KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – – Bagi Anda yang ingin membuka bisnis, franchise Alfamart ( waralaba Alfamart ) bisa menjadi pilihan. Namun sebelum itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk daftar franchise Alfamart .

Dikutip dari laman resminya, franchise Alfamart adalah usaha gerai minimarket yang dimiliki dan dioperasikan berdasarkan Perjanjian Waralaba dari PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk sebagai pemegang merek Alfamart dengan moto “Belanja Puas Harga Pas”.

Model bisnis Alfamart adalah menjual berbagai kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau dan memiliki konsep sebagai Community Store.

Minimarket Alfamart sendiri berlokasi di sekitar wilayah perumahan, perkantoran ataupun fasilitas umum. Strategi tersebut menjadi daya tarik bagi konsumen dari berbagai lapisan demografi.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk daftar franchise Alfamart, simak persyaratan, skema bisnis, hingga modal yang diperlukan.

Syarat memiliki franchise Alfamart

  • Memiliki minat di industri minimarket.
  • Warga Negara Indonesia dengan Badan Usaha (CV, PT, Koperasi dan Yayasan).
  • Sudah atau akan memiliki lokasi tempat usaha dengan luas area sales minimal 100 m2 (diluar area gudang dan ruang administrasi). Total keseluruhan lahan kuran lebih 150 m2 sampai 250 m2.
  • Memenuhi persyaratan perijinan seperti Izin Tetangga, Izin Domisili, NIB, NPWP, NPPKP, STPW, IUTM (mengikuti persyaratan di wilayah tersebut).
  • Bersedia mengikuti sistem dan prosedur yang berlaku di Alfamart.

Skema franchise Alfamart

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk menyediakan tiga skema franchise Alfamart yang bisa dipilih. Pertama, skema gerai baru dimana franchisee mengajukan usulan lokasi untuk pembukaan gerai baru.

Skema kedua adalah skema gerai baru – konversi dimana Franchisee mengajukan usulan lokasi yang masih berupa toko kelontong/minimarket untuk di kembangkan menjadi gerai Alfamart.

Sedangkan skema ketiga adalah skema gerai take over, dimana Franchisee mengambil alih kepemilikan gerai milik Alfamart yang sudah berjalan.

1. Franchise Alfamart gerai baru

Harga franschise Alfamart skema gerai baru ini sekitar Rp 300 juta hingga Rp 500 juta. Adapun tipe gerai pada skema franchise Alfamart ini sebagai berikut:

  • Dengan harga franchise Alfamart Rp 300 juta, Anda bisa mempunyai gerai yang memiliki 9 rak dengan jumlah produk 1.200 buah dan area sales sebesar 30 meter persegi.
  • Dengan harga franchise Alfamart Rp 350 juta, Anda bisa mempunyai gerai yang memiliki 18 rak dengan jumlah produk 1.600 buah dan area sales sebesar 60 meter persegi.
  • Dengan harga franchise Alfamart Rp 450 juta, Anda bisa mempunyai gerai yang memiliki 36 rak dengan jumlah produk 3.800 buah dan area sales sebesar 80 meter persegi.
  • Dengan harga franchise Alfamart Rp 500 juta, Anda bisa mempunyai gerai yang memiliki 45 rak dengan jumlah produk 4.500 buah dan area sales sebesar 100 meter persegi.

Besaran harga franchise Alfamart tersebut sudah mencakup, franchise fee sebesar Rp 45 juta untuk 5 tahun, instalasi listrik, peralatan gerai dan air conditioner, cash register dan sistem informasi ritel, shop sign dan polesign, perijinan gerai, serta promosi dan persiapan pembukaan gerai Alfamart.

Sebagai catatan, nilai estimasi investasi tersebut di luar investasi properti dan dapat berubah sesuai kondisi pada saat proses pembukaan gerai.

Adapun tahapan franchise Alfamart gerai baru adalah sebagai berikut:

  • Presentasi Awal
  • Evaluasi Lokasi dan Persetujuan
  • Presentasi Proposal
  • Perjanjian Kerjasama
  • Pembukaan Toko

2. Franchise Alfamart gerai baru – konversi

Skema franchise Alfamart konversi menawarkan kerjasama franschise kepada pemilik toko minimarket lokal atau kelontong yang ingin mengembangkan usahanya.

Alfamart memberikan dua kemudahan bagi para pemilik yang mengikuti program ini yaitu:

  • Barang dagangan milik minimarket lokal atau toko kelontong tersebut diakui sebagai barnag barang dagangan untuk stok pembukaan gerai franchise Alfamart.
  • Rak milik minimarket lokal atau toko kelontong tersebut bisa digunakan dan dikurangi dari biaya investasi. Dengan catatan, kriteria rak sesuai dengan standar rak gerai Alfamart.

Adapun tahapan franchise Alfamart konversi adalah sebagai berikut:

  • Presentasi Awal
  • Stock Opname 01
  • Perjanjian Kerjasama
  • Stock Opname 02
  • Pembukaan Toko Konversi

3. Franchise Alfamart gerai takeover

Skema franchise Alfamart yang ketiga yaitu pembelian gerai Alfamart yang sudah beroperasi dengan harga paket yang sudah ditentukan.

Harga franchise Alfamart takeover ini bervariasi, mulai dari Rp 800 juta. Besaran investasi tersebut tergantung pada harga sewa lokasi dan penjualan per harinya.

Dengan harga franchise Alfamart tersebut sudah mencakup franchise fee dan sewa lokasi selama lima tahun, peralatan gerai dan air conditioner, cash register dan sistem informasi ritel, shop sign dan polesign, perizinan gerai, dan goodwill.

Cara daftar franchise Alfamart

Untuk daftar franchise Alfamart, Anda bisa masuk ke laman . Kemudian login dan masukkan data-data yang diminta dengan benar.

Secara lebih lengkap, berikut langkah-langkah untuk memiliki gerai Alfamart (franchise Alfamart):

1. Mengusulkan lokasi

Pendaftaran usulan lokasi dilakukan melalui www.alfamartku.com. Pastikan mengisi lengkap formulir pendaftaran dan melengkapinya dengan denah serta foto tampak depan.

2. Proposal dan persetujuan

Proposal yang disajikan akan mencakup kajian potensi usulan lokasi, gambar kerja, RAB dan proyeksi keuangan. Jika semua disetujui maka bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.

3. Perjanjian waralaba Alfamart

Perjanjian waralaba mencakup berbagai aspek hak dan kewajiban para pihak yang harus sudah di setujui kedua belah pihak sebelum tahapan pembukaan gerai dimulai.

4. Pembukaan gerai

Setelah tahapan persetujuan proposal, penandatangan perjanjian waralaba, renovasi, pengurusan perizinan, dan setup maka gerai Alfamart siap beroperasi.

Nah, itulah informasi seputar cara daftar franchise Alfamart lengkap serta syarat dan modal yang diperlukan. Informasi lebih lengkap mengenai franchise Alfamart bisa dilihat di laman .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.