Pemerintah Indonesia Menandatangani Kesepakatan dengan Boeing untuk Pembelian Jet Tempur F-15EX

Pemerintah Indonesia baru-baru ini mencapai kesepakatan penting dengan produsen pesawat Amerika Serikat, Boeing. Kesepakatan ini melibatkan pembelian 24 unit jet tempur F-15EX yang diperbarui. Ini adalah langkah signifikan dalam menguatkan kemampuan pertahanan udara Indonesia. Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang apa yang membuat F-15EX istimewa, mari kita perjelas perbedaan antara jet ini dengan pesawat tempur lainnya, seperti F-35.

1. Perbedaan Mendasar antara F-15EX dan F-35

Ketika berbicara tentang pesawat tempur, penting untuk memahami perbedaan mendasar antara F-15EX dan F-35. Salah satu perbedaan paling mencolok adalah kemampuan radar siluman atau “stealth.” F-35 memiliki kemampuan untuk menghindari radar, membuatnya hampir tidak terdeteksi dalam operasi militer. Di sisi lain, F-15EX, meskipun sangat canggih, tidak memiliki fitur ini.

2. Spesifikasi F-15EX

F-15EX, yang dikenal sebagai Eagle II, adalah varian terbaru dari keluarga pesawat F-15 yang telah lama beroperasi. Pesawat ini memiliki beberapa keunggulan, termasuk kemampuan membawa muatan senjata hingga 29.500 pound, jauh lebih banyak dibandingkan pesawat tempur generasi sebelumnya. Selain itu, F-15EX dilengkapi dengan mesin ganda yang kuat, yakni turbofan General Electric F110-GE-129 afterburning turbofan. Struktur pesawat ini dirancang untuk digunakan sampai 20.000 jam terbang, menjadikannya pesawat yang sangat tahan lama.

3. Teknologi Canggih dalam F-15EX

Pesawat ini juga dibekali dengan teknologi canggih, termasuk radar AESA Raytheon AN/APG-82(V)1, perangkat pelacak sasaran LANTIRN atau Sniper, perangkat pelacak infra merah Lockheed Martin Legion Pod, serta sistem deteksi bahaya dan musuh BAE Systems AN/ALQ-250 serta penangkal elektronik. F-15EX juga dapat membawa berbagai jenis senjata, termasuk rudal udara-ke-udara jarak menengah sampai jarak jauh dan bom, serta senjata mesin.

4. Kemampuan Multimisi

Salah satu keunggulan lain dari F-15EX adalah kemampuan menjalankan berbagai misi. Ini berarti jet tempur ini dapat digunakan untuk misi superioritas udara, serangan udara ke darat, dan bahkan operasi maritim. Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem konektivitas yang memungkinkannya berkomunikasi dengan sistem lain seperti satelit, pesawat nirawak (drone/UAV), dan pesawat lain.

5. Spesifikasi F-35

Sementara itu, F-35, yang merupakan pesawat tempur Generasi ke-5, memiliki kemampuan terbang siluman atau tidak terdeteksi radar. Pesawat ini dirancang untuk banyak misi dengan sensor terintegrasi dan canggih. F-35 juga memiliki berat senjata yang signifikan, namun senjata disimpan dalam ruang khusus yang tertutup hingga saat digunakan.

Kesimpulan

Pembelian 24 unit jet tempur F-15EX adalah langkah penting dalam menguatkan pertahanan udara Indonesia. Meskipun tidak memiliki kemampuan radar siluman seperti F-35, F-15EX memiliki keunggulan dalam daya angkut senjata, kemampuan bertahan dalam pertempuran, dan kemampuan menjalankan berbagai misi. Ini adalah langkah signifikan dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara.

Baca juga: Tambang Pasir Ilegal Penyelundupan Pasir Kuarsa oleh PT TJM di Blok Cidahu, Banten

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan