kabinetrakyat.com – Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyampaikan pesan terkait Pilpres 2024 dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Amanat Nasional ( PAN ). Orang Nomor Satu di Indonesia itu meminta seluruh partai politik melakukan kerja sama kebangsaan selama bulan-bulan menuju pesta demokrasi itu.

Presiden Jokowi menyampaikan pesan terkait kerja sama kebangsaan yang harus dikedepankan, tak lain agar tidak terjadinya politik yang memecah belah bangsa.

Jokowi hadir dalam Rakornas PAN hari pertama yang digelar di Semarang, Jawa Tengah pada Minggu, 26 Februari 2023.

“Koalisi itu penting, tapi jangan salah pilih koalisi,” ujar Presiden Jokowi dalam pesan sambutan pembukaan Rakornas PAN pada Minggu, 26 Februari 2023.

“Yang paling penting, perkuat kerja sama kebangsaan, sehingga persatuan kita tetap terjaga,” ujarnya lagi.

Jokowi , lantas mencontohkan kepemimpinan dirinya selama delapan tahun menjalin koalisi yang erat antarpartai politik.

Dengan koalisi itu, Jokowi mengklaim telah membuat banyak perubahan positif, terutama untuk pembangunan Indonesia yang tidak melulu di Pulau Jawa, melainkan sudah merambah pulau-pulau lain di luar Jawa.

Sebagai perbandingan, menurutnya dulu pembangunan dalam wilayah Pulau Jawa begitu besar, tetapi kini luar Jawa yang lebih banyak dengan angka 53 persen.

“Coba saya tunjukkan pergeserannya seperti apa, perubahannya seperti apa. Dulu, pembangunan itu selalu Jawa-sentris. Kemudian kita geser menjadi Indonesia-sentris,” ujarnya menerangkan.

“Ingat, kita ini negara besar. Sekarang penduduk kita sudah 282 juta jiwa, hidup di 17.000 ribu pulau. Lha kok yang dikerjakan yang di Jawa terus, yang 16.990 itu diapakan? Inilah pergeseran yang tadi saya sampaikan,” ujar dia seperti dilaporkan Antara.

Diketahui, PAN sudah mengumumkan pembentukan koalisi bersama Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dinamakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Hanya saja, ketiga partai politik itu belum bersepakat mengumumkan capres dan cawapres siapapun untuk Pilpres 2024.

Sejauh ini, sjumlah nama telah masuk dalam bidikan PAN untuk Pilpres 2024, yakni Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, dan Erick Thohir.

Di antara nama-nama itu, Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang terlihat hadir dalam kegiatan Rakornas PAN .

Ketua Umum Partai Amanat Nasional ( PAN ) Zulkifli Hasan mengeluarkan pantun dengan memuat nama Ganjar Pranowo-Erick Thohir. Hal ini seolah memberi tanda bahwa PAN memilih mereka sebagai bakal pasangan calon untuk Presiden dan Wakil Presiden Pilpres 2024 mendatang.

Zulkifli Hasan dalam pantun yang memuat nama Ganjar Pranowo-Erick Thohir, juga menyisipkan harapan tentang kejayaan Indonesia.

“Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN . Jalan-jalan ke Simpanglima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, InSya-Allah Indonesia tambah jaya,” ujar Zulkifli Hasan dalam rakornas yang dihadiri ribuan kader PAN itu.***

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan