KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Lima lembar dokumen rahasia ditemukan di rumah Presiden AS Joe Biden di Wilmington, Negara Bagian Delaware.

Pengacara Biden, Richard Sauber, mengatakan bahwa dia menemukan dokumen tambahan tersebut pada Kamis (12/1/2023) dan segera diserahkan ke Kementerian Kehakiman AS .

Sauber menyampaikan, dokumen rahasia itu berkaitan dengan masa jabatan Biden sebagai Wakil Presiden AS era pemerintahan Barack Obama.

Sebuah penasihat khsusus dikerahkan untuk menyelidiki penanganan Biden atas dokumen-dokumen tersebut, sebagaimana dilansir BBC, Sabtu (14/1/2023).

Sebelumnya, ditemukan sejumlah dokumen rahasia di kantor lembaga think tank Penn Biden Center for Diplomacy and Global Engagement.

Selain itu, ditemukan satu dokumen dengan cap rahasia telah ditemukan di garasi rumah Biden, tempat dia menyimpan mobil sport Chevrolet Corvette tahun 1960-an.

Sehingga, total ada enam lembar dokumen yang ditemukan di rumah Biden.

Sauber menuturkan, Gedung Putih akan bekerja sama dengan tim penasihat khusus yang baru diangkat.

Menurut laporan CBS News, ada sekitar 10 dokumen rahasia yang ditemukan di Penn Biden Center for Diplomacy and Global Engagement.

Beberapa di antaranya memiliki cap sangat rahasia.

Ada tiga tingkat dasar klasifikasi dokumen di AS yakni konfidensial, rahasia, dan sangat rahasia. Kebocoran dokumen sangat rahasia dapat menyebabkan kerusakan yang sangat parah.

Partai Republik meminta Gedung Putih untuk merilis catatan para pengunjung rumah Biden. Akan tetapi, Gedung Putih menolak untuk mengatakan apakah informasi tersebut akan diungkapkan.

Selama menjabat, Biden telah menghabiskan hampir 200 hari di Negara Bagian Delaware, menurut penghitungan Associated Press.

Temuan itu terjadi di tengah penyelidikan terhadap mantan Presiden AS Donald Trump mengenai dokumen rahasia juga.

Trump sedang diselidiki oleh Kementerian Kehakiman AS setelah dia menyimpan lebih dari 300 dokumen rahasia, termasuk beberapa dokumen dengan cap sangat rahasia, di rumahnya di Mar-a-Lago, Negara Bagian Florida.

Beberapa di antaranya disita oleh agen FBI yang menjalankan surat perintah penggeledahan di sana pada Agustus 2022.

Koran-koran itu baru terungkap dalam laporan berita Senin lalu, tetapi gelombang pertama ditemukan di bekas institut Mr Biden, Penn Biden Center di Washington DC, pada November lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.