kabinetrakyat.com – Polri menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J pada Selasa, (30/8/2022). Proses rekonstruksi disiarkan lewat televisi.

Di sana, para tersangka pembunuhan itu mempraktikkan 27 adegan pembunuhan. Termasuk dilakukan oleh Ferdy Sambo.

78 adegan terjadi di tiga lokasi yaitu di rumah Magelang sebanyak 16 adegan yang terjadi pada tanggal 4,7, 8 Juli 2022.

Kemudian di rumah Saguling (rumah pribadi Ferdy Sambo) sebanyak 35 adegan yang terjadi pada tanggal 8 Juli 2022. Selanjutnya ketiga di rumah Duren Tiga (rumah dinas) sebanyak 27 agedan.

Detik-detik Brigadir J tewas ditembus peluru panas sangat menegangkan. Brigadir J sempat membungkuk memohon tidak ditembak mati. Tapi apalah daya, dia ditembak beberapa kali oleh sang eksekutor, Bharada E.

Alkisah nyata dalam detik-detik eksekusi mati Brigadir J terjadi di ruang tengah rumah Sambo. Brigadir J tampak membungkuk di depan Bharada E seperti memohon.

Bharada E mengeluarkan senjata dari saku celananya dan mengarahkan ke Brigadir J. Kala itu, dalam rekonstruksi, tak terlihat Ferdy Sambo atau tersangka lainnya. di sana hanya ada Bharada E dan Brigadir J.

Doorrr…. Brigadir J pun dieksekusi mati. Brigadir J tergeletak di bawah tangga menuju lantai 2.

Pistol Glock 26

Sebelum itu ada adegan yang memperlihatkan Pistol Glock 26 yang dibawa mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo sempat terjatuh saat dirinya turun dari mobil dan hendak masuk ke rumah dinas di Kompleks Polri Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Pistol tersebut sempat ingin dipungut ajudannya bernama Rommer namun dilarang oleh Ferdy Sambo. Hal ini terungkap dalam proses rekontruksi. Dalam rekonstruksi diketahui bahwa Ferdy Sambo memungut pistol Glock 26 tersebut sendiri dengan menggunakan sarung tangan hitam.

Ekspresi Brigadir J tembak mati

Ekspresi Brigadir J tembak mati Bharada E menjadi sorotan karena telihat begitu tegang dan menutup mata.

Hal itu terungkap dalam sebuah potongan video di media sosial yang dinukil dari video rekonstruksi pembunuhan Brigadir J.

Saat Bharada E mengarahkan pistol, ia memalingkan wajah dari Brigadir J dan memejamkan mata sejenak.

Video detik-detik Bharada E menodongkan pistol pada akun Tik Tok itu sudah disaksikan lebih dari 7,7 juta warganet. Tidak sedikit dari mereka yang ikut terbawa perasaan sedih.

“Seperti di bawah tekanan, nggak tega lihat mukanya. Tuhan tidak tidur, Dia melihat semuanya,” kata @rerekresa.

Peran pengganti

Bharada E digantikan pemeran pengganti saat dipertemukan dengan Ferdy Sambo yang menjadi dalang kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua alias Brigadir J.

Dalam rekonstruksi, Ferdy Sambo sempat memeragakan adegan ketika berbincang dengan istrinya, Putri Chandrawathi di sofa.

Tampak, Ferdy Sambo memeragakan saat dirinya menggunak HT (handy talky) di samping istrinya.