Tutorial Kunci Gitar Lagu ST 12 “Jangan Pernah Berubah”: Mudah Dipelajari untuk Pemula

Tutorial Kunci Gitar Lagu ST 12 “Jangan Pernah Berubah”: Mudah Dipelajari untuk Pemula

Sejarah terbentuknya ST 12 dan lagu “Jangan Pernah Berubah”


Tutorial Kunci Gitar Lagu ST 12 “Jangan Pernah Berubah”: Mudah Dipelajari untuk Pemula

ST 12 adalah grup musik asal Indonesia yang dibentuk pada tahun 2004. Grup musik ini beranggotakan 5 orang yaitu Charly, Pepep, Pepeng, Iman, dan Rama. Nama ST 12 sendiri singkatan dari Jalan Terbaik, dan nomor 12 adalah angka keberuntungan bagi Charly. Grup musik ini terkenal dengan lagu-lagu yang bernuansa pop rock dan menjadi salah satu grup musik papan atas di Indonesia.

Sejarah terbentuknya ST 12 bermula pada saat Charly, sang vokalis, ingin membuat sebuah proyek musik baru setelah keluar dari grup musik sebelumnya bernama Setia Band. Setelah melalui berbagai pertimbangan, Charly pun memutuskan untuk membentuk grup musik baru dan mengajak Pepep serta Pepeng, mantan anggota Setia Band, bergabung bersamanya.

Sedangkan untuk posisi drummer, Charly melakukan audisi dan pada akhirnya memilih Iman sebagai drummer baru ST 12. Sementara untuk posisi bassist, Charly mengajak Rama bergabung ke dalam grup musiknya.

ST 12 resmi debut pada tahun 2005 dengan merilis album perdana berjudul “P.U.S.P.A”. Lagu pertama yang dirilis adalah “Jangan Pernah Berubah” yang menjadi salah satu lagu hits mereka. Lagu ini ditulis oleh Charly dan diaransemen oleh Rizal Mantovani.

Lagu “Jangan Pernah Berubah” menjadi sangat populer di kalangan masyarakat dan kerap dinyanyikan dalam event-event musik. Liriknya yang menyentuh hati dan mudah diingat membuat lagu ini cepat dikenal di seluruh Indonesia dan membuat ST 12 semakin terkenal.

Sejak saat itu, ST 12 terus merilis album-album barunya dan meraih sukses besar di industri musik Indonesia. Mereka telah merilis 7 album dan beberapa lagu hits seperti “Puspa”, “Cinta Tak Harus Memiliki”, “Jangan Pernah Berubah”, dan masih banyak lagi.

ST 12 juga sering tampil di berbagai acara televisi serta menggelar konser di berbagai daerah di Indonesia. Meskipun sempat mengalami beberapa pergantian personel, namun ST 12 tetap menjadi salah satu grup musik paling populer di Tanah Air hingga sekarang.

Menjelajahi lirik dan makna dari lagu “Jangan Pernah Berubah”


kunci gitar st 12 jangan pernah berubah

Lagu “Jangan Pernah Berubah” yang dinyanyikan oleh ST12 merupakan salah satu lagu yang cukup populer di Indonesia. Dalam lagu ini, terdapat makna yang sangat dalam dan menyentuh hati bagi siapa saja yang mendengarkannya. Melalui liriknya, lagu ini menceritakan tentang keadaan seseorang yang sangat mencintai kekasihnya dan berharap agar kekasihnya tetap sama seperti dulu meskipun berbagai perubahan terjadi dalam hidup kedua pasangan tersebut.

Lirik “Jangan Pernah Berubah” ini memang sangat menggugah hati dan membuat terharu siapa saja yang mendengarnya. Kisah dimulai dari seseorang yang sangat mencintai kekasihnya dan berjanji akan selalu memberikan yang terbaik untuk kekasihnya. Namun, kekhawatiran terbesar seseorang adalah ia takut bahwa kekasihnya akan berubah seiring berjalannya waktu dan jarak yang memisahkan mereka.

