KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – Puncak pesta perayaan Tahun Baru 2023, Minggu, pukul 00.00 WIB, ribuan warga memadati objek wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang terkonsentrasi di beberapa titik.

“Konsentrasi massa terjadi di Alun-Alun Palabuhanratu, Pantai Citepus, Kecamatan Palabuhanratu hingga Pantai Karanghawu, Kecamatan Cisolok,” kata Kanit Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident) Polres Sukabumi Iptu Iwan Hendi di Sukabumi, Minggu.

Dari pantauan di lokasi, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi sempat melakukan peninjauan langsung ke beberapa titik konsentrasi massa sembari memberikan imbauan kepada warga yang tengah menunggu detik-detik pergantian tahun.

Ratusan personel keamanan gabungan pun disibukkan dengan arus lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan. Mayoritas warga maupun wisatawan yang datang ke berbagai objek wisata pantai di Palabuhanratu menggunakan kendaraan sepeda motor dan banyak juga yang berjalan kaki.

Dia mengatakan pengunjung yang datang ke objek wisata didominasi oleh warga setempat dan wisatawan dari dalam Sukabumi meskipun cukup banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah tetangga, seperti Kabupaten dan Kota Bogor, DKI Jakarta, Bekasi dan lainnya.

Dalam mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan yang berbaur dengan pejalan kaki, pihak kepolisian melakukan rekayasa arus lalu lintas, khususnya di depan Alun-Alun Palabuhanratu, yakni dengan memberlakukan satu arah agar kendaraan baik yang keluar maupun masuk objek wisata tidak saling berpapasan.

“Hingga akhir puncak perayaan pesta pergantian tahun, arus lalu lintas terkendali dan saat ini sebagian sudah mulai meninggal pusat-pusat keramaian yang kemungkinan besar peningkatan volume kendaraan kembali akan terjadi pada Minggu pagi,” katanya.

Pada detik-detik pergantian tahun, dari pantauan di lokasi tidak ada pesta kembang api karena sebelumnya pihak forkopimda telah mengingatkan warga ataupun pengelola tempat wisata dan hiburan tidak mengadakan pesta kembang api.