KabinetRakyat.com

Berita Rakyat Untuk Membangun Bangsa!

kabinetrakyat.com – California berduka menyusul tewasnya 10 orang di Monterey Park akibat insiden penembakan massal yang terjadi di malam Tahun Baru Imlek para Sabtu, 21 Januari 2023. Selain korban meninggal, dilaporkan ada 10 orang lainnya yang alami luka-luka akibat tragedi tersebut.

Kapten Andrew Meyer dari Departemen Sheriff Los Angeless County mengatakan pelaku membawa senjata laras panjang saat puluhan ribu orang berkumpul untuk memulai perayaan Imlek di wilayah yang dihuni oleh mayoritas populasi warga Amerika keturunan Asia itu. Tak lama setelah insiden terjadi, polisi menyebar tampang pelaku penembakan yang tertangkap televisi sirkuit tertutup atau kamera CCTV.

Dari tangkapan layar yang disebar, ciri-ciri pelaku meliputi pria Asia berkulit gelap, menggunakan jaket kulit hitam, serta kupluk bergaris putih di kepalanya. Terduga penembakan juga tampak mengenakan kacamata minus saat menjalankan aksinya.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Polisi Los Angeles, Robert Luna, pelaku diketahui bernama Huu Can Tran, seorang laki-laki berusia 72 tahun. Pria tersebut dilaporkan hendak melakukan aksi penembakan di dua tempat, namun saat hendak mengeksekusi korban di sebuah ballroom dansa terkenal di kota itu, dua orang pemberani berhasil melucuti senjatanya.

“Saya dapat memberi tahu Anda bahwa tersangka masuk ke sana, mungkin dengan niat untuk membunuh lebih banyak orang, dan dua anggota komunitas pemberani memutuskan mereka akan bertindak dan melucuti senjatanya,” kata Luna.

Berhasil lolos usai aksinya dihadang dua orang di klub dansa, Huu Can kemudian melarikan diri dari tempat kejadian perkara. Polisi kemudian mencoba mengejarnya ke Torrance, sekitar 34 km dari lokasi penembakan.

Namun ketika hendak didekati, pelaku yang tengah berada di sebuah van putih menembakkan satu peluru yang diketahui adalah tembakan bunuh diri. Polisi pun segera mundur dan memanggil tim SWAT.

Hingga saat ini polisi dilaporkan masih menyelidiki motif penembakan massal di malam Tahun Baru Imlek tersebut. Pasca insiden mengerikan itu, banyak blok di Monterey Park yang ditutup dengan pita polisi dan dipenuhi karangan bunga.

Presiden Joe Biden mengutuk pembunuhan itu dalam pernyataan tertulis dan mengatakan dia telah mengarahkan penasihat Keamanan Dalam Negeri untuk memobilisasi dukungan federal kepada otoritas lokal.***