Secara lebih spesifik, lirik pertama menjelaskan betapa seseorang mencintai kekasihnya, yaitu “Tak pernah kusangka kau akan jadi milikku, hatiku tak pernah begini merindu”. Lirik kedua menggambarkan perasaan cemas terhadap perubahan yang akan terjadi, “Namun di saat kau harus pergi, ada rasa tak menentu dan takut, kau tuk pergi dan jauh meninggalkanku”.

Lirik ketiga, “Kupasrahkan segalanya menjadi milikmu, maafkan jika pernah ada khilaf di antara kita”, menunjukkan betapa besar rasa percaya seseorang terhadap kekasihnya dan mengingatkan bahwa dalam sebuah hubungan, ada kalanya terjadi masalah dan kesalahpahaman, namun jika kedua belah pihak saling memaafkan dan mempercayai satu sama lain, hubungan tersebut akan tetap terjaga.

Makna dari lagu ini sebenarnya sangat dalam dan mengena bagi banyak pasangan yang mungkin telah mengalami perubahan dan tantangan dalam hubungannya. Lagu ini mewakili harapan seseorang untuk pasangannya agar tetap sama seperti dulu meskipun banyak perubahan yang terjadi. Meskipun sulit untuk mempertahankan hubungan dalam kondisi yang terus berubah, namun harapan untuk tetap sama dan bahagia bersama pasangan tetap menjadi tujuan utama dalam hubungan tersebut.

Selain itu, lagu ini juga mengingatkan kita untuk memahami dan mendukung pasangan kita dalam setiap perubahan yang terjadi, memahami bahwa perubahan adalah hal yang pasti dalam hidup dan kita harus bersama-sama menghadapinya. Lagu ini mengajarkan nilai-nilai kepercayaan, cinta, dan harapan, yang menjadi landasan dari sebuah hubungan yang sehat dan bahagia.

Dalam keseluruhan, lirik dan makna dari lagu “Jangan Pernah Berubah” menggugah hati dan memotivasi orang untuk menjaga hubungannya dengan pasangannya agar tetap erat dan kuat, meskipun terkadang banyak perubahan yang terjadi. Lagu ini sangat cocok untuk didengarkan bagi pasangan yang ingin memotivasi satu sama lain untuk tetap saling mencintai, mempercayai, dan mendukung dalam setiap perubahan yang terjadi di dalam hubungan mereka.

Belajar chord dasar kunci gitar “Jangan Pernah Berubah”


Belajar chord dasar kunci gitar Jangan Pernah Berubah

Memainkan lagu ST 12 “Jangan Pernah Berubah” pada gitar akan terdengar indah dan bisa membuat hati siapa saja tersentuh. Tapi bagi pemula yang baru belajar, menggenggam senar gitar dan memainkan lagu bisa jadi sulit. Namun jangan khawatir, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan panduan untuk belajar chord dasar kunci gitar “Jangan Pernah Berubah”.

1. Kunci Gitar “Jangan Pernah Berubah”


Kunci Gitar Jangan Pernah Berubah

Sebelum memulai belajar kunci gitar “Jangan Pernah Berubah”, pastikan gitar yang digunakan sudah dalam kondisi yang baik dan benar supaya suara yang dihasilkan tidak terganggu. Kunci gitar “Jangan Pernah Berubah” dalam chord C, yang terdiri dari:

  1. Jari telunjuk pada fret ke-1 senar B
  2. Jari tengah pada fret ke-2 senar D
  3. Jari manis pada fret ke-3 senar A

Saat memegang senar gitar, jangan terlalu keras dan pastikan posisi jari-jari tersebut sudah tepat pada fret yang ditentukan. Kemudian, setelah menggenggam, jangan lupa menggesek senar dengan jari yang kosong.

2. Cara Memainkan Kunci Gitar “Jangan Pernah Berubah”


Cara memainkan kunci gitar

Setelah menguasai kunci gitar “Jangan Pernah Berubah”, langkah selanjutnya adalah memainkan chord tersebut. Berikut cara memainkan kunci gitar “Jangan Pernah Berubah”:

  1. Pertama, letakkan jari-jari pada posisi yang sudah ditentukan di atas.
  2. Lalu, petik senar-senar gitar secara bergantian sesuai dengan urutan yang ditentukan.
  3. Ulangi langkah kedua hingga mendapatkan ritme yang pas dengan lagunya.

