Proyek 47 Tower Rusun/Apartemen untuk ASN, TNI/Polri di IKN

Proyek 47 Tower Rusun/Apartemen untuk ASN, TNI/Polri di IKN: Transformasi Perumahan Nasional

Proyek 47 Tower Rusun/Apartemen untuk ASN, TNI/Polri di IKN,Dalam konferensi pers Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2023, Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan, Iwan Suprijanto, mengumumkan kabar gembira. Proyek besar yang melibatkan pembangunan 47 tower rumah susun (rusun) atau apartemen untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN) baru saja dikontrak pada Jumat, 25 Agustus 2023.

Langkah-Langkah Menuju Transformasi Perumahan Nasional

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang proyek ambisius ini, mari kita tinjau langkah-langkah penting yang akan dilakukan:

1. Kontrak Proyek

Tentu saja, langkah pertama adalah mengamankan kontrak proyek. Proyek ini berhasil dikontrak, membuktikan komitmen pemerintah dalam mendukung perumahan yang layak bagi ASN, TNI, dan Polri.

2. Pendanaan yang Signifikan

Proyek ini didukung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 9,4 triliun. Dari jumlah ini, sekitar Rp 3,7 triliun akan dialokasikan pada tahun 2023, dan sisanya, sekitar Rp 5,7 triliun, akan tersedia pada tahun 2024.

3. Kerja Sama Operasional

Pembangunan akan dilakukan dalam bentuk Kerja Sama Operasional (KSO) antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan sektor swasta. Ini adalah langkah cerdas yang akan mempercepat proses pembangunan.

4. Groundbreaking

Dalam upaya memenuhi tenggat waktu yang ketat, groundbreaking direncanakan akan dilaksanakan pada pertengahan September 2023. Ini menunjukkan komitmen untuk segera memberikan perumahan yang nyaman bagi ASN, TNI, dan Polri di IKN.

Menuju Pemukiman yang Nyaman

5. Penyelesaian Tahap Pertama

Menurut rencana, pada Juli 2024, sebanyak 12 tower apartemen untuk ASN akan selesai dan berperabot. Ini akan memungkinkan ASN yang ditugaskan di IKN untuk segera mendapatkan tempat tinggal yang nyaman.

6. Transformasi Perumahan Nasional

Proyek ini sejalan dengan visi Transformasi Perumahan Nasional. Melalui pembangunan ini, pemerintah menunjukkan komitmen untuk memberikan perumahan yang layak bagi para pelayan negara.

Baca juga Work from Home (WFH) Efektif Mengurangi Kepadatan Lalu Lintas di Jakarta?

7. Rencana Jangka Pendek

Tidak hanya itu, dalam jangka pendek, sebanyak 2-3 tower rusun ASN di IKN ditargetkan bisa dilihat progres pembangunannya pada Oktober 2023, atau sebulan setelah pembangunan dimulai. Ini menunjukkan bahwa proyek ini akan berlangsung dengan cepat dan efisien.

Kesimpulan

Proyek pembangunan 47 tower rusun atau apartemen untuk ASN, TNI, dan Polri di IKN adalah tonggak bersejarah dalam upaya meningkatkan perumahan nasional. Dengan langkah-langkah yang telah diambil, termasuk pendanaan yang signifikan, kerja sama operasional, dan tenggat waktu yang ketat, pemerintah menunjukkan komitmennya untuk memberikan perumahan yang layak bagi pelayan negara. Proyek ini akan membawa perubahan besar dalam pemukiman ASN, TNI, dan Polri di IKN.

Pos terkait