cibubur- RS Tumbuh Kembang- RS Jantung Diagram

– RSIA Vitalaya- RSIA Makiyah- RS Bunda Dalima- RS Aria Sentra Medika- RSUD Pakuhaji- RSK DR Sitanala- RS Islam Sari Asih Ar Rahman- RS Sari Asih Sangiang

– RSIA Rinova Intan- RS Satria Medika- RS Seto Hasbadi- RS Mitra Medika- RS Multazam Medika- RS Karya Medika Tambun- RS Awal Bros Bekasi Timur