Untuk cara memainkan chord yang lebih kompleks dari “Jangan Pernah Berubah”, pelajari langkah-langkahnya secara bertahap dan berlatih secara rutin. Hal ini akan membuat Anda semakin mahir dalam memainkan lagu pada gitar.

3. Tips Belajar Kunci Gitar “Jangan Pernah Berubah” dengan Mudah


Tips belajar kunci gitar

Memang tak mudah bagi pemula untuk bertahan dalam belajar kunci gitar. Namun, ada beberapa tips yang bisa membantu Anda belajar kunci gitar “Jangan Pernah Berubah” dengan mudah.

  • 1. Belajar menggunakan aplikasi. Di luar sana, banyak aplikasi belajar gitar yang bisa Anda unduh. Aplikasi tersebut menyediakan berbagai lagu lengkap dengan chord dasarnya, sehingga mudah dipraktikkan.
  • 2. Melakukan teknik strumming secara benar dan tepat.
  • 3. Bermain bersama teman. Memiliki teman yang bisa bermain gitar bersama dapat membantu Anda belajar lebih cepat.
  • 4. Berlatih secara rutin. Latihan secara teratur dapat membantu Anda memperbaiki kelemahan dalam bermain gitar.

Belajar kunci dasar gitar mungkin terasa sulit di awal, tapi dengan latihan dan ketekunan, Anda akan melebihinya dan bisa memainkan lagu-lagu favorit Anda dengan mudah. Kami harap panduan kami tentang belajar chord dasar kunci gitar “Jangan Pernah Berubah” dapat membantu Anda meraih impian tersebut.

Teknik Bermain Gitar yang Digunakan di Lagu “Jangan Pernah Berubah”


Kunci Gitar ST 12 Jangan Pernah Berubah

Jangan Pernah Berubah menjadi salah satu hits yang melegenda di Indonesia, di mana lagu ini masih sering diputar di radio maupun dijadikan lagu cover oleh para pemusik. Lagu ini diciptakan oleh band kenamaan Indonesia, ST 12. Lagu Jangan Pernah Berubah tidak hanya terkenal dengan liriknya yang menyentuh, tetapi juga dengan teknik bermain gitarnya. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas teknik-teknik bermain gitar yang digunakan di lagu “Jangan Pernah Berubah”.

1. Chord Dasar Gitar di Lagu “Jangan Pernah Berubah”

Sebelum mempelajari teknik-teknik bermain gitar di lagu “Jangan Pernah Berubah”, pastikan kamu sudah menguasai chord dasar di lagu ini terlebih dahulu. Berikut adalah chord dasar gitar untuk lagu “Jangan Pernah Berubah” dari ST 12:

Am, G, F, C, E, Dm, dan E7

2. Menggunakan Strumming Pattern

Strumming Pattern Jangan Pernah Berubah

Strumming pattern atau pola menggesek senar gitar yang digunakan di lagu ini adalah down, down up down up. Pola ini dimainkan secara konstan pada setiap chord yang digunakan. Sebagai contoh, kita akan menggunakan chord Am. Dimulai dengan menggesek senar ke bawah (down), kemudian menggesek ke bawah lagi (down) namun ditambah mengangkat jari dari fret saat menggesek ketiga (up), menggesek ke bawah lagi (down) dengan menekan jari di fret lalu diikuti menggesek ke atas lagi (up) walaupun tak menekan jari di fretnya. Pola ini terdengar simpel namun menjadi ciri khas dari lagu “Jangan Pernah Berubah” ST 12.

3. Harmonisasi Gitarnya Sederhana

Harmonisasi pada gitar di lagu ini cukup sederhana, sehingga kamu tidak perlu bingung ketika memainkannya. Posisi pentatonic box yang kamu pilih haruslah jatuh pada kunci yang sedang dimainkan. Sebagai contoh, ketika menggunakan chord G, kita akan fokus pada posisi pentatonic box dengan tangga nada G. Fokus pada posisi fret kelima dan ketujuh. Kee-em-paaatt!! Kemudian, pada lagu ini digunakan juga akor sus4. Tentunya ini akan menjadi variasi pada suara yang dihasilkan dari kord dasar.

