KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Jerman akan mewajibkan pelaku perjalanan asal China untuk menjalani tes rapid Covid-19 sebelum keberangkatan.

Tidak hanya itu, kedatangan dari Negeri Tirai Bambu juga akan wajib menjalani tes Covid-19 secara acak guna mengenali strain virus.

“Atas dasar ini, kami juga mengubah syarat masuk Jerman dalam waktu singkat,” ujar Menteri Kesehatan Jerman Karl Lauterbach, dikutip dari Schengenvisainfo.com dan dw.com, Jumat (6/1/2023).

Adapun keputusan ini, kata dia, merupakan bagian dari upaya untuk melindungi warga negara Jerman akibat meningkatnya jumlah infeksi yang tengah dihadapi China.

Keputusan untuk menerapkan syarat tes Covid-19 ini juga mengacu terhadap imbauan Uni Eropa (UE) terhadap negara-negara anggotanya pada Kamis (5/1/2023).

Sebagai informasi, China berencana untuk melonggarkan pembatasan mulai Minggu (8/1/2023) setelah sekitar tiga tahun.

Usai pengumuman tersebut, sejumlah negara mengumumkan kewajiban tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan asal China.

Selain Jerman, negara-negara UE lain yang mewajibkan syarat tes Covid-19 tersebut, di antaranya Perancis, Spanyol, Italia, dan Swedia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.