KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – NESABAMEDIA.COM – Windows 10 telah ada selama hampir enam tahun sekarang, dan meski demikian masih banyak orang-orang yang menggunakan versi lama dari sistem operasi buatan Microsoft itu.

Windows 10 semakin menjadi satu-satunya pilihan untuk perangkat lunak yang up-to-date. Banyak perusahaan dan aplikasi yang memutuskan untuk menghentikan dukungan pada Windows 7,8 dan 8.1, dan kini giliran NVIDIA yang mengucapkan selamat tinggal ke Windows versi lama tersebut.

Sebelumnya, meskipun banyak game-game baru yang hanya bisa berjalan di Windows 10, NVIDIA tetap memberikan dukungan pembaruan driver ke Windows 7, 8 dan 8.1. Namun mulai tahun ini hal itu akan berubah, ketika perusahaan memutuskan menghentikan dukungan untuk ketiga versi Windows itu.

“Kebijakan ini efektif berlaku sejak bulan Oktober 2021. Pembaruan Game Ready Driver, termasuk peningkatan kinerja, fitur baru dan perbaikan bug, akan hanya tersedia untuk perangkat dengan Windows 10. Sementara pembaruan keamanan level tinggi, masih akan tersedia untuk Windows 7,8 atau 8.1 sampai dengan bulan September tahun 2024,” kata NVIDIA dalam sebuah halaman dukungannya.

Tidak adanya dukungan pembaruan driver mulai bulan Oktober nanti, diyakini tidak akan memberikan kerusakan pada game-game yang sudah ada, namun yang jelas peningkatan kinerja oleh NVIDIA hanya akan dilakukan kepada perangkat dengan Windows 10. Kartu grafis yang baru yang membutuhkan rilisan pembaruan, juga tidak akan bekerja untuk ketiga versi Windows itu. Meski sekarang ini sudah banyak fitur baru NVIDIA yang tidak bisa digunakan di Windows versi lama tersebut, misalnya fitur Ray Tracing yang hanya tersedia untuk Windows 10.

NVIDIA juga mengatakan bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk kartu grafis seri Kepler, termasuk di antaranya adalah GTX 600/700 dan seri asli dari GTX Titan, Titan Black dan juga Titan Z.

Sementara itu, meskipun kabar mulai banyak beredar tentang kehadiran Windows 11 dalam waktu dekat, dukungan untuk Windows 10 sepertinya masih akan terus disediakan oleh NVIDIA hingga beberapa tahun ke depan.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.