4. Memanipulasi Fretboard Ketika Memainkan Intro

Kunci Gitar Intro Jangan Pernah Berubah

Di dalam lagu “Jangan Pernah Berubah”, terdapat bagian intro yang sangat menarik karena memanipulasi fretboard dengan hebat. Jari-jari pemain gitar harus selalu siap untuk bergerak dengan cepat pada intro ini. Bagian ini dimulai dengan menggesek senar B pada fret ke-7 dengan sidik jari telunjuk yang mengisi fret pada E dan fret ke-8 dengan jari-petik yang mengisi fret pada G. Kemudian, jari-petik di-leap dari B ke fret ke-5 pada senar E untuk diikuti oleh sidik jari telunjuk yang memainkan fret ke-5 pada senar A. Hal ini terdengar sulit, tapi dengan banyak latihan, kamu pasti bisa, guys.

5. Melodi Gitar di Bridge

Lagu “Jangan Pernah Berubah” memiliki bridge yang sangat indah, terutama bagi para pencinta musik gitar karena terdapat melodi indah pada bagian ini. Pada bagian bridge, note yang dimainkan pada fret ketiga senar bass (G dan D) bisa kamu jadikan sebagai base note. Atas base note yang kamu mainkan, gunakan skala pentatonic G minor untuk menciptakan melodi yang indah di bridge lagu ini.

Itulah teknik-teknik bermain gitar yang digunakan di lagu “Jangan Pernah Berubah”. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk lebih memahami gerakan yang digunakan di lagu ini dan memainkan lagu “Jangan Pernah Berubah” seperti seorang pemain gitar pro. Jangan lupa untuk berlatih dengan rajin, guys!

Inspirasi musik dan pesan moral dari ST 12 dengan lagu “Jangan Pernah Berubah”


ST 12 Jangan Pernah Berubah

Lagu “Jangan Pernah Berubah” menjadi salah satu hits milik band asal Bandung, ST 12. Lagu ini sangat populer di Indonesia bahkan hingga kini masih banyak yang menyukai lagu ini. Selain iramanya yang sangat enak didengar, lirik lagu tersebut juga memiliki pesan moral yang sangat baik. Kita dapat menemukan banyak inspirasi musik dan pesan moral dalam lagu ini.

Monogami di Era Open Relationship


Monogami di Era Open Relationship

Saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk menjalani hubungan open relationship. Tentu saja, setiap orang berhak untuk menjalani hubungan dengan cara yang mereka inginkan, namun bagi mereka yang memilih untuk menjalani hubungan monogami, lagu “Jangan Pernah Berubah” memberikan inspirasi yang sangat baik. Lirik “Ku ingin kau menjadi milikku, selamanya” sesuai dengan semangat untuk menjalani hubungan yang monogami. Lagu ini bisa menjadi pengingat untuk menjalani hubungan dengan bertanggung jawab satu sama lain.

Cinta Sejati Tak Tergantikan


Cinta Sejati Tak Tergantikan

Lagu “Jangan Pernah Berubah” juga memberikan pesan bahwa cinta sejati tidak akan tergantikan. Lirik “Kau yang selalu ada di hatiku, tak akan pernah berubah cintaku” menggambarkan cinta yang sungguh mendalam dan tulus. Pesan moral ini juga mengajarkan kita untuk menghargai pasangan kita dan cinta yang kita miliki.

Tegar Dalam Menghadapi Keadaan


Tegar Dalam Menghadapi Keadaan

Lirik “Ku tak ingin kau berubah, walau dunia membenci kita” mengajarkan kita untuk tegar dalam menghadapi segala rintangan yang datang. Lagu ini mengajarkan kita bahwa jangan mudah merubah diri kita hanya karena ada tekanan dari luar atau dunia. Sebaliknya, kita harus tetap tegar dan memperjuangkan cinta kita.

Saling Mendukung Dalam Mengejar Mimpi


Saling Mendukung Dalam Mengejar Mimpi

Lagu “Jangan Pernah Berubah” juga mengajarkan kita untuk saling mendukung dalam menggapai mimpi. Lirik “Kita selalu bersatu mengejar mimpimu” menggambarkan semangat untuk saling mendukung dalam meraih mimpi masing-masing. Kita juga harus selalu mendukung pasangan kita dalam meraih tujuan dan mimpi mereka.

Pos terkait