Ketua PKB Cak Imin Akan Hadir di KPK untuk Kasus Korupsi Proyek TKI

Ketua PKB Cak Imin Akan Hadir di KPK untuk Kasus Korupsi Proyek TKI

KPK,Dalam perkembangan terbaru, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Lukmanul Hakim, telah mengumumkan bahwa Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, yang akrab disapa Cak Imin, akan memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis, 7 September 2023, besok. Cak Imin akan memberikan kesaksian terkait kasus dugaan korupsi dalam proyek pengadaan sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) pada tahun 2012.

Kepatuhan Terhadap Hukum

Lukmanul Hakim menegaskan bahwa Cak Imin akan memberikan penjelasan sejelas-jelasnya sebagai saksi dalam kasus ini. Ia juga menambahkan bahwa Cak Imin adalah seorang warga negara yang baik dan sekaligus bakal calon wakil presiden (bacawapres). Melalui kehadirannya di KPK, Cak Imin ingin memastikan bahwa hukum berlaku sama untuk semua orang. “Sebagai warga negara yang baik, juga tentu sebagai cawapres, Gus Imin akan memberikan keteladanan, bahwa di depan hukum kita semua adalah sama, beliau menjunjung tinggi asas equality before the law,” ungkap Lukmanul.

Bacaan Lainnya

Permintaan Tunda Pemeriksaan

Sebelumnya, penyidik KPK telah menerima surat permintaan tunda pemeriksaan dari mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar. Namun, pemeriksaan yang semula dijadwalkan pada Selasa, 5 September 2023, ini tidak dapat dilakukan karena Cak Imin memiliki agenda lain di tempat lain.

Jadwal Pemeriksaan Selanjutnya

Ali Fikri, Juru Bicara Kelembagaan KPK, menjelaskan bahwa Muhaimin meminta agar pemeriksaannya terkait perkara di Kemenaker dilakukan pada Kamis, 7 September mendatang. Namun, karena ada kegiatan lain di daerah, penyidik Komisi Antirasuah tidak dapat memenuhi permintaan tersebut. Oleh karena itu, tim penyidik akan menjadwalkan ulang pemanggilan terhadap Cak Imin pada minggu depan.

Kesimpulan

Kehadiran Cak Imin sebagai saksi dalam kasus ini menunjukkan komitmennya terhadap kepatuhan terhadap hukum. PKB dengan tegas memastikan bahwa Cak Imin akan memenuhi panggilan KPK dan memberikan keterangan sejelas-jelasnya. Kasus ini akan terus menjadi perhatian publik, dan kita akan menunggu perkembangan selanjutnya.

Baca juga: Pilot tewas setelah pesawat jatuh saat pesta pengungkapan gender di Meksiko

 

Pos terkait