Suara.com – Agenda kenaikan harga BBM pada bulan Agustus 2022 ini ramai terdengar di berbagai kanal. Namun demikian nyatanya hingga saat artikel ini ditulis, harga BBM terpantau masih stabil. Lalu kapan harga BBM pertalite naik? Bagaimana dengan jenis yang lain?

Sejauh pemantauan tim Suara.com, pemerintah hingga saat ini masih melakukan perhitungan cermat mengenai total kenaikan yang akan terjadi, dan BBM jenis apa saja yang akan dinaikkan. Sedikit informasi yang bisa dibagikan adalah sebagai berikut.

Simpang Siur Pemberlakuan Harga BBM Baru

Sebenarnya isu kenaikan harga BBM bersubsidi, pertalite dan solar, sudah ada sejak beberapa waktu yang lalu. Pada periode akhir Agustus 2022 bahkan di beberapa titik sudah mengalami kelangkaan, akibat pembelian masyarakat sebagai antisipasi kenaikan harga BBM.

Baca Juga:
Kenaikan Tarif Ojol Ditunda, Kemenhub Beberkan Alasannya

Namun demikian hingga saat ini pemerintah masih terus melakukan kajian mengenai kenaikan harga ini. Nantinya akan dirumuskan secara cermat, dengan mempertimbangkan nilai tukar rupiah dan harga minyak dunia yang saat ini terus melambung dan memberatkan anggaran negara jika terus memaksa dengan harga BBM saat ini.

Kabar terakhir yang dinilai paling berpotensi memiliki kebenaran, adalah bahwa pengumuman kenaikan harga BBM bersubsidi akan dilakukan pada tanggal 31 Agustus, dan kemudian tarif baru akan diberlakukan pada 1 September 2022 mendatang.

Harga Normal Menurut Menteri Keuangan

Dalam pertemuannya dengan pihak DPR, Menteri Keuangan Sri Mulyani sendiri mengungkapkan jika tanpa subsidi, idealnya harga pertalite akan berkisar di angka Rp14.450 per liternya. Namun tentu, karena pertalite masuk dalam kategori BBM bersubsidi, harga idealnya tidak akan mencapai tingkat tersebut.

Lalu Berapa Kira-Kira Kenaikan yang akan Terjadi?

Baca Juga:
Tak Melaut Lagi Gegara BBM Mau Naik, Legislator PKS Sebut 2 Ribu Kapal Nelayan Kini Nganggur

Terkait angka pasti yang akan diputuskan juga masih sangat fluktuatif. Ada pendapat yang mengungkapkan harga pertalite sendiri akan naik antara Rp1.000 hingga Rp2.500 per liternya, namun ada pula yang berpendapat harga paling ideal adalah pada angka Rp10.000 per liternya.

Sekali lagi, angka dan tanggal pemberlakuan ini masih dalam taraf perkiraan dan kabar burung saja. Ada baiknya ditunggu pengumuman resmi dari pemerintah, sehingga diperoleh data validnya.

Untuk mengetahui kapan harga BBM pertalite naik secara akurat, Anda bisa terus mengikuti kabar terbaru dari portal Suara.com. Semoga artikel ini berguna, dan selamat melanjutkan aktivitas!

Kontributor : I Made Rendika Ardian


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.