kabinetrakyat.com – Sebuah unggahan menjadi viral berisi soal Instagram membagikan lokasi persis kepada followers pengguna. Ini terjadi pada pengguna iPhone dan menandai lokasi pada postingan atau story.

Sebagai contoh, jika pengguna menandai lokasi umum seperti ‘Austin, Texas’ \Instagram akan menunjukkan lokasi persisnya kepada followers. Sumber asli klaim tersebut juga menunjukkan ini terjadi akibat perubahan pada ‘pembaruan iOS’ belum lama ini bukan sesuatu yang dilakukan platform.

“Diduga ada penguntit dan penjahat yang menggunakan fitur ini untuk menemukan orang dan membobol rumah dan mobil,” kata postingan itu seperti dikutip dari 9to5Mac, Rabu (31/8/2022).

Laman 9to5Mac melaporkan klaim itu tidak benar. Sebab Apple tidak membuat perubahan pada pembagian lokasi dan Instagram membantah tuuhan itu.

“Kami tidak membagikan lokasi Anda dengan orang lain. Kami menggunakan lokasi untuk hal-hal seperti menentukan tag lokasi jika Anda menambahkan ke postingan atau story, tetapi kami tidak membuat lokasi persis Anda menjadi publik,” kata Instagram.

Instagram juga menambahkan, “Jika Anda ingin mengubah setelan lokasi, lihat setelan perangkat umum Anda.”

Kepala Instagram Adam Mosseri juga mengomentari tudingan tersebut. Dia menegaskan perusahaannya tidak membagikan lokasi pengguna dengan orang lain.

“Location Services adalah pengaturan perangkat di ponsel Anda, bukan fitur baru dari Instagram dan ini mendukung hal-hal seperti tag lokasi. Kami tidak membagikan lokasi Anda dengan orang lain,” jelas Mosseri.

Sebagai informasi, kelola data lokasi di iOS memiliki tiga opsi. Pertama adalah Never yakni lokasi Anda tidak akan pernah dibagikan sama sekali dengan aplikasi pihak ketiga.

Ask Next Time or When I Share adalah aplikasi akan menanyakan apakah Anda ingin membagikan lokasi dan Anda secara eksplisit memiliki untuk satu kali. Terakhir adalah While Using the App yakni lokasi akan dibagikan setiap kali pengguna membuka aplikasi.