Pendaftaran Rekrutmen CPNS,Pada tanggal 17 September 2023, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan membuka pendaftaran untuk calon aparatur sipil negara (CASN). Rekrutmen CASN tahun ini mencakup seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Bagi mereka yang berminat untuk menjadi bagian dari sektor publik, inilah kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan. Berikut adalah informasi penting mengenai pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 yang perlu Anda ketahui.

Jadwal Pendaftaran CASN 2023

Panselnas dan BKN telah merilis jadwal pelaksanaan rekrutmen CASN 2023 melalui Surat Nomor 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 tanggal 21 Agustus 2023. Tanggal 17 September 2023 menjadi titik awal untuk pendaftaran yang akan berlangsung beberapa waktu ke depan. Jadi, pastikan Anda siap untuk mengikuti proses seleksi yang ketat.

Syarat Pendaftaran CPNS 2023

Pendaftaran CPNS memiliki sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh calon pelamar. Ini termasuk:

1. Usia Minimum 18 Tahun dan Maksimum 35 Tahun

Calon pelamar harus berusia paling rendah 18 tahun dan tidak lebih dari 35 tahun ketika melamar. Ini adalah batasan usia yang harus diperhatikan dengan serius.

2. Tidak Pernah Dipidana

Calon pelamar tidak boleh pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih.

3. Tidak Pernah Diberhentikan dengan Tidak Hormat

Pendaftar tidak boleh pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak Berkedudukan dalam Politik

Calon CPNS tidak boleh menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis. Ini adalah syarat penting untuk menjaga netralitas dalam pelayanan publik.

5. Kualifikasi Pendidikan

Pendaftar harus memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan yang dilamar. Pastikan untuk memenuhi kualifikasi ini sebelum mendaftar.

6. Siap Ditempatkan di Seluruh Wilayah NKRI

Anda harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah. Fleksibilitas lokasi penempatan sangat penting.

7. Persyaratan Lain

Tergantung pada jabatan yang dilamar, mungkin ada persyaratan lain yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Pastikan untuk memahami persyaratan khusus yang berlaku.

Syarat Pendaftaran PPPK 2023

Bagi mereka yang berminat mendaftar sebagai PPPK, berikut adalah syarat yang harus dipenuhi:

1. Usia Minimum 20 Tahun

Calon pelamar PPPK harus berusia paling rendah 20 tahun pada saat mendaftar dan tidak lebih dari satu tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2. Tidak Pernah Dipidana

Seperti CPNS, pendaftar PPPK juga tidak boleh pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih.

3. Tidak Pernah Diberhentikan dengan Tidak Hormat

Tidak boleh pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak Terlibat dalam Politik

Seperti CPNS, pendaftar PPPK juga tidak boleh menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat dalam politik praktis.

5. Kualifikasi Pendidikan dan Kompetensi

Pendaftar harus memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar. Selain itu, mereka harus memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang mempersyaratkan.

6. Kesehatan Jasmani dan Rohani

Calon PPPK harus memenuhi persyaratan kesehatan jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

7. Persyaratan Lain

Seperti CPNS, persyaratan khusus juga dapat ditetapkan tergantung pada jabatan yang dilamar.

Pendaftaran rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 adalah peluang besar untuk menjadi bagian dari sektor publik Indonesia. Namun, calon pelamar harus memahami dengan baik syarat-syarat yang harus dipenuhi agar bisa mengikuti proses seleksi dengan sukses. Pastikan untuk memeriksa jadwal resmi dari Panselnas dan BKN serta persyaratan yang berlaku sebelum mendaftar.

Baca juga Pentingnya Koordinasi dengan Bawaslu Sebelum Menggelar Debat Calon Presiden